Pertumbuhan dan Perkembangan Balita

Apa yang perlu orangtua ketahui tentang Pertumbuhan Dan Perkembangan Balita ?
Pertumbuhan dan perkembangan yang normal adalah bagaimana balita dapat tumbuh dengan normal baik secara fisik, mental, emosional, dan sosial.


Yang di maksud dengan perubahan fisik, mental, emosional dan sosial adalah :

  • Perubahan fisik apa saja yang terjadi?

Diusia 1 tahun balita bisa mendapatkan 4 kali lebih berat dari lairnya. Dan tingginnya bisa meningkat menjadi sekitar 22 inci. Balita juga sudah mulai berjalan dan melompat.

  • Perubahan emosional dan sosial apa saja yang akan terjadi ?

Balita ingin berada di dekat Anda dan mungkin cemas menghadapi orang asing. Dia mungkin menangis jika Anda tidak berada di dekatnya. Dia mungkin bermain di samping anak-anak lain tapi tidak mau bermain dengan mereka. Dia mungkin cemas di tempat yang tidak biasa atau di sekitar benda-benda asing.

Anak Anda ingin lebih terkendali. Dia akan mulai melakukan sesuatu sendiri. Dia mungkin tampak keras kepala, menolak bantuan, atau mudah frustrasi. Suasana hatinya bisa berubah dengan mudah, dan dia mungkin memiliki amarah.

Dan Pertumbuhan dan perkembangan anak dapat dibagi menjadi empat periode:

Masa bayi

setelah kelahiran, bayi biasanya kehilangan sekitar 5% sampai 10% dari berat lahir mereka. Pada sekitar usia 2 minggu, bayi mulai bertambah berat badan dan tumbuh dengan cepat.

Pada usia 4 sampai 6 bulan, berat badan bayi seharusnya dua kali lipat berat lahirnya. Selama paruh kedua tahun pertama kehidupan, pertumbuhan tidak begitu pesat. Antara usia 1 dan 2, balita hanya akan mendapatkan sekitar 5 kilogram (2,2 kilogram). Berat badan akan tetap sekitar 5 kilogram (2,2 kilogram) per tahun antara usia 2 sampai 5 tahun.

Pertumbuhan dan Perkembangan Balita

Pertumbuhan dan Perkembangan Balita

Usia prasekolah

Menurut Edi Gustian, usia prasekolah adalah mereka anak-anak yang berada dalam rentang usia 3-6 tahun. Di usia tersebut anak sudah bisa dimasukkan ketempat pendidikan prasekolah seperti playgroup, tempat penitipan anak, taman kanak-kanak dan kelompok bermain.

Tahun kecil

Antara usia 2 sampai 10 tahun di sebut sebagai tahun kecil, karna seorang anak akan tumbuh dengan mantap. Sebuah lonjakan pertumbuhan terakhir dimulai pada awal masa pubertas, antara usia 9 sampai 15 tahun.
Kebutuhan nutrisi anak sesuai dengan perubahan tingkat pertumbuhan ini. Anak membutuhkan lebih banyak kalori dalam kaitannya dengan ukuran daripada anak prasekolah atau kebutuhan anak usia sekolah. Kebutuhan gizi meningkat lagi saat anak mendekati masa remaja.

Anak yang sehat akan mengikuti kurva pertumbuhan individu. Namun, asupan nutrisi mungkin berbeda untuk setiap anak. Kebiasaan makan sehat harus dimulai saat bayi. Hal ini dapat membantu mencegah penyakit seperti tekanan darah tinggi dan obesitas dan juga sangat membantu untuk Pertumbuhan Dan Perkembangan Bayi di usia menjelang remaja.

Masa remaja

Remaja berasal dari bahasa latin adolescare yang artinya tumbuh atau tumbuh menjadi dewasa. Manurut pieget (dalam Hurlock, 1999), masa remaja adalah usia dimana individu dapat berintegrasi dengan masyarakat. Lazimnya masa remaja dimulai pada saat anak sudah matang secara seksual dan berakhir sampai anak matang secara hukum.
Hurlock membagi masa remaja menjadi dua bagian yaitu masa remaja awal dan masa remaja akhir. Masa remaja awal berlangsung kira-kira dari usia 13-16 tahun. Dan masa remaja akhir dimulai dari usia 17-18 tahun.

Berdasarkan perkembangan remaja diatas, dapat disimpulkan pada masa remaja orientasi perkembangan lebih memfokuskan pada kemampuan individu untuk mencapai kemandirian secara emosional serta untuk lebih bertanggung jawab dengan perilakunya dalam bersosialisasi dengan orang lain dan lingkungannya dengan lebih bertanggung jawab.