Anak Tidak Mau Makan Sama Sekali

Laperma.co.id – Memiliki anak yang susah sekali untuk mengonsumsi makanan sudah menjadi masalah yang paling dikenal dikalangan anak-anak balita. Masalah susah makan ini dapat dikategorikan ke dalam permasalahan klasik yang dialami oleh sebagian besar orang tua. Proses tidak mau makan ini pun belum dapat dipastikan gejalanya, karena sebagian anak-anak menunjukkan perubahan pola makan secara perlahan dan ada pula yang secara tiba-tiba tidak mau makan sama sekali.

Kondisi semacam ini bisa jadi dikarenakan si kecil yang mudah mengalami yang namanya Neophobia atau rasa takut terhadap hal-hal baru.

Dikasih nasi tidak mau buka mulut. Lebih-lebih sayur. Hufh..
Kami punya solusinya. Produk herbal terbaik untuk Menambah Nafsu Makan Anak
Laperma Platinum.. Sebotol madu kecil untuk tumbuh kembang si kecil. Klik di Sini Mam..

Dikutip dari Illingworth (seorang ahli kesehatan anak) bahwa ada beberapa faktor yang menjadi penyebab anak susah makan. Dan berikut ini adalah beberapa hal yang secara umum menjadi penyebab anak tidak mau makan sama sekali.

Karena Sakit

Kondisi fisik si kecil yang tidak normal menjadi sangat berpengaruh terhadap nafsu makannya. Jadi dari sini sebagai orang tua harus mencari tahu dengan seksama mengenai kesehatan si kecil.

Cemilan Sebelum Makan

Karena sudah terbiasa menikmati kudapan sebelum jam makan atau ketika sudah mendekati waktu makannya si kecil ngemil terlebih dahulu, hal ini tentu saja akan membuat anak menjadi merasa kenyang, terlebih pada cemilan yang memiliki rasa manis, jadi sangat disarankan untuk tidak memberikan kudapan ringan atau memberikan susu 1 jam sebelum ia makan (makan besar).

Perasaan yang Buruk

Dikarenakan si kecil yang sedang tidak merasa bahagia, karena tidak nyaman, sedih atau bahkan karena depresi, ia akan lebih sulit untuk mengonsumsi makanan yang anda berikan.

Perkembangan Ego

Terkadang dikarenakan berkembangnya kemandirian sikap si kecil yang membuatnya menolak makanan yang orang tua berikan, bisa jadi karena ia merasa dan ingin mencoba untuk makan sendiri namun orang tua tidak memberikan ia kesempatan untuk melakukan hal tersebut.

Setelah mengetahui dan mencoba memahami hal diatas, bisa jadi salah satunya dialami oleh putra-putri Anda yang saat ini susah sekali makan. Seorang praktisi keluarga dan anak yang biasa dipanggil Bunda Lucy menyebutkan adanya kebiasaan-kebiasaan orang tua yang seringkali dilakukan ketika menghadapi si kecil yang susah makan yang seharusnya dihindari dan tidak dilakukan.

  • Memberikan Ancaman, semisal dengan mengancamnya “Kalau makanannya tidak habis, ntar disuntik dokter
  • Memberikan Paksaan, semisal dengan memaksa si kecil untuk membuka mulut lalu dengan makanan dimasukkan dengan sedikit paksaan. Tindakan semacam ini (memaksa atau menjejali makanan) tidak seharusnya dilakukan oleh orang tua, karena ketika si kecil semakin dipaksa maka ia akan semakin memberontak.
  • Memberikan Hukuman, semisal ketika si kecil tidak mau mengonsumsi makanan kemudian ia langsung diberikan hukuman atau dimarahi. Perlu untuk anda ketahui bahwa memarahi anak pada waktu jam makan justru akan menghilangkan nafsu makannya.

Beberapa tindakan di atas memang akan semakin memperburuk keadaan, tidak membuat si kecil menjadi mau untuk mengonsumsi makanan tapi malah sebaliknya, si anak akan semakin memberontak. Maka dari itu ada baiknya hal-hal diatas untuk dihindari oleh orang tua dan lebih baik untuk mencari tahu penyebab dari ia tidak mau makan sama sekali. Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa membuatkan makanan favoritnya dan juga memberikan kesempatan baginya untuk memilih sendiri menu yang ia sukai akan lebih dapat membantu dalam mengatasi anak yang tidak mau makan sama sekali.

Itu dulu. Waktu saya belum kenal Laperma Platinum.
Setelah tau ada produk herbal untuk atasi masalah malas makan, semua beres.
Terima kasih Laperma Platinum, urusan makan anak saya jadi mudah.
Mama juga mau?
Laperma Platinum

About Laperma Platinum

Laperma Platinum, Suplemen Nutrisi untuk Tumbuh Kembang & Daya Tahan Tubuh Anak