Menu Makanan Anak 1 Tahun Susah Makan

Semakin bertambahnya usia anak rasa menyukai dan untuk memiliki suatu benda yang ia sukai semakin meningkat dibandingkan usia sebelumnya. Begitu pula indra perasa pada anak sudah mulai bisa merasakan makanan yang ia makan, jadi Mom selalu sediakan Menu Makanan Anak yang anak sukai.

Semakin bertambahnya usia anak rasa menyukai dan untuk memiliki suatu benda yang ia sukai semakin meningkat dibandingkan usia sebelumnya. Begitu pula indra perasa pada anak sudah mulai bisa merasakan makanan yang ia makan, jadi Mom selalu sediakan Menu Makanan Anak yang anak sukai.

Begitu pentingnya bagi anak untuk memperbanyak mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi, yang terjadi malah sebaliknya. Seringkali anak-anak jadi susah makan. Mereka lebih menyukai makanan yang kurang sehat seperti junk food dan produk kemesan. Hal inilah yang harus diperhatiakan oleh orang tua. Karena makanan makanan yang dimakan oleh anak sangatlah berpengaruh pada tumbuh kembang anak.

Untuk itu, ketika menghadapi anak susah makan para orang tua haruslah memutar otaknya. Supaya anak-anak tetap mau makanan yang telah Mom sediakan. Tujuanya agar anak bisa mendapatkan gizi yang cukup untuk perkembangan dan pertumbuhanya baik untuk tubuh maupun otaknya.

Ketika anak sudah berusia 1 tahun anak sudah memiliki kesenangan pada suatu objek tertentu. Dan juga sudah bisa bersosialisasi dengan seusianya. Meskipun demikian anak masih membutuhkan bantuan kita. Kesenangan ketika bermain sudah mulai ditunjukan seperti, bermain air ketika mandi dan bermain di outdoor.

Karena ditahun pertama anak memiliki kecepatan pertumbuhan dan perkebangan anak sangatlah cepat akan tetapi anak susah makan, untuk mengimbanginya, selalu sediakan Menu Makanan Anak 1 Tahun Yang Susah Makan, yaitu :

  • Sarapan

Menu sarapan menarik untuk anak-anak diantaranya:

  1. Nasi dengan orak arik telur plus sayuran yang berwarna warni, atau bisa juga dengan omelet sayur dengan bentuk yang unik.
  2. Nasi putih juga bisa diganti dengan nasi merah yang lebih kaya akan kandungan gizinya.
  3. Menu lainnya bisa dengan spageti goreng yang disisipi sayuran, atau bisa juga dengan roti gandum isi sayuran dan telur dadar.
  • Makan siang

Makan siang yang ideal adalah makanan yang banyak mengandung asupan kalori, vitamin, dan mineral yang cukup.

Untuk menu makan siang diantarannya :

  1.  Nasi dengan sayur bayam bening yang dan juga dilengkapi dengan ayam, tempe atau tahu,
  2. Burger homemade dengan isi kentang dan sayuran yang dikukus, dan
  3. Jangan lupa untuk memberikan buah untuk makanan penutup.
  • Makan Malam

Makan malam pada anak usia ini sudah bisa mengikuti menu makan orang tua mereka. Gunakan dengan sebaiknya Momen makan malam yang bersama-sama, karna makan malam bersama merupakan momen yang cukup baik untuk membangun hubungan yang baik dengan anak dan orang tua.

Mama, untuk membuat Menu Makanan Anak 2 Tahun sebenarnya tidaklah sulit. Karena makanan anak usia 2 tahun hampir sama dengan makanan orang dewasa. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat makanan anak usia 2 tahun. Diantaranya yaitu pastikan bahan makanan baik untuk pertumbuhan anak, dan cocok di lidah anak.

Menu Makanan Anak 1 Tahun Susah Makan

Menu Makanan Anak 1 Tahun Susah Makan

Di bawah ada beberapa resep makanan yang enak, singkat dan juga mudah untuk membuatnya, yaitu sebagai berikut :

Kroket Sayuran Tempe

Bahan:

1) 100 gram Daging Ayam

2) 1 sendok teh Garam

3) 1 sendok makan Kaldu Ayam Bubuk

4) 1/2 sendok teh Merica Bubuk

5) 500 ml Minyak Goreng

6) 1/2 sendok teh Pala Bubuk

7) 1 butir Telur Ayam

8) 200 gram Tempe

9) 2 sendok makan Tepung Terigu

10) 50 gram Wortel

Cara Masak :

1. Pertama, kukus tempe yang telah di siapkan, lalu potong membentuk dadu.

2. Lalu, kupas wortel, lalu cuci bersih dan parut hingga halus, peras wortel dan ambil airnya.

3. Kemudian masukkan tempe, daging ayam, dan beberapa bahan lainnya dalam food processor hingga lembut.

4. Jika Anda tidak memiliki wadah seperti itu, bisa menghaluskan tempe dan daging ayam dengan mencincang hingga halus, lalu campurkan dengan semua bahan, aduk hingga rata.

5. masukkan wortel, lalu putar food prcessor sebentar.

6. Jika telah tercampur, bentuk adonan menjadi bulat panjang atau bahkan bulat.

7. Goreng dalam minyak panas, masak hingga warna berubah menjadi kekuningan.

8. Lalu angkat dan tiriskan

9. Sajikan untuk cemilan si kecil.potongan roti tawar yang telah di bentuk dadu kecil secara merata.

Jangan lupa untuk selalu menyediakan makanan bergizi setiap harinya. Pastikan anak Anda makan empat kelompok makanan dasar berikut setiap hari:

  1. Daging, ikan, unggas, telur
  2. Susu, keju, dan produk susu lainnya
  3. Buah-buahan dan sayur-sayuran
  4. Sereal gandum, kentang, beras, produk tepung