Makanan Bergizi Penambah Berat Badan Anak

Makanan Bergizi Penambah Berat Badan Anak

Anak-anak sangat membutuhukan nutrisi yang cukup agar dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Oleh karena itu anak-anak harus di berikan Makanan Sehat Anak yang kaya vitamin, meniral, dan nutrisi yang cukup.

Gizi adalah hal utama yang diperlukan anak dalam masa pertumbuhannya. Adapun gizi yang anak butuhkan tidaklah sama dengan orang dewasa. Banyak asupan kalori dan sedikit nutrisi, sangat baik utuk pertumbuhannya dan juga diet rendah lemak yang dianjurkan bagi anak-anak maupun orang dewasa.

Makanan bergizi dengan mudah didapatkann dari buah-buahan, ikan dan kacang-kacangan. Berikut beberapa daftar makanan bergizi yang baik untuk pertumbuhan anak anak :

  1. Biji-bijian dan kacang kacangan : Kacang-kacangan dan biji-bijian mengandung omega 3 yang baik untuk perkembangan otak yang sehat dan kecerdasan anak yang optimal. Kacang juga merupakan sumber serat tinggi lho Mam.
  2. Tahu : Tahu merupakan sumber protein, vitamin B, kalsium dan zat besi, yang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan anak yang tepat dan kesehatan tulang.
  3. Yoghurt: Yoghurt adalah sumber bakteri baik atau probiotik. Hal ini berperan penting untuk menjaga perut anak agar tetap sehat dan bebas masalah pencernaan atau diare. Bahkan yogurt mengandung kalsium lebih banyak dari secangkir susu.
  4. Mangga: Buah tropis ini memiliki rasa yang manis dan merupakan sumber vitamin C yang sangat baik, bermanfaat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan gigi dan gusi anak. Mangga dapat memberikan sekitar 100 kalori.
  5. Susu : Kita semua tahu bahwa susu merupakan sumber minuman yang kaya akan kalsium. Susu dapat menyediakan jumlah kalsium yang sehat dan penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi yang kuat. Vitamin D dalam susu dapat membantu untuk menyerap kalsium. Susu sapi menyediakan nutrisi lengkap untuk anak-anak karena merupakan susu yang rendah lemak. Kebanyakan anak tidak suka susu biasa, jadi bisa memberikan kepada mereka susu dalam bentuk milk shake coklat, bunga nanas, minuman energi dll.
  6. Salmon: Ikan berwarna merah muda ini merupakan sumber asam lemak omega-3 yang baik, dan penting untuk perkembangan otak serta kesehatan jantung. Selain itu, salmon juga mengandung protein berkualitas tinggi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan anak yang tepat. Ikan salmon adalah ikan yang rendah merkuri, jika dibandingkan dengan jenis ikan laut lain. Ikan Salmon juga bisa disajikan kepada anak-anak dalam bentuk burger salmon atau salmon panggang dengan bumbu.
  7. Ubi Jalar: Ubi jalar adalah salah satu sayuran yang paling bergizi, harganya murah dan mudah didapatkan. Buah ini kaya akan betakaroten yang bermanfaat dapat menjaga kesehatan mata dan merupakan antioksidan dalam tubuh. Rasa manis dan warna yang terang dari ubi membuat anak menjadi ingin mencobanya
  8. Wortel : Buah ini dikenal dengan buah kaya betakaroten, yaitu merupakan senyawa yang kemudian diubah oleh tubuh menjadi vitamin A, yang bermanfaat sebagai antioksidan untuk menjaga kesehatan mata dari radikal bebas
  9. Alpukat: 25 sampai 35% kalori anak harus disediakan dari lemak, terutama lemak tak jenuh. Alpukat adalah buah sumber lemak tak jenuh tunggal yang baik.
  10. Popcorn : Popcorn Merupakan makanan sumber biji-bijian yang rendah kalori dan lemak. Makanan ini dibuat tanpa minyak, dan ini bisa sebagai pilihan makanan bergizi di antara waktu makan.

Makanan Bergizi Penambah Berat Badan Anak

Makanan Bergizi Penambah Berat Badan Anak

Makanan rendah nutrisi seperti permen, minuman ringan dan keripik harus sangat dihindari untuk anak. Diet seimbang bisa diberikan kepada anak dengan cara mendorong mereka untuk makan berbagai macam makanan yang disediakan Mam untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Diet bergizi bisa mengurangi banyak masalah kesehatan dan meningkatkan stamina untuk anak.

Ketika anak di usia balita membutuhkan makanan untuk menambah energinya untuk menunjang perkembangannya, selain itu Makanan Penambah Berat Badan Balita juga perlu. Berikut Makanan Penambah Berat Badan Balita :

  • ASI

Saat bayi masih usia 6 bulan ASI masih sangat di butuhkan. Karena ASI sudah mengandung nutrisi dan gizi cukup yang diperlukan oleh bayi 6 bulan.

  • Susu Formula

Setelah usia bayi diatas 6 bulan, Susu formula dapat menjadi makanan tambahan bagi bayi.

  • Pisang

Selain susu formula, pisang juga bisa diberikan bagi bayi di atas usia 6 bulan. Pisang dapat menambah berat badan anak dan juga kaya akan serat, kalium, Vitamin C, Vitamin B6 dan mengandung kalori yang padat.

  • Daging

Mam bisa memberikan daging ayam setelah bayi Anda menginjak usia 8 bulan. Daging ayam dapat menjadi makanan penambah berat badan bayi karena didalamnya mengandung banyak niasin, magnesium, Vitamin B6, Vitamin B12 dan yang paling penting mengandung protein dan kolesterol sehat.

Ketika anak-anak sudah tidak dikatakan bayi balita lagi Makanan Bergizi Untuk Anak sangat dibutuhkan dalam menunjang potensi perkembangan dan pertumbuhannya.

Berikut makanan bergizi bagi anak-anak :

1. Telur

Kandungan protein di dalam telur dapat membantu dalam membangun sel. Dan kandungan vitamin D yang mampu menyerap kalsium.

2. Buah-buahan

Buahan-buahan boleh mulai diperkenalkan pada bayi semenjak usia 6 bulan. Tetapi selalu perhatikan tekstur dan rasa mengingat pencernaan bayi masih sangat sensitif.

3. Kacang-Kacangan

Kacang-Kacangan memiliki kandungan gizi di dalamnya yang sangat bermanfaat. Didalam Kacang ada kandungan lemak baik untuk kesehatan jantung.

4. Ikan

Semua jenis ikan memiliki kandungan protein akan tetapi dalam memilih ikan untuk bahan makanan anak sangat penting. Pilih ikan yang tidak banyak mengandung merkuri dan ikan yang mengandung omega3. Kandungan omega 3 dapat membantu dalam perkembangan otak dan menurunkan inflamasi.

5. Sayuran

Sayuran yang disarankan dalam menu balita anda, karena bebrmanfaat dalam menangkal sel kanker.

6. Rempah

Mungkin anda terheran-heran rempah yang diberikan pada balita?. Maksudnya Mam bukan jenis rempah yang dikonsumsi langsung akan tetapi rempah yang ditambahkan pada menu makanan.