Cara Mengatasi Anak 1 Tahun Susah Makan

Cara Mengatasi Anak 1 Tahun Susah Makan

Pada umumnya Cara Mengatasi Anak Susah Makan Dan Minum Susu merupakan hal tersulit untuk setiap orang tua. Beribu cara telah di coba, awalnya anak memperlihatkan kemajuannya akan tetapi tidak lama kemudian anak kembali susah makan lagi.

Masalah anak susah makan dan minum susu merupakan hal klise dan banyak orang tua mengalaminya. Meskipun masalah ini dianggap biasa namun harus ditangani secara serius Mam karena makan memiliki tiga fungsi yang sangat baik, yaitu untuk Memenuhi Kebutuhan Gizi dan Energi, Entetrtainment dan Edukasi. Sedangkan susu memiliki manfaat, yaitu Menyehatkan Tulang, Mencegah Diabetes, Mendukung Perkembangan Otak, dan Mencegah Obesitas Pada Anak.

Kejadian anak susah makan mungkin hampir semua ibu khususnya yang mengurus anak pernah mengalaminya. Ada banyak faktor yang menjadi penyebab anak susah makan dan minum susu. Penyebabnya bisa saja karena lingkungan, psikologis, maupun fisik anak sendiri.

Berikut Cara Mengatasi Anak Susah Makan Dan Minum Susu yang mam bisa lakukan :

  • Berikan makanan dengan tampilan yang berbeda, begitu pula dengan susu.

Anak akan merasa bosan jika makanan yang Mam berikan begitu-begitu saja. Sama halnya dengan susu. Mam bisa memberikan susu seperti rasa cokelat, strowbery, melon, atau jeruk sehingga balita punya pilihan untuk memilih rasa susu kegemarannya.

  • Perbedaan fisik.

Perbedaan fisik pada anak dapat menjadi penyebab anak susah makan dan minum susu. Setiap anak mempunyai kapasitas perut yang berbeda-beda pula mam.

  • Kreatif mengolah makanan

Kreatif mengolah susu menjadi makanan dalam bentuk lain seperti, dibuat sup krim, macaroni schotel, jadi bahan campuran cake, crepe, kue, atau dibuat puding.

  • Suasana lingkungan.

Suasana lingkungan juga akan mempengaruhi nafsu makan anak. Jadi Mam harus tau benar tentang situasi yang paling di sukai anak ketika makan.

Ketika anak berusia 7-8 bulan, Mam sudah boleh memperkenalkan anak dengan nasi, sayur dan lauk, meskipun dengan cara di saring. Untuk mendapatkan makanan yang lebih halus agar anak dapat dengan mudah memakannya. Ketika sudah mencapai usia 9 bulan, anak sudah bisa di berikan makan nasi dengan tekstur yang lebih kasar. Misalnya, nasi tim yang tidak di saring, nasi lembek, dan sayuran cincang lebih besar, dll.

Saya akan membantu Mam dalam mengatasi Cara Mengatasi Anak Susah Makan Nasi, berikut :

  • Buatlah kreasi makanan.

Mama bisa mengkreasikan makanan si kecil dalam bentuk yang anak sukai, seperti tokoh kartun favoritnya, atau dengan kemasan tempat makanan yang anak sukai. Hal ini bisa membangkitkan nafsu makan anak lho Mam.

Cara Mengatasi Anak 1 Tahun Susah Makan

Cara Mengatasi Anak 1 Tahun Susah Makan

  • Berikan makanan sesuai porsinya.

Dengan membiasakan memberikan makanan kepada anak dengan porsi yang lebih kecil dan sedikit akan tetapi dalam waktu yang sering itu lebih baik Mam.

  • Buatlah menu yang berbeda setiap harinya.

Dengan menu yang berbeda-beda setiap harinya anak tidak akan merasa bosen dengan menu yang itu-itu saja Mam.

  • Buatlah jadwal makan yang teratur.

Dengan membuat jadwal makan yang teratur dari jam sarapan hingga makan malam. Akan membuat anak menjadi terbiasa pada waktu makan.

Pada saat anak sudah mencapai usia 1 tahun biasanya nafsu makan anak menjadi berkurang. Pengurangan nafsu makan anak bisa saja di sebabkan oleh berbagai hal, misalnya anak sedang sariawan, tumbuh gigi, sakit tenggorokan, batuk pilek, dll. Berbagai cara sudah di lakukan akan kadang hasilnya tak sesuai harapan. Meskipun demikian Mam harus tetap mencoba nya.

Berikut tips-tips Cara Mengatasi Anak Susah Makan Usia 1 Tahun :

  1. Pilihlah makanan untuk anak dan sesuaikan dengan gigi geligi anak yang baru tumbuh. (masak sayur dengan potongan kecil, cincang daging agar empuk tidak alot, pilih buah yang matang dan manis).
  2. Ajak anak makan bersama keluarga.
  3. Berikan porsi makan kira-kira sepertiga makanan orang dewasa.
  4. Anak akan makan bila dia lapar juga ketika dia cukup lelah setelah melakukan aktifitas fisik (bermain, berlari, sekolah).
  5. Terapkan jadual makan yaitu 3 kali makan besar dan 2-3 kali snack atau camilan. Jangan berikan camilan, susu atau juice dekat dengan waktu makan.
  6. Camilan diberikan 1,5 jam atau 2 jam sebelum makan agar perut tidak kenyang ketika tiba jam makan
  7. Makan bersama dalam suasana nyaman dan menyenangkan. Hormati anak bila dia tidak ingin makan
  8. Berikan Laperma™ Platinum. Laperma™ Platinum adalah minuman berbahan dasar madu sebagai nutrisi untuk tumbuh kembang & daya tahan tubuh anak yang dipadu dari bahan berkualitas dan bermanfaat untuk tubuh anak.
    Laperma™ Platinum hadir dengan khasiat Madu Afis Mellifera, Sari Ikan Salmon, temulawak, temu ireng dan lempuyang, yang kesemuanya memberikan manfaat baik untuk Masa Keemasan anak. Laperma™ Platinum juga diproses dari bahan madu yang terjamin keaslian, kemurnian dan kualitasnya. Proses pembuatan Laperma™ Platinum dilakukan dengan standar ketat dan lingkungan kerja yang hygienis. Yang sudah terbukti dapat membantu meningkatkan nafsu makan anak.
  9. Hubungi dokter atau ahli gizi bila anak tidak mau makan lengkap dalam waktu 2 minggu.

Selamat mencoba, Mam