Mengatasi Anak Susah Makan Umur 1 Tahun

Mengatasi Anak Susah Makan Umur 1 Tahun

Memasuki fase anak mulai senang bermain dari pada makan, merupakan hal yang sudah biasa bagi para orang tua. Akan tetapi kita sebagai orang tua tidak boleh hanya tinggal diam, harus ada upaya untuk Mengatasi Anak Susah Makan Umur 1 Tahun.

Hilangnya nafsu makan pada anak dapat membuat orang tua terutama Moms stres, karena takut anak akan mengalami kekurangan gizi dan tidak dapat tumbuhn secara optimal. Perlu diketahui oleh setiap orang tua, usia 6-9 bulan sikecil tidak akan mempermasalahkan rasa makanan akan tetapi ketika anak menginjak 10 bulan keatas, maka ia sudah mulai mengenal rasa jadi Mom bisa memberikan makanan yang bervariasi. Berikut tips Mengatasi Balita Susah Makan :

  1. Jika anak susah makan karena penyebab psikologis,misalnya trauma karena kejadian tertentu maka Moms harus segera berkonsultasi dengan dokter
  2. Hindari pemaksaan dalam menyuapi anak karena hal ini dapat menyebabkan trauma yang mengakibatkan anak mogok makan
  3. Usia 1 tahun biasanya anak mulai punya ego dia akan makan jika dia mau. Untuk mengatasi hal ini cobalah untuk mengalihkan perhatian anak ketika makan pada hal-hal yang anak sukai misalnya sambil melihat kucing, bunga, d.l.l., nah saat dia lengah biasanya tanpa sadar dia akan membuka mulutnya.
  4. Ubah tampilan dan rasa makanan, Moms bisa membentuk nasi seperti mobil-mobilan kemudian tambahkan pernak pernik dari ayam, telur, sayuran, tempe/tahu dll.
  5. Berikanlah susu kapan pun ia mau
  6. Berikan anak banyak camilan yang beragam kandungan gizi yang di miliki karna untuk mengimbangi porsi makan yang kurang, namun ingat camilan yang diberikan harus tetap bergizi,misalnya biskuit anak, kue, puding atau agar-agar, dan buah.
  7. Jika anak lebih menyukai kue, maka variasikan kue dari bahan karbohidrat seperti nasi, kentang lalu kombinasikan dengan sayuran (misalnya kue warna hijau dari sawi yang diblender, warna orange dari wortel yang diblender dll), memang terasa aneh bagi kita namun anak kecil biasanya akan menyukainya dan tentunya gizi tetap terjaga.
  8. Cek kondisi mulut anak apakah ada sariawan atau nafas terasa panas? jika ya, segeralah periksakan ke dokter anak Moms. Lihat juga apakah ada gigi yang mau tumbuh? jika ya, kemungkinan besar hal ini yang menyebabkan anak merasakan ngilu saat makan, untuk itu berikanlah makanan yang teksturnya lebih lembut serta jangan lupa untuk minta saran dari dokter apakah perlu menambahkan vitamin khusus saat gigi tumbuh.
  9. Periksakan ke dokter jika anak sering mual atau memuntahkan makanan, karena kemungkinan pencernaannya sedang terganggu sehingga nafsu makan berkurang.
  10. Konsultasikan segera ke dokter mengenai penambahan vitamin nafsu makan apa yang cocok untuk anak.

Mengatasi Anak Susah Makan Umur 1 Tahun

Mengatasi Anak Susah Makan Umur 1 Tahun

Bila Moms masih merasa kewalahan dan khawatir dalam Mengatasi Anak Yang Susah Makan, tidaklah mom sendirian. Karena banyak sekali orang tua yang mengalami hal tersebut. Berikut trik Mengatasi Anak Yang Susah Makan :

  • Berikan anak mainan berbunyi 

Anak didudukan di kursi makan anak (high chair), lalu berikan mainan di mejanya. Setiap kali ia bosan dengan mainan yang ada, gantilah dengan mainan yang lain. Mainan yang berbunyi lebih menarik perhatiannya.

  • Tayangan film kartun  

Anak duduk di high chair sambil menikmati tayangan kartun, sehingga ia membuka mulut tanpa sadar ketika kita mendekatkan sendok ke mulutnya.

  • Ringtone HP

Bunyikan ringtone HP dengan nada agak tinggi agar si anak melihat ke atas sambil membuka mulut.

  • Untuk anak yang senang menggigit benda disekitarnya

Moms bisa memberikan mainan yang bisa digigit untuk memancing gigitannya. Ketika ia siap memasukkan mainan tersebut ke mulutnya, secepatnya masukkan sendok berisi makanan ke mulutnya.

  • Makan bersama  

Anak susah makan sering tergugah nafsu makannya ketika melihat orang lain makan. Cobalah Anda sambil makan ketika menyuapinya.

  • Menu selang-seling

Bila anak susah makan, mungkin karena bosan dengan rasa makanan yang sama pada setiap suapannya. Cobalah berikan sesuap bubur / nasi tim, lalu berikutnya puree buah, begitu terus selang seling sehingga ia tidakmerasa bosan dengan makanannya.

  • Makan setelah mandi  

Air hangat dapat membuat peredaran darah anak lebih lancar dan dapat memicu rasa lapar. Walaupun Moms lebih senang memandikan anak setelah makan, ternyata hal itu membuat anak susah makan jadi tidak bernafsu makan lagi.

  • Air putih

Kadang anak melakukan aksi tutup mulut setelah beberapa suapan saja. Cobalah untuk menawarkan air putih sedikit, lalu berikan lagi suapan berikutnya.

  • Dekatkan dengan hidangan yang harum  

Suapi anak susah makan di hadapan makanan lezat yang masih mengepulkan asap. Keharuman masakan tersebut akan menggugah selera makan nafsu makan anak.

Selamat mencoba!