Makanan Sehat buat Anak 2 Tahun

Kehadiran bayi sangatlah dirindukan bagi setiap orang tua. Dengan hadirnya bayi akan membuat suasana rumah menjadi sangat berbeda. Makanan Sehat Bayi menjadi hal paling utama untuk menjaga kesehatannya.

Bagi orang tua setiap tahap tumbuh kembang bayi tidak ingin dilewatkan begitu saja. Pertumbuhan dan perkembangan bayi adalah periode yang sangat penting untuk setiap orang tua maka penting bagi orang tua untuk selalu memberi pengawasan khusus dimasa perkembangan dan pertumbuhannya.

Luang waktu orang tua sangat di butuhkan si kecil, karena orang tua yang banyak meluangkan waktunya secara tidak langsung mampu membangun hubungan emosional antara bayi dan orang tua disamping itu juga orang tua dapat mengamati setiap perkembangan dan pertumbuhannya.

Makanan Sehat Buat Anak sangatlah penting, karena anak anak membutuhkan nutrisi yang banyak agar setiap pertumbuhan dan perkembangannya dapat optimal. Oleh karna itu Mam harus selalu memberinya makan yang teratur dan banyak mengkonsumsi makanan yang kaya vitamin, mineral dan nutrisi. Dan hindarkan anak dari makanan ringan atau olahan yang mengandung gula terlalu banyak, karena gula dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh anak dan membawa dampak yang buruk.

Gizi makanan yang dibutuhkan anak-anak sangatlah berbeda dengan yang dibutuhkan orang dewasa. Diusia anak-anak banyak kalori sangat dibutuhkan namun dengan sedikit nutrisi untuk mendorong pertumbuhan yang baik.

Makanan sehat apa sajakah yang baik untuk pertumbuhan anak-anak

1. Telur

Telur mengandung protein yang sangat baik dikonsumsi disaat sarapan. Karena Telur adalah salah satu makanan yang mengandung vitamin D alami yang dapat membantu tubuh dalam menyerap kalsium.

2. Oatmeal

Sebuah penelitian pernah mengatakan bahwasannya balita dan anak-anak yang mengkonsumsi oatmeal lebih mampu berkonsentrasi dengan penuh perhatian saat disekolah. Oatmeal kaya serat jadi sangat baik bagi pencernaan.

3. Buah-buahan

Seluruh buah-buahan baik untuk anak-anak karena mengandung banyak vitamin, mineral, serat, dan nutrisi lainnya.

4. Kacang

Lemak dalam kacang sangat baik untuk menyehatkan jantung. Jadi jangan ragu menyediakan camilan kacang untuk anak-anak agar bisa tumbuh dengan sehat dan kuat.

5. Susu

Protein dan kalsium pada susu merupakan sumber energi bagi otak dan tubuh. Protein dapat membantu tubuh membentuk jaringan otak, sementara kalsium menjaga kekuatan tulang dan gigi anak.

6. Tahu

Produk dari kacang kedelai ini termasuk sumber lain dari protein yang tak kalah bergizi dari telur.

Makanan Sehat buat Anak 2 Tahun

Makanan Sehat buat Anak 2 Tahun

7. Yogurt

Camilan lain yang lezat sekaligus bergizi untuk anak-anak adalah yogurt. Yogurt memiliki khasiat yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan pencernaan anak.

8. Kubis

Untuk urusan sayuran, kubis adalah makanan bergizi yang jelas dibutuhkan anak-anak karena dapat mencegah kanker dan meningkatkan kesehatan pencernaan.

9. Salmon

Kandungan asam lemak omega-3 pada salmon menjadikan ikan tersebut sebagai makanan wajib konsumsi untuk anak-anak yang memiliki khasiat untuk menjaga perkembangan otak, mencegah depresi, dan menurunkan risiko inflamasi.

10. Cokelat

Pilih coklat dengan warnanya hitam, sebab cokelat yang baik jika warnanya semakin gelap. Ada senyawa bernama flavonoid dalam cokelat yang dapat meningkatkan kesehatan jantung, mulut, dan juga kulit.

11. Kemangi

Tanaman herbal beraroma wangi yang kaya akan antioksidan, vitamin A, C, K, zat besi, kalium, dan kalsium yang dapat meningkatkan kesehatan pencernaan. Beberapa penelitian bahkan menyebutkan bahwa daun kemangi ampuh dalam memerangi rasa sakit kepala.

12. Kayu manis

Terakhir, adalah kayu manis, rempah bergizi yang dibutuhkan anak-anak untuk menyeimbangkan kadar gula dalam tubuh adalah Kayu manis yaitu makanan yang bisa memberikan energi pada anak yang suka bermalas-malasan pergi ke sekolah di pagi hari.

Ketika usia anak sudah mencapai 2 tahun. Anak sudah bisa makan berbagai makanan. Jadi Mam sudah bisa memberinya makanan sama seperti makanan keluarga. Dengan syarat tetap perhatikan keadaan makanannya, berilah Makanan Sehat Anak 2 Tahun agar kesehatanya tetap terjaga.

Berikut daftar makanan sehat untuk anak 2 tahun :

  1. Daging, ikan, unggas, telur
  2. Susu, keju, dan produk susu lainnya
  3. Buah-buahan dan sayur-sayuran
  4. Sereal gandum, kentang, beras, produk tepung