Menu Makanan untuk Anak 1 Tahun

Menu Makanan untuk Anak 1 Tahun

Tidak jarang anak ingin mencoba makanan orang tua. Hal ini wajar saja, karena rasa keingin tahuanya sangatlah tinggi. Akan tetapi tetap berhati-hati karna ada bebrapa makanan yang dilarang di konsumsi anak. Jadi selalu siapkan Menu Makanan Untuk Anak 1 Tahun yang menarik, lezat dan kaya akan gizi.

Tidak jarang anak ingin mencoba makanan orang tua. Hal ini wajar saja, karena rasa keingin tahuanya sangatlah tinggi. Akan tetapi tetap berhati-hati karna ada bebrapa makanan yang dilarang di konsumsi anak. Jadi selalu siapkan Menu Makanan Untuk Anak 1 Tahun yang menarik, lezat dan kaya akan gizi.

Ketika anak sudah memasuki usia 1 tahun. Orang tua sudah bisa mengenalkan berbagai jenis makanan baru kepadanya. Diusia ini biasanya anak-anak lagi senang-senangnya untuk mencoba makanan yang dianggap berbeda dari biasanya.

Anak usia 1 tahun juga sudah bisa mengikuti menu keluarga lho Mom seperti sarapan dengan nasi lengkap. Atau nasi juga bisa digantikan dengan pasta, kentang, dan roti yang dihidangkan bersama lauk dan sayuran favorit anak.

Berilah anak makanan yang bervariasi dengan begitu kebutuhan nutrisi anak akan terpenuhi. Karna begitu pentingnya nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh anak diusia pertumbuhannya. Seperti susu sapi dan madu, kedua asupan nutrisi ini sangat baik bila ada pada daftar Menu Makanan Untuk Anak.

Madu untuk anak 1-2 tahun keatas sangatlah baik, karna madu memiliki sifat antibakteriyang bermanfaat untuk anak-anak seperti dapat mengusir spora yang berasal dari bakteri clostridium botulinum keluar dari tubuh anak-anak. Selain itu madu juga memiliki kandungan antioksidan untuk menangkal radikal bebas untuk menjaga sel tubuh dari kerusakan.

Khasiat madu untuk anak anak 

  • Membantu tubuh Anak lebih berenergi dan sehat

Anak dapat berkembangan dan bisa memiliki aktifitas tubuh yang sangat banyak. Memberikan madu kepada Anak bisa membantu energi tubuhnya tetap terjaga. Madu mengandung gula alami yang terdiri dari fruktosa, glukosa, laktosa, dan sukrosa. Jenis gula alami ini sangat mudah diserap dan dicerna dengan mudah oleh tubuh anak jadi dapat membantu tubuh Anak mendapatkan nutrisi yang cukup.

  • Membantu perkembangan organ Anak yang sehat

Madu mengandung mineral dan vitamin sangat lengkap. Semua mineral dan vitamin memiliki peran untuk mendukung perkembangan otot dan perkembangan organ tubuh Anak setelah lahir. Seperti asam amino dalam madu bisa membuat tulang dan pembangunan fisik Anak menjadi lebih cepat.

Menu Makanan untuk Anak 1 Tahun

Menu Makanan untuk Anak 1 Tahun

  • Membantu penyembuhan luka yang lebih cepat

Jika Anak Anda terluka atau tergores dengan memberikan madu bisa membantu pembangunan jaringan yang lebih cepat pada luka. Hal ini terjadi karena madu berusaha memperbaiki jaringan dan sel yang rusak pada bagian yang terluka.

  • Membantu melawan alergi

Madu juga bisa membantu melawan alergi pada tubuh anak termasuk Anak yang alergi susu sapi. Madu dapat melawan sumber penyebab alergi, yaitu histamin yang menyebabkan reaksi alergi. Madu akan melawan peradangan yang menyebabkan anak menjadi alergi seperti eksim, gatal, biduran, bengkak pada mata dan wajah serta penyakit saluran pernafasan.

  • Membuat Anak bisa tidur nyenyak

Anak Anda mungkin mengalami masalah susah tidur akibat selalu merasa tidak nyaman. Hal ini bisa diobati dengan madu, kok bisa??. Karena Madu mengandung senyawa khusus yang akan membuat Anak lebih cepat tidur dan bahkan juga efektif untuk orang dewasa lho Mom.

  • Meningkatkan pembangunan tulang untuk Anak

Kalsium  dalam madu dapat membantu tulang Anak menjadi lebih kuat dan sehat. Karena kalsium pada madu mudah diserap oleh. Memberikan madu setiap hari akan membuat penyerapkan kalsium menjadi lebih baik untuk tubuh Anak dan juga dapat mencegah akibat kekurangan kalsium pada Anak.

  • Mencegah sakit pada Anak

Kandungan vitamin C, kalium dan beberapa jenis mineral dalam madu bisa menjadi sumber antioksidan alami yang utama untuk tubuh Anak. Dan ini dapat mengurangi aktifitas sel tidak sehat masuk, termasuk mencegah aktifitas penyebab infeksi baik itu virus, bakteri ataupun jamur. Dan juga Madu bisa mencegah diare pada Anak,  cara menaikkan berat badan Anak, dan cara mengatasi demam Anak.

Ketika ana sudah berusia 2 tahun mom bisa membuatkan olahan makanan yang menarik, lezat dan juga bergizi. Berikut resep Menu Makanan Untuk Anak 2 Tahun yang sehat dan bergizi

Jean Apriani Jean Apriani

Bahan-bahan :

  1. 1 buah kentang kecil potong dadu
  2. 1 buah wortel kecil potong dadu
  3. 1 batang seledri cincang1 sdm kornet sapi
  4. 1 siung bawang putih cincang
  5. 1/2 buah bawang bombay
  6. 100 ml susu UHTgarammerica
  7. 50 gr keju cheddar quickmelt untuk toping

Langkah-langkah :

  1. Tumis bawang putih, dan bawang bombay hingga wangi.
  2. Masukan kornet sapi tumis2 hingga berubah warnaMasukkan wortel,kentang, tumis sebentar lalu masukkan susu, garam dan merica koreksi rasa,tambahkan daun seledri
  3. Tata di wadah tahan panas lalu tabur keju quick melt, kukus kurleb 15 menit. Sajikan hangat