Makanan Anak 1 dan 2 Tahun

Makanan Anak 1 dan 2 Tahun

Asupan Makanan Anak yang bernutrisi sangatlah dibutuhkan bagi secil untuk menciptakan pertumbuhan dan perkembangan yang optimal. Karena itu dipastikan orang tua harus selalu memberi si kecil makanan yang kaya akan nutrisi disetiap penyajiannya.

Nutrisi adalah salah satu kebutuhan utama yang deperlukan oleh tubuh anak untuk pertumbuhan dan perkembanganya. Tanpa asupan nutrisi yang cukup, maka anak akan berada pada resiko kekurangan gizi yang akan menghambat pertumbuhannya.

Nutrisi mempunyai fungsi penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Nutrisi akan saling bekerja sama untuk tetap menjaga tubuh agar tubuh dapat memperoleh pasukan yang dibutuhkan.  Nutrisi juga berfungsi sebagai sumber energi, menjaga keseimbangan metabolisme, mendukung dan mengatur proses metabolisme, mempertahankan fungsi organ tubuh, pembentuk sel-sel jaringan tubuh, dan juga untuk memperbaiki sel-sel yang rusak.

Ketika anak memasuki tahun pertama, anak memiliki kecepatan pertumbuhan yang sungguh mengagumkan. Untuk mengimbanginya pastikan orang tua memberi Makanan Anak 1 Tahun Keatas dengan tepat.

Meski tidak ada ketentuan khusus mengenai makanan anak usia 1 tahun keatas. Orang tua harus tetap memerhatikan kandungan nutrisi disetiap makanan anak.

Berikut beberapa jenis makanan bernutrisi yang mudah didapatkan :

  • Nasi merah

Nasi merah mengandung lebih banyak energi, vitamin B, protein, dan mineral yang banyak dibandingkan dengan nasi putih. Kandungan karbohidrat kompleks pada nasi merah lebih lama diserap tubuh sehingga kadar glukosa darah lebih stabil.

  • Ubi

Ubi mengandung banyak vitamin A, C, dan fitokimia sebagai benteng bagi tubuh terhadap serangan berbagai penyakit.

  • Ikan

Protein rendah lemak dalam ikan mengandung kalsium, selenium, dan magnesium. Dan ikan sangat baik dalam memerangi radikal bebas sekaligus dapat mendongkrak sistem kekebalan tubuh anak.

  • Wortel

Vitamin A pada buah wortel sangat baik untuk kesehatan mata

  • Sayuran berwarna terang

Sayuran yang memiliki warna terang mengandung aneka fitokimia yang dapat mencegah berbagai penyakit, seperti penyakit kanker dan jantung koroner.

  • Susu

Susu masih sangat diperlukan oleh anak usia setahun karena susu mengandung kalsium dan vitamin D yang sangat baik untuk pertumbuhan tulang anak anak.

Ketika anak sudah memasuki usia 2 tahun Mam harus sepenuhnya terintegrasi ke makanan keluarga, meskipun kadang anak masih memerlukan bantuan seperti memotong makanan mejadi potongan-potongan kecil, dan lain-lainnya. Dan satu hal yang perlu Mam ketahui, untuk membuat masakan anak gunakanlah sedikit gula, garam, dan hindari bumbu-bumbu dengan rasa yang tajam.  Dan tetap berikan susu karna susu masih sangat berperan dalam pola makan anak, akan tetapi perlu sedikit lebih berkurang sekitar 200-600 ml atau 2-3 porsi per harinya.

Berikan anak Makanan Anak 2 Tahun yang sehat, berfariasi dan bergizi seimbang, makanan dibagi menjadi 4 porsi yaitu, makanan jenis karbohidrat 2-3 porsi, 1-2 jenis daging perhari, dan 5 porsi jenis sayur dan  buah perharinya.

Makanan Anak 1 dan 2 Tahun

Makanan Anak 1 dan 2 Tahun

Berikut kebutuhan nutrisi anak usia 1-2 tahun yang harus di penuhi

  1. Vitamin A, D, E dan K

Ke-4 vitamin ini sangat penting bagi pertumbuhan anak. Vitamin A sangat baik untuk penglihatan dan kesehatan kulit anak-anak, vitamin D berperan sangat penting dalam meningkatkan penyerapan kalsium serta membantu pertumbuhan tulang dan gigi anak, vitamin E memiliki antioksidan yang dapat membantu pertumbuhan sistem syaraf dan pertumbuhan sel anak. Dan Vitamin K dapat membantu pembekuan darah.

  1. Kalsium

Kalsium merupakan mineral yang dibutuhkan oleh anak untuk pembentukan tulangnya. Kalsium dapat membentuk tulang menjadi kuat sehingga anak terhindar dari patah tulang. Kebutuhan kalsium umumnya sebesar 500mg/hari. Dan sumber makanan dari kalsium dapat di dapatkan di susu, keju, tomat, tahu, kacang-kacangan, brokoli, oatmeal, dan ikan salmon.

  1. Vitamin B dan C

Fungsi dari vitamin B yaitu untuk meningkatkan sistem syaraf dan imun tubuh, meningkatkan pertumbuhan sel, serta untuk mengatur metabolisme tubuh. Sementara vitamin C berfungsi untuk meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh anak serta mencegah tumbuhnya sariawan.

  1. Zat Besi

Zat besi sangat di butuhkan anak karena dapat  membantu perkembangan otaknya. Jika kebutuhan zat besi tidak terpenuhi, kemungkinan ia akan mengalami kelambanan dalam fungsi kerja otak.

  1. Serat

Memperoleh serat yang cukup yaitu sisi dari diet yang sehat. Serat sangatlah utama dipenuhi terlebih untuk balita yang kerap sembelit. Berikanlah anak anda beberapa makanan yang kaya serat terlebih buah-buahan serta sayuran. Anda dapat juga memberikan oatmeal untuk memperoleh dorongan ekstra serat.

  1. Karbohidrat kompleks

Untuk meningkatkan energi, dan pertumbuhan bayi Anda, maka karbohidrat kompleks merupakan gizi yang cocok. Karbohiddrat kompleks mampu ditemukan pada beragam sereal makanan anak hadir sebagai nutrisi yang sangat bermanfaat. Di dalam sereal tersebut juga terdapat beragam vitamin dan mineral yang tentunya sangat cocok dalam tumbuh kembang bayi. Anda boleh memberikannya karbohidrat sederhana, namun jangan terlalu banyak karena bayi bisa mendapatkan obesitas.