Makanan Sehat untuk Anak 2 Tahun

Makanan Sehat untuk Anak 2 Tahun

Anak-anak dimasa pertumbuhannya sangat memnutuhkan asupan makanan yang kaya akan nutrisi. Kekurangan nutrisi dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangan otak anak-anak. Makanan Sehat Untuk Anak Anak akan sangat menunjang pertumbuhan dan perkembangan anak.

Memperhatikan asupan Gizi pada makana anak harus selalu diperhatikan sejak usia anak-anak. Asupan makanan bergizi dapat memnuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Penting bagi orang tua untuk selalu mengetahui jenis makanan apa saja yang dimakan anak demi terpenuhinya kebutuhan anak-anak.

Makanan yang bergizi adalah makanan yang dapat mencukupi kualitas dan kuantitas untuk mencukupi nutrisi yang butuhkan oleh tubuh anak. Seperti :

  • Ikan

Omega-3, DHA serta EPA dalam ikan salmon sangat bagus untuk pertumbuhan dan perkembangan otak anak serta baik untuk kesehatan jantung. Karena Ikan salmon rendah merkuri dan kaya akan protein yang dapat membantu dalam perkembangan anak-anak.

  • Telur

Telur adalah makanan sehat yang kaya akan protein. Protein yang terkandung dalam telur berguna dalam membangun sel-sel tubuh dan kandungan vitamin D yang dapat membantu dalam penyerapan kalsium. Kandungan kolin yang ada didalam kuning telur sangat bagus untuk perkembangan daya ingat anak-anak.

  • Susu

Susu sangat kaya akan kandungan kalsium yang berguna untuk pertumbuhan gigi serta tulang anak. Selain itu, dalam susu terkandung vitamin D yang dapat membantu dalam penyerapan kalsium.

  • Kacang-kacangan

Kandungan nutrisi dalam kacang-kacangan sangat banyak, seperti vitamin, mineral, protein dan karbohidrat komplek yeng kesemuanya sangat bagus untuk otak dan kesehatan jantung anak.

  • Sayuran

Berbagai macam sayuran seperti tomat, wortel, ubi jalar dan bayam, dll dapat menguatkan sel-sel otak karena sayuran memiliki kandungan anti oksidan serta vitamin.

  • Buah-buahan

Manfaat buah-buahan untuk kesehatan anak sangatlah baik, buah-buahan juga dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Dan juga mengkonsumsi buah dapat meningkatkan nilai gizi dalam tubuh untuk maningkatkan kesehatan anak.

  • Yoghurt

Bakteri baik dalam yoghurt akan membantu dan menjaga pencernaan pada anak, sehingga anak akan terhindar dari maslah pencernaan seperti diare. Kandungan protein dan vitamin B yang tinggi pada yoghurt dapat membantu dalam pertumbuhan jaringan otak serta enzim.

  • Tahu

Kandungan nutrisi seperti zat besi, kalsium, vitamin D dan protein pada tahu baik untuk kesehatan tulang dan pertumbuhan anak.

  • Gandum

Vitamin B yang terdapat dalam gandum sangat baik untuk kesehatan sistem saraf. Dan Seratnya dapat membantu serta mengatur pelepasan glukosa.

  • Daging

Nutrisi yang terdapat dalam daging seperti mineral dan zat besi akan berguna untuk menguatkan daya ingat anak.

  • Oatmeal

Oatmel mengandung vitamin E, vitamin B, seng serta potassium yang dapat menjaga fungsi tubuh serta otak supaya bekerja dengan baik.

  • Cokelat

Flavonoid yang terkandung dalam cokelat akan meningkatkan kesehatan kulit, jantung dan kesehatan mulut.
Memberikan Makanan Sehat Untuk Anak 2 Tahun yang mengandung nutrisi yang cukup dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan anak. Kekurangan nutrisi pada anak bisa berakibat fatal pada perkembangan dan pertumbuhan tubuh dan otak.

Makanan Sehat untuk Anak 2 Tahun

Makanan Sehat untuk Anak 2 Tahun

Makanan merupakan kebutuhan yang sangat penting dan harus terpenuhi. Karena dengan makanan tubuh yang sehat akan didapatkan serta kebutuhan gizinya akan terpenuhi setiap harinya. Apa lagi diusia pertumbuhan anak, makanan penuh gizi sangatlah penting untuk pertumbuhan dan perkembangan.

Ketikan anak berusia 2 tahun, kebutuhan energi yang dibutuhkan anak adalah 100 kalori per kilogram, 1,5gr protein per kilogram, 8mg zat besi per hari, 17µg seng per hari, 350mg kalsium per hari, dan 1-15 liter cairan per harinya.

Kebutuhan zat gizi ini dapat dipenuhi dengan memberikan Makanan Untuk Anak 2 Tahun berikut:

1. 3 gelas susu (450-500 kalori energi, 8-15gr protein, dan 450-550mg kalsium)
2. 12 sendok makan nasi (300 kalori energi, 6gr protein)
3. 1 butir telur, diolah menjadi omelet dengan margarin (100 kalori energi, 6gr protein)
4. 1 potong dada ayam ukuran sedang (100 kalori energi, 10gr protein)
5. 1 buah jeruk/1 potong pepaya ukuran sedang/mangga ukuran sedang (50 kalori energi, 50-90mg vitamin C)
6. ½ mangkuk sayur (20 kalori energi)
7. 170gr daging sapi (8mg zat besi)
8. 100gr kacang tanah (7mg seng)