Tips Mengatasi Anak Susah Makan

Tips Mengatasi Anak Susah Makan

Anak susah makan merupakan permasalahan yang sering terjadi. Berbagai Tips Mengatasi Anak Susah Makan sudah dilakukan namun seoalah-olah hasilnya nihil.

Rasa khawatir selalu muncul ketika anak mengalami susah makan. Seperti anak menutup mulutnya rapat-rapat atau bahkan sampai melepehkan makanan yang mam suapkan. Untuk mengatasinya dibutuhkan usaha yang keras membujuk anak untuk makan sesuap saja. Hingga keadaan ini membuat Mama dan anak stres.

Begitu banyak hal yang menjadi penyebab anak susah makan antara lain, di sebabkan oleh faktor fisik dan faktor psikis. Faktor fisik yaitu adanya gangguan pada organ pencernaan atau pada bagian mulut seperti saat anak sariawan, atau sedang tumbuh gigi. Sedangkan faktor psikis adalah terjadinya proses makan yang kurang menenagkan baik secara rasa maupun secara tampilan.

Jika anak terus-terusan susah makan bisa jadi kebutuhan nutrisi dan gizi tidak akan tercukupi. Kalau sudah begini bisa jadi proses pertumbuhan eksplorasi anak akan terganggu. Akan tetapi mam tidak perlu khawatir saya akan membantu Mam untuk mengatasinya. Berikut Tips Agar Anak Mau Makan, yaitu :

  • Perhatikan kesehatan mulut dan gigi anak

Ketika anak mulai rewel kala makan bisa saja karena terjadi sesuatu pada rongga mulut, gusi, dan giginya. Seperti, sedang tumbuh gigi, atau mengalami sariawan.

  • Hindari Porsi Banyak Sekaligus

Saat Mam mendekati anak untuk makan, usahakan menghidangkan makanan dalam porsi kecil. Jangan langsung membawa makanan dalam porsi besar karena secara psikologis akan membebani anak bila harus menghabiskan seluruhnya. Sementara sajian dalam porsi yang mini akan membuat anak lebih santai karena berpikir jumlah makanan yang dihabiskan tidak banyak.

  • Jangan Berikan Makanan Manis Sebelum Makan

Sebaiknya Mam menghindari pemberian makanan atau camilan manis menjelang waktu makan besar. Sebab makanan manis akan membuat anak merasa sudah “kenyang” sebelum saatnya makan. Untuk camilan, sediakan aneka kudapan yang bergizi dan disukai anak. Misalnya bila anak suka puding susu dingin atau martabak telur mini, tidak ada salahnya kedua menu itu dibuat camilan yang bisa dinikmati anak kapan saja.

  • Berikan Menu Sesuai Selera Anak

Agar menu yang Mam tawarkan tak selalu ditolak anak, ada baiknya Mam menyiapkan makanan yang sesuai selera anak. Perhatikan juga tampilan warna, bau, dan rasa makanan yang bisa menggugah nafsu makan anak.

Tips Mengatasi Anak Susah Makan

Tips Mengatasi Anak Susah Makan

  • Biarkan Makan Sendiri

Seringkali Mam merasa menyuapi adalah cara paling tepat bila anak susah makan. Pandangan ini tidak sepenuhnya salah, karena menyuapi bisa memastikan anak memakan makanannya secara sempurna. Tetapi, kenapa tidak sesekali Mam biarkan anak makan sendiri? Biasanya makan sendiri, selain mengajarkan anak untuk mandiri, Mam juga bisa melihat jenis makanan apa yang lebih disukai anak.

  • Rajin Beri Pujian dan Kasih Sayang

Mam, jangan ragu memberikan pujian kepada anak ketika makan. Memberikan makan dalam suasana penuh kasih sayang juga penting. Sebaiknya hindari nada mengancam atau membentak bila anak menolak makan. karena cara-cara seperti itu justru akan membuat anak makin antipati terhadap makanan. Sementara suasana positif seperti mengajak anak selalu makan bersama, akan menularkan kebiasaan makan secara teratur.

  • Konsultasi ke Dokter

Kalau semua cara di atas tidak berhasil, Mam disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan solusi terbaik. Sehingga anak mendapatkan gizi seimbang untuk tumbuh kembang dan eksplorasinya.
Mengatasi anak susah makan memang bukan perkara yang mudah, sangat diperlukan kesabaran, keuletan dan perjuangan yang tidak mudah.

Anak yang susah makan bukanlah perkara yang mudah untuk diatasi dan dibutuhkan proses yang bertahap. Dan cari tahu apa penyebabnya serta solusi bagaimana mengatasinya agar pertumbuhan anak tidak terganggu sehingga anak dapat tumbuh dan berkembang dengan sempurna.

Karena makanan merupakan sumber nutrisi dan gizi yang diperlukan oleh anak. Jika kebutuhan nutrisi dan gizi anak tidak tercukupi maka dapat menimbulkan efek buruk terhadap pertumbuhan dan perkembangannya. Berikut beberapa efek buruk yang ditimbulkan jika anak susah makan antara lain :

  1. Berat badan turun
  2. Daya tahan tubuh menurun
  3. Kecerdasan terganggu

Berikut ini adalah 15 Tips Anak Susah Makan yang dapat Anda coba.

  1.  Cicipi makanan sebelum diberikan ke anak, pastikan rasanya enak
  2. Sajikan makan dalam porsi kecil dan bertahap
  3. Berikan makanan yang beraneka ragam
  4. Sajikan makanan yang menarik
  5. Ciptakan suasana makan yang menyenangkan
  6. Ciptakan pola makan teratur
  7. Memotivasi anak agar mau makan
  8. Jangan terlalu banyak minum disela-sela waktu makan
  9. Berikan cemilan yang sehat jauh sebelum waktu makan tiba
  10. Jangan memberikan susu berlebih saat anak malas makan
  11. Hindari hal-hal yang mengganggu waktu makan anak
  12. Memberikan pujian setelah anak selesai makan
  13. Biarkan anak mencoba makan sendiri
  14. Ajak anak untuk membantu menyiapkan makana
  15. Memberikan suplemen

Itulah beberapa tips cara mengatasi anak susah makan. Apabila setelah melakukan ke 15 tips diatas namun anak kita tetap susah makan, segera konsultasikan ke dokter anak terdekat.
Mari rawat anak kita sebaik mungkin dengan mencurahkan seluruh perhatian dan kasih sayang. Karena anak adalah aset masa depan yang sangat berharga.