Cara Mengatasi Anak 16 Bulan Susah Makan

Cara Mengatasi Anak 16 Bulan Susah Makan

Orang tua akan merasa kewalahan dan khawatir ketika anak susah makan. Dan anda tidak sendirian Mam! Banyak sekali orang tua yang mengalaminya. Bahkan lebih banyak anak yang susah makan dari pada anak yang nafsu makannya besar. Berbagai Cara Mengatasi Anak Yang Susah Makan sudah Mam lakukan, akan tetapi tetap saja mengalami kesulitan membujuknya agar mau makan.

Ada beberapa penyebab anak susah makan. Dan biasanya terjadi pada saat anak memasuki usia tahun pertama. Masalah yang sering di alami biasanya anak menolak makan, tidak suka sayur, dan anak hanya mau makan satu jenis makanan saja hinga anak mengemut makanannya berlama-lama.

Kondisi ini sangat membuat orang tua khawatir dengan kecukupan gizinya, mengingat anak masih dalam masa pertumbuhan. Karena makanan memiliki tiga fungsi yaitu, pememnuhan gizi dan energi, edukasi dan intertainment. Apasih penyebab anak susah makan ?

Penyebab anak susah makan dapat dilihat dari segi psikologis anak. Penyebabnya adalah :

Cemas

Rasa cemas paling sering dialami anak-anak. Misalnya, cemas berada di lingkungan baru, dan sebagainya. Kecemasan yang timbul biasanya disertai gejala-gejala fisiologis maupun perilaku seperti gelisah, berdebar-debar, berkeringat dingin, susah tidur, sulit konsentrasi, dan sebagainya. Kondisi ini dapat berpengaruh pada pola makan anak, termasuk membuat anak jadi susah makan Mam.

Baca Juga: Perlunya Memberikan Vitamin untuk Anak Susah Makan

Depresi

Anak yang depresi dapat mengalami dua masalah makan, yaitu makan yang berlebihan/tidak terkendali sehingga membuatnya obesitas atau malah menjadi sulit makan. Depresi banyak dialami ketika anak berusia sekolah. Penyebabnya bermacam-macam, ada yang karena jadi korban bully seperti diejek, mendapatkan kekerasan, digoda, dan sebagainya.

Pola relasi yang tak bagus dengan orangtua

Ketika anak rewel, lalu respons orangtua yang tidak sabar dan memaksa anak, maka dapat membuat suasana makan menjadi hal yang tidak menyenangkan bagi anak. Akibatnya, anak jadi susah makan.

kini usia anak sudah memasuki 16 bulan, banyak pertumbuhan dan perkembangan yang semakin terasa pada anak. Bahkan sebagai orang tua anda tidak berhanti-hentinya mengagumi pertumbuhan dan perkembanganya setiap waktu. Akan tetapi biasanya nafsu makan anak menjadi berkurang. Maka rasa khawatir pun datang. Bagaimana cara mencukupi gizi anak yang sangat diperlukan sedangkan anak tidak mau makan.

Jangan khawatir Mam saya akan membantu Mam untuk mengatasinya, berikut Cara Mengatasi Anak Susah Makan Usia 16 Bulan

  • Kenali Dulu Penyebabnya

Jika anak susah makan tentunya sebagai orangtua, Mam harus tahu apa yang menjadi penyebab anak enggan untuk menelan makanan. Apakah ia sedang sakit? Apakah selama ini respons orangtua yang salah dengan pola makan anak? Atau ada masalah psikologis yang membuat sang anak menjadi sulit makan. Maka berikan penanganan yang terbaik yang sesuai dengan penyebabnya.

Baca Juga: Agar Anak Balita Doyan Makan dan Tidak Susah Makan

  • Jangan Paksa Anak

Yang juga kerap terlupakan, di usia ini rasa ingin tahu anak sudah semakin besar. Ia sudah punya selera tersendiri terhadap makanan. Apa cita rasa yang disukai anak, tugas orang tualah untuk menemukannya.

  • Kenalkan Makanan Baru Secara Bertahap

Perkenalkan makanan baru yang sehat dan di sukai anak. Misalnya nasi dengan sayur bayam, ditambah lauk ikan goreng, anak akan lebih mudah mengenali rasa masing-masing menu, karena dapat mewakili tiap jenisnya.

  • Ciptakan Suasana Nyaman Saat Anak Makan

Anda bisa mengubah waktu makan menjadi lebih menyenangkan dengan mengajaknya membuat makanan bersama bereksperimen dengan resep baru atau bisa juga dengan menghias makanan yang ia tidak sukai seperti sayur agar menjadi lebih menarik.

Cara Mengatasi Anak 16 Bulan Susah Makan

Cara Mengatasi Anak 16 Bulan Susah Makan

  • Orangtua Memberi Contoh

Jadilah contoh yang baik bagi anak. Makanlah bersama buah hati, dengan begitu anak akan meniru pola makan Anda yang sedang melakukan.

  • Variasi Model dan Menu Makanan Sesuai Selera Anak

Variasikan hidangan setiap kali makan, baik dari makanannya maupun penyajiannya begitu juga peralatan makan. Manfaatkan bentuk, gambar dan warna-warna menarik kesukaan anak. Sementara penyajiannya bisa diakali dengan tampilan yang lucu dan menarik seperti hiasan dari tomat, wortel, sayur atau irisan telur di atasnya.

Baca Juga: Resep Makanan dan Vitamin Untuk Anak Usia 1 Tahun yang Susah Makan

  • Berikan Suplemen Penambah Nafsu Makan

Laperma Platinum adalah minuman berbahan dasar madu sebagai nutrisi untuk tumbuh kembang & daya tahan tubuh anak yang dipadu dari bahan berkualitas dan bermanfaat untuk tubuh anak.

Laperma Platinum hadir dengan khasiat Madu Afis Mellifera, Sari Ikan Salmon, temulawak, temu ireng dan lempuyang, yang kesemuanya memberikan manfaat baik untuk Masa Keemasan anak. Laperma Platinum juga diproses dari bahan madu yang terjamin keaslian, kemurnian dan kualitasnya. Proses pembuatan Laperma Platinum dilakukan dengan standar ketat dan lingkungan kerja yang hygienis.

Disaat anak sudah berusia 2 tahun. Secara umum pertumbuhan otak anak mengalami perkembangan yang sangat pesat, yaitu sekitar 70% di usianya 2 tahun pertama. Periode ini yang menyebabkan anak akan lebih mudah untuk diberikan stimulasi untuk merangsang pertumbuhan yang lebih optimal Mam.

Ketika usia anak 16 bulan, salah satu yang disarankan oleh organisasai dokter anak di Indonesia adalah melakukan vaksin Haemophilus influenzae type b (Hib) (Apabila belum dapat pada usia 15 bulan). Pada saat usai ini, kondisi anak yang sering dikhawatirkan adalah dimana terjadinya infeksi yang berhubungan denga saluran pernapasan dan gangguan pencernaan.

Dengan begitu nafsu makan yang baik dapat meningkatkan kualitas perkembangan dan pertumbuhan anak dengan baik pula.

Jangan Paksa Anak Makan, tapi Ganti dengan Cemilan Sehat

Salah satu penyebab anak susah makan di usia 2 tahun adalah karena anak sudah bisa menentukan kapan dia merasa kenyang. Kalau anak sudah merasa kenyang, anak akan menolak makanan apapun. Anak memiliki ukuran lambung yang kecil jadi tidak bisa menampung banyak makanan. Lambung anak hanya sepertiga ukuran lambung orang dewasa. Jadi anak akan cepat merasa kenyang meski baru mengonsumsi sedikit makanan. Jangan memaksa anak untuk makan. Agar kebutuhan gizi tercukupi, berikan cemilan sehat.

Baca Juga: Agar Anak Kuat dan Mau Makan Banyak

Jangan Berikan Cemilan Satu Jam Sebelum Makan

Cemilan adalah kesukaan anak, tapi bisa mengganggu jam makan. Jadi, setidaknya satu jam sebelum makan, anak jangan diberi cemilan, terutama cemilan manis karena bisa menyebabkan selera makan anak menjadi kurang.

Sebenarnya banyak hal yang harus kita bahas tentang cemilan untuk anak ini karena selain menjadi faktor pemicu anak menjadi susah makan nasi, cemilan juga berpotensi menjadi faktor penyebab anak menderita penyakit apabila cemilannya tidak sehat atau kotor.

Tentukan Jam Makan yang Disiplin

Waktu makan anak sebaiknya dibatasi hingga 45 menit agar dia tidak merasa tersiksa. Dyah Pusmala, SpA, M.Kes (dokter spesialis anak, penulis buku bestseller Panduan Perawatan Bayi Sejak Lahir Hingga Usia 5 tahun). Pola makan yang tidak teratur bisa membuat anak dan tubuhnya menjadi bingung. Jadi, Mama sebaiknya membuat pola makan teratur pada jam-jam tertentu sesuai dengan kondisi yang memungkinkan.

Bukan cuma jam makanya saja. Mengatur berapa lama jam makan berlangsung juga penting. Jika anak susah makan maka coba perhatikan berapa lama proses makannya berlangsung. Jika terlalu lama, anak akan berpikir bahwa kegiatan makan adalah kegiatan yang membosankan.

Kuatkan Ikatan Emosional dengan Anak

Jika hubungan Mama dengan anak tidaak baik dan anak benci pada pada Mama, anak tidak akan mau menuruti kemauan Mama, termasuk juga tidak mau makan. Hal seperti ini sering terjadi para orang tua yang sering marah, berteriak, mencela, atau bahkan melakukan kekerasan fisik pada anak. Hal-hal demikian adalah cara mengatasi anak susah makan usia 2 tahun yang tidak dianjurkan.

Baca Juga: Jangan Pernah Gunakan Kekerasan Agar Anak Menjadi Penurut

Untuk para Mama, bersikaplah lemah lembut pada anak, turunkan volume suara, turunkan nada bicara, dan usahakan untuk tidak pernah melakukan kekerasan fisik walaupun hanya sekedar menjewer.

Campurkan Makanan yang Anak Suka dengan Bahan Makanan Lain

Memilih-milih makanan adalah masalah umum pada hampir seluruh anak, terutama anak yang tidak mau makan sayur dan buah. Salah satu solusi yang cukup terbukti ampuh adalah mencampurkan bahan makanan yang tidak disukai anak ke dalam makanan yang disukai. Mama bisa mencari berbagai resep dan trik-trik cerdas untuk membuat makanan sehat yang disukai anak di internet.


Incoming Search:

solusi anak susah makan | solusi anak susah makan usia 2 tahun | solusi anak susah makan nasi | solusi anak susah makan sayur | solusi anak susah makan umur 1 tahun | solusi anak susah makan buah | solusi anak susah makan dan minum susu | solusi anak susah makan usia 3 tahun | solusi anak susah makan sayuran | solusi anak susah makan usia 10 bulan