Menu Makanan Balita 2 Tahun

Menu Makanan Balita 2 Tahun

Kemampuan dan mudah menghafal anak diperoleh dari seberapa seringnya anak membaca dan belajar. Selain dari pada itu, asupan nutrisi yang cukup juga dapat membantu meningkatkan daya ingat dan kemampuan motorik anak. Selalu siapkan Menu Makanan Balita yang baik juga sehat.

Balita merupakan salah satu periode usia manusia setelah bayi, yang dimulai dari usia dua sampai lima tahun. Atau, biasanya orang tua menyebutnya usia prasekolah.

Terjadi perubahan yang cukup terlihat pada usia balita, dari kemampuan psikomotornya. Dimulai dari kemampuan dalam menggerakkan tubuhnya (lokomotion) dan juga sudah mulai melatih kemampuan motorik kasarnya, seperti berlari, berguling-guling, memanjat, melompat, berjinjit, menggenggam dan melempar. Yang kesemuanya bermanfaat untuk mengelola keseimbangan tubuh anak dan juga untuk mempertahankan rentang atensi pada anak.
Ketika bayi berusia 1 tahun maka sudah waktunya mom memberikan makan 3 kali sehari dan juga berikan selingan dengan memberikan cemilan diantara waktu-waktu makannya.

Diawal-awal Mom bisa mencoba memperkenalkan makanan padat pada anak seperti makanan yang dikonsumsi orang dewasa. Akan tetapi tetap pilihlah makanan dengan bentuk yang mudah dikunyah, di telan, dan dicerna oleh bayi.

Berilah bayi Menu Makanan Bayi 1 Tahun Keatas yang bervariasi. Variasi makanan yang telah Mom buat selain menambah selera anak juga dapat memenuhi kebutuhan nutrisi anak lho Mom. Seperti susu sapi, madu, olahan kacang-kacangan, telur, biji-bijian, dan juga ikan.

Kebutuhan konsumsi bayi usia 1 tahun tergantung pada berat badan dan tingkan aktivitas anak sehari-harinya. Kebanyakan, ketika bayi berusia 1 tahun memerlukan sekitar 1000 kalori/harinya. 1000 kalori dapat di dapatkan dari :

  1. 2 gelas susu,
  2. 2 gelas buah segar dan sayuran,
  3. 2 ons biji-bijian,
  4. 1 potong roti atau secangkir sereal,
  5. 2 ons daging, dan
  6. 1,25 ml madu

Menu Makanan Balita 2 Tahun

Menu Makanan Balita 2 Tahun

Pada dasarnya ketika balita menginjak usia 2 tahun ia sedang gencar ingin meneliti dan mengetahui segala macam benda di sekitarnya. Karna itu sebagai orang tua atau keluarganya harus selalu mendampinginya, karna rasa keingin tahuan anak yang cukup besar dan mungkin saja bisa membahayakan untuk dirinya sendiri. Dan pada usia inilah otak balita akan tumbuh secara pesat.

Diusia ini corteks cerebri balita yang sehat akan membentuk sebanyak 2 juta sinapsis atau hubungan antar neuron. Utnuk membantu pertumbuhan dan perkembangannya harus diiringi dengan nutrisi yang cukup dan juga lingkungan yang mendukung agar otaknya dapat berjalan secara lancar.

Menu Makanan Balita 2 Tahun yang sehat dan begizi sangatlah membantu dalam untuk meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan anak, misalnya sup ayam, sayur bayam, sayuran hijau, merah, kuning, atau ungu, tahu dan tempe, ikan, sereal, susu, puding buah segar, bubur kacang hijau, dan lain lain.

Untuk membuat cemilan yang sehat anak usia 2 tahun mari kita intip apa saja resep makanan sehat anak 1-2 tahun yang mengandung nutrisi yan baik untuk anak.

  • Biskuit Oat Wortel

Cara membuat:

  1. Panaskan oven 170°C.
  2. Campur 75 gram oat yang sudah dihaluskan hingga menjadi tepung, 10 gram tepung maizena, 75 gram wortel yang sudah diparut halus, 30 gram mentega tawar, dan 30 ml ASI. Aduk semua bahan hingga kalis.
  3. Cetak bulat pipih (diameter 5 cm).
  4. Letakkan di atas loyang yang sudah dioles mentega.
  5. Panggang di dalam oven suhu 170°C selama 30 menit atau hingga kecokelatan. Angkat. Dinginkan. Dan Sajikan.

Untuk 20 keping

Nilai gizi (per porsi):

Energi: 29,2 kilo kalori

Protein: 0,5 gram

Lemak: 1,6 gram

Karbohidrat: 3,4 gram