Makanan untuk Balita usia 1 Tahun

Makanan untuk Balita usia 1 Tahun

Kebutuhan protein pada Makanan Untuk Balita Balita sama pentingnya seperti vitamin, serat, dan karbohidrat. Oleh karena itu makanan kaya sumber protein tidak boleh terlewatkan.

Saat Balita masih berusia balita, proses tumbuh kembangya sedang bekerja. Maka makanan kaya akan protein sangat membantu proses perkembangan Balita. Maka sangat di perlukan sumber makanan Balita yang berprotein, karena dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan Balita secara tepat. Begitu banyak balita yang terhambatnya pertumbuhannya bahkan sampai cacat karena kurangnya asupan nutrisi untuk Balita.

Memodernisasi makan balita adalah kuncinya dalam mengatasi Balita susah makan. Berikut lima jenis Makanan Untuk Balita kaya protein yang baik diberikan untuk balita.

1. Telur

Telur menawarkan sejumlah protein hewani yang sangat baik untuk pertumbuhan dan perkembangan Balita. Secara alami telur mengandung vitamin D yang dapat membantu menyerap kalsium dalam tubuh. Akan sangat baik jika telur diberikan saat sarapan pagi bersama segelas susu, karna dapat mencegah Balita cepat lapar.

2. Tahu

Tahu merupakan makanan sumber protein nabati yang bersifat anti kanker. Karena itulah tahu sangat baik diberikan pada untuk balita. Tahu bisa disajikan sebagai campuran sup atau tumisan bersama sayuran hijau seperti bayam, caisim atau sayuran oranye seperti wortel.

3. Kedelai hitam

Kedelai hitam juga merupakan sumber protein nabati. Selain itu kedelai hitam juga mengandung serat dan kalsium yang sangat dibutuhkan Balita.

4. Yogurt

Yogurt tak hanya mengandung bakteri menyehatkan, tapi juga mengandung banyak protein lho Mom. Memberikan yogurt pada si kecil dengan menambahkan sedikit madu atau potongan buah asam-asam segar, bisa juga dengan menambahkan buah kering untuk meningkatkan energinya.

5. Susu

Protein dan kalsium banyak dapat dengan mudah didapatkan dalam susu. Minuman wajib untuk balita ini sangat penting dalam membangun jaringan otaknya. Sedangkan kalsiumnya bermanfaat untuk pembentukan tulang dan gigi balita yang kuat.

Ketika anak sudah menginjak usia 1 tahun pola makannya sudah bisa memngikuti menu dalam keluarga, misalnya : sarapan dengan nasi lengkap, nasi di hidangkan bersama lauk dan sayuran seperti makaroni, telur dan sayuran.

Dalam tahun pertama anak memiliki kecepatan dalam pertumbuhannya yang mengagumkan. Dan untuk mengimbanginya pastikan Mom mencukupi nutrisi yang di perlukan anak. Anak diusia 1 tahun sudah waktunya diberikan makan tiga kali dalam sehari, dan buatlah selingan makanan cemilan yang sehat diantara waktu senggang anak.

Untuk pertama kalinya bisa dimulai dengan mencoba memperkenalkan makanan padat yang dikonsumsi orang dewasa. Akan tetapi tetap perhatikan bentuk makanan yang diberikan, berikanlah makanan yang mudah dikunyah, ditelan, dan dicerna oleh sistem pencernaan anak.

Berilah makanan yang bervariasi kepada anak, karna semakin makanan memiliki banyak variasi, makan semakin bagus untuk memnuhi kebutuhan nutrisi anak. Seperti susu sapi, madu, kacang-kacangan, telur, biji-bijian, dan ikan.

Meskipun tidak ada ketentuan khusus mengenai makanan anak 1 tahun, tetapi mom harus tetap memerhatikan kandungan nutrisi di setiap makanan anak. Berikut beberapa Makanan Untuk Balita Usia 1 Tahun yang di sarankan dan mudah untuk didapatkan.

  • Daging

Makanan untuk Balita usia 1 Tahun

Makanan untuk Balita usia 1 Tahun

Daging merupakan sumber protein hewani yang bermutu tinggi dan perlu dikonsumsi oleh anak-anak dan orang dewasa. Manfaat mengkonsumsi dapat membuat anak cerdas, sehat, tumbuh secara normal, lebih produktif dan bergairah. Dan pastikan daging yang dikonsumsi, haruslah daging yang baik adan sehat masih segar.

  • Ikan

Ikan mampu membantu tubuh terhindar dari serangan kanker. Hal ini disebabkan asam lemaka omega-3 yang terkandung dalam ikan mampu menurunkan pertumbuhan sel kanker. Dan ini telah dibuktikan dengan di uji cobakan pada binatang.

  • Telur

Telur adalah makanan yang padat gizi, karena itu telur merupakan sumber protein hewani, sumber asam lemak tidak jenuh, sumber vitamin dan mineral. Telur sangat baik untuk pertumbuhan dan perkembangan anak-anak dan orang dewasa.

  • Susu

Susu adalah minuman padat gizi bila dibandingkan dengan minuman lainnya, baik ditinjau dari segi kandungan asam amino maupun vitamin dan mineral. Demikian hebatnya kandungan gizi susu maka minumkan susu pada anak secara teratur yang akan mempercepat penyembuhan dan melancar berbicara, dan juga dapat menyehatkan dan mencerdaskan.

  • Buah-buahan dan sayur-sayuran

Buah dan sayur amat sangatlah penting untuk pertumbuhan anak. Mengapa demikian? Karena buah dan sayur menjadi alasan penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Yaitu dapat membantu fungsi sistem pencernaan, mengurangi resiko obesitas, memenuhi kebutuhan nutrisi. buah kering juga bisamenjadi pilihan, jika si kecil sulit makanbuah dan sayur.

  • Sereal gandum

Mengkonsumsi gandum adalah cara mudah dalam meningkatkan kesehatan anak. Nutrisi baik dalam gandum dapat dengan mudah di temukan seperti protein, serat, vitamin B, antioksidan, dan mineral seperti zat besi, zinc, tembaga dan magnesium. Gandum juga dapat meningkatkan kesehatan pencernaan dan membantu gerakan usus lebih teratur dalam pertumbuhan bakteri baik dalam usus besar.

  • Roti, dan pasta, kentang dan nasi

Anak akan dapat tumbuh dengan optimal tak lepas dari makanan sehat. Jadi berikan anak makanan yang sehat, bergizi lagi mengenyakan setiap harinya.