Perkembangan Anak Usia 1 Tahun Keatas

Perkembangan Milestones pada Perkembangan Anak Usia 1 Tahun. Keterampilan seperti mengambil langkah pertama, tersenyum untuk pertama kalinya, dan melambaikan “bye-bye” disebut Perkembangan.

Perkembangan adalah hal yang kebanyakan anak dapat lakukan pada usia tertentu. Anak-anak mencapai Perkembangan dalam bagaimana mereka bermain, belajar, berbicara, berperilaku, dan bergerak (seperti merangkak, berjalan, atau melompat).

Anak biasanya tumbuh dalam tahap alami dan mudah diprediksi, bergerak dari satu Perkembangan ke Perkembangan berikutnya. Selama tahun pertama akan melihat kenaikan di lima bidang utama. Seperti :

  • Perkembangan fisik.
  • Perkembangan kognitif.
  • Emosional dan perkembangan sosial.
  • Pengembangan bahasa.
  • Pengenbangan keterampilan sensorik dan motorik.

Ditahun kedua, anak bergerak lebih banyak, dan sadar akan diri mereka dan sekitarnya. Keinginan mereka untuk mengeksplorasi objek baru dan orang juga semakin meningkat. Selama tahap ini, anak akan menunjukkan kemandirian yang lebih besa, mulai menunjukkan perilaku yang menantang, mengenali diri mereka sendiri dalam gambar atau cermin, dan meniru perilaku orang lain, terutama orang dewasa dan anak yang lebih tua. Anak juga harus bisa mengenali nama-nama orang dan objek yang familiar, membentuk ungkapan dan kalimat sederhana, dan ikuti petunjuk dan arahan sederhana.

Tips Mengasuh Positif untuk Perkembangan Anak Usia 2 Tahun. Berikut adalah beberapa hal yang dapat di lakukan untuk membantu anak selama masa ini:

  1. Bacakan anak sebuah cerita setiaphari.
  2. Mainkan permainan yang sesuai dengan usia, seperti bentuk penyortiran dan teka-teki sederhana. Dan
  3. Dorong anak untuk mengeksplorasi dan mencoba hal baru.
  4. Bantu mengembangkan bahasa anak dengan berbicara dengannya dan menambahkan kata-kata yang dia mulai. Misalnya, jika anak mengatakan “baba“, anda dapat merespons, “Ya, benar itu adalah botol.” Doronglah kebebasan tumbuh anak dengan membiarkannya membantu berpakaian dan memberi makan dirinya sendiri.

Karena anak bergerak lebih jauh, dia akan menemukan lebih banyak bahaya juga. Situasi berbahaya bisa terjadi dengan cepat, jadi awasi anak selalu.

Perkembangan Anak Usia 1 Tahun Keatas

Perkembangan Anak Usia 1 Tahun Keatas

Berikut adalah beberapa tip untuk membantu menjaga agar anak tetap sehat:

  1. Jangan biarkan anak dekat atau sekitar air (misalnya bak mandi, kolam renang, kolam, danau, kolam pusaran air, atau lautan) tanpa ada yang mengawasinya.
  2. Pagar dari kolam halaman belakang.
  3. Blok dari tangga dengan gerbang kecil atau pagar.
  4. Kunci pintu ke tempat-tempat berbahaya seperti garasi atau ruang bawah tanah.
  5. Pastikan rumah adalah bukti anak dengan menempatkan penutup steker pada semua outlet listrik yang tidak terpakai.
  6. Jauhkan peralatan dapur, setrika, dan pemanas di luar jangkauan anak. Putar gagang ke bagian belakang kompor.
  7. Jauhkan benda tajam seperti gunting, pisau, dan pena di tempat yang aman.
  8. Mengunci obat-obatan, pembersih rumah tangga, dan racun.
  9. JANGAN meninggalkan anak sendirian di kendaraan manapun (itu berarti mobil, truk, atau van) bahkan untuk beberapa saat.

Sulit untuk membandingkan anak yang berusia 3 tahun dengan anak-anak lain-atau untuk mendengarkan ketika orang lain memberi tahu apa yang menurut mereka seharusnya dilakukan pada usia ini. Jika tidak sepenuhnya yakin keterampilan apa yang khas untuk anak usia 3 tahun, periksalah perkembangan ini. Perkembangan Anak Usia 3 Tahun :

  • Perkembangan fisik

Tahun ini anak-anak bekerja untuk menjadi lebih baik dengan keterampilan motorik kasar dan baik yang mereka kembangkan sebagai anak usia 2 tahun. Seperti :

  1. Berjalan dan berjalan tanpa tersandung kaki sendiri
  2. Melompat, melompat dan berdiri dengan satu kaki
  3. Berjalan mundur dan menaiki tangga satu kaki demi satu
  4. Tendang dan lemparkan bola kecil
  • Perkembangan kognitif

Tahun ini, anak-anak mulai belajar hal baru tentang dunia. Mereka sering memikirkan pendekatan kreatif terhadap tugas dan aktivitas. Pada akhir tahun ini, Perkembangan kognitif yang khas termasuk mampu melakukan hal-hal seperti:

  1. Beri nama delapan warna dalam kotak krayon (merah, kuning, biru, hijau, oranye, ungu, coklat, hitam)
  2. Ucapkan nomor ke 10 dan mulailah menghitung beberapa hal
  3. Mulailah memahami waktu dalam hal pagi, malam dan hari dalam seminggu
  4. Pahami dan bicarakan hal-hal yang “sama” dan “beda”
  5. Ikuti petunjuk tiga langkah sederhana (“Sikat gigi, cuci muka dan kenakanlah piyama.”)
  • Perkembangan bahasa

Ketika anak berusia 3 tahun biasanya memiliki banyak hal untuk dikatakan. Mereka juga lebih mengerti apa yang katakan tapi mungkin tidak selalu mengikuti petunjuk.

  • Perkembangan Sosial dan Emosional

Anak berusia tiga tahun merupakan perpaduan yang menarik antara independen, main-main dan takut.
Ingatlah bahwa anak-anak berkembang dengan kecepatan berbeda. Jika anak terlambat melakukan beberapa hal ini, jangan panik. Jika anak yang berusia 3 tahun tidak dapat melakukan banyak hal, pertimbangkan untuk berbicara dengan dokternya tentang sebuah evaluasi untuk melihat keterampilan anak.