Menu Balita 1 Tahun Susah Makan

Menu Balita 1 Tahun Susah Makan

Tidak ada habisnya kalau berbicara tentang balita susah makan. Bagaimana akan tercukupi kebutuhan gizi balita jika makan saja susah yang ada balita akan asupan gizinya yang berkurang. Maka Mam harus menyiapkan Menu Balita Susah Makan yang bervariasi lagi bergizi setiap harinya.

Tidak ada habisnya kalau berbicara tentang balita susah makan. Bagaimana akan tercukupi kebutuhan gizi balita jika makan saja susah yang ada balita akan asupan gizinya yang berkurang. Maka Mam harus menyiapkan Menu Balita Susah Makan yang bervariasi lagi bergizi setiap harinya.

Ketika kebutuhan gizi balita tidak dapat terpenuhi, maka akan menimbulkan resiko yang banyak untuk kesehatan dan perkembangannya. Seperti obesitas dini, serangan jantung dini, stroke dini dan penyakit-penyakit lainya.

Berikut beberapa masalah yang membuat balita mengalami masalah pada gizinya. yaitu

  1. Penolakan pada saat makan, sulit makan, pilih-pilih makanan atau hanya sedikit yang balita makan.
  2. Kebiasaan balita makan cemilan sebelum makan makanan utama. Karena hal tersebut dapat mengurangi nafsu makan balita.
  3. Terlalu tinggi dalam mengkonsumsi minuman ringan.
  4. Terlalu sering mengkonsumsi cemilan/kudapan kue, biskuit, keripik, kudapan manis, asin dan permen. 

Banyak orang tua yang berfikir bahwa mengasuh balita adalah masa masa paling sulit dibandingkan dengan merawat bayi baru lahir. Balita akan lebih banyak membuat ulah yang membuat kita pusing dalam menghadapinya. Salah satunya adalah susah makan, ya diusia ini balita seringkali mogok makan atau malam memainkan makanannya. Kalau sudah begitu setiap harinya kita harus menyiapkan  Menu Balita yang lezat dan lupa untuk memperhatikan nilai gizinya.

Berikut resep makanan untuk balita yang bergizi 

  1. Parut wortel ini membuatnya ia tidak tahu ada wortel di dalam masakan ini.
  2. Cincang kasar setengah ikat bayamTumis parutan wortel dengan minyak wijen, setelah agak lunak, masukan bayam.
  3. Tambah garam sedikit, atau kecap asinBisa tambah air sedikit agar ketika dimakan nasinya jadi agak basah. Bila ingin lebih lunak, panaskan lebih lama, asalkan warna bayam tidak menjadi terlalu gelap.
  4. Cukup 10 menit untuk menyiapkan makanan ini.
  5. Hasilnya jadi seperti puree tapi kasar, tekstur ini disukai balita dan jadi cepat dikunyahnya.

Ketika usia balita sudah menginjak usia 1 tahun biasanya ia akan menolak semua makanan yang disodorkan Mamanya. Akan tetapi dalam hal ini tidak perlu menyalahkan siapa-siapa.

Menu Balita 1 Tahun Susah Makan

Menu Balita 1 Tahun Susah Makan

Ketika balita melakukan gerakan tutup mulut itu bukan salah Moms dan juga bukan salah balita. Usia balita merupakan usia dimana ia berkembang untuk mengeksplorasi lingkunganya. Banyak hal yang membuatnya menarik dilingkungan sekitarnya. Akan tetapi Moms harus bisa mencuri peratiannya agar ia mau untuk membuka mulutnya.

Berikut tip Menu Balita 1 Tahun yang menolak makan :

1. Orang tua harusnya memberi contoh dengan mengajak makan bersama. Memperkenalkan makanan secara bertahap, terus mencoba makanan yang baru dan tetap tenang bila balita menolak makan. Tawarkan makanan dilain waktu. Membentuk kebiasaan makan sejak dini adalah dengan memberi contoh dan pujian yang wajar. Bentuklah suasana yang nyaman ketika makan.

2. Perhatikan ukuran makanan disesuaikan dengan gigi geligi balita yang masih tumbuh (potongan kecil atau finger food), porsi kecil tapi sering

3. Pemilihan bahan makanan: pilih sayuran yang muda, buah yang matang, masak daging dan ayam hingga empuk.

4. Snack atau makanan camilan: pilih yang bergizi: susu, potongan buah, puding susu, sereal, yoghurt, roti panggang. Berilah waktu dalam pemberian snack dengan waktu pemberian makanan utama karena akan mengurangi nafsu makan.

5. Agar balita tidak lekas bosan, ibu sebaiknya menyusun menu 10 hari yang bervariasi. Cukup aktivitas fisik, seperti : bermain bersama teman, berlari, main sepeda. Aktivitas fisik yang cukup dapat meningkatkan nafsu makan balita.

7. Pastikan balita cukup makan untuk memenuhi kebutuhan gizinya. Dalam pemberian makan setiap hari perhatikan 3 J yaitu jenis, jumlah dan jadwal makan.

8. Jenis: dalam sehari makanlah bervariasi makanan dari berbagai kelompok makanana. makanan pokok : sebagai sumber tenaga dan mengenyangkanb. lauk pauk dari hewani dan nabati sebagai zat pembangun, antibodi atau kekebalan tubuh. sayur dan buah sebagai zat pengatur dan pelindung, kaya vitamin, mineral dan serat. susu kaya protein dan kalsium untuk pertumbuahn tulang dan gigi.

9. Jadwal makan, Buat jadual makan balita  3 kali makan utama dan 2 kali-3 kali makan snack. Beri kesempatan balita merasa lapar.

• Contoh jadwal makan dan menu

• Contoh jumlah zat gizi dan porsi makan sesuai dengan kebutuhan balita. Kebutuhan Energi balita berbeda-beda, penuhi kebutuhan gizi balita sesuai usianya agar pertumbuhannya optimal. Balita usia 1-3 tahun membutuhkan energi  1.000 kkal sedangkan usia 4-6 tahun kebutuhan energinya adalah 1.550 kkal.

• Perhatikan porsi bahan makanan untuk Balita

• Sediakan Lauk Pauk Hewani dan Nabati seperti : ikan, daging, telur, ayam/unggas

• Sayuran

• Buah

• Susu dan madu.

Nah, bagi balita yang susah makan, ada kalanya porsi-porsi di atas tidak terpenuhi. Beberapa orang tua menyiasatinya dengan memberikan tambahan suplemen makanan dengan dengan kandungan khusus. Dan itu sah-sah saja, karena pada dasarnya, tidak semua balita memiliki pola makan yang sama. Jadi, daripada memaksakan balita agar makan sesuai dengan porsi, kita sebagai ibu seringkali mencarikan alternatif lain untuk pemenuhan gizinya.