Cara Mendidik Anak Usia 1 Tahun dengan Baik

Cara Mendidik Anak Usia 1 Tahun dengan Baik

Memiliki bayi adalah kebahagiaan tersendiri bagi para orang tua. Hadirnya bayi dalam rumah dapat membuat rumah ramai walaupun dengan tangisan dan ocehan-ocehannya yang menggemaskan. Kesehatan bayi baru lahir sangat wajib untuk di perhatikan agar tumbuh kembangnya tepat pada waktunya.

Maka di butuhkan cara khusus Cara Mengasuh Anak Dengan Baik, agar perkembangan anak dapat tumbuh dengan baik.

Ketika anak sudah berusia 12 bulan perkembanganya akan lebih terlihat dan membuat para orang tua lebih semangat dalam mendidik anak. Pertumbuhan dan perkembangan adalah dua peristiwa yang berbeda, akan tetapi saling berkaitan dan sulit untuk dipisahkan.

Pertumbuhan dapat diukur dengan berat badan, tinggi badan, dan lingkar kepala. Sedangkan perkembangan yaitu bertambahnya kemampuan (skill) dalam struktus dan fungsi tubuh anak, dengan pola teratur, dapat diramalkan, dan hasil dari proses pematangan contohnya : kemampuan berbicara, motorik halus, motorik kasar, sosialisasi, dan kemandirian.

Anak berumur satu tahun adalah dimana menjadi usia yang cocok untuk mengajari anak akan hal-hal baru yang sangat penting untuk tumbuh kembangnya. Karena pada usia ini anak memiliki rasa ingin tahu yang sangat besar terhadap apapun.

Buat para orang tua jika ingin memiliki anak yang mempunyai rasa di siplin tinggi, sebaiknya ajarkan kedisipinan sejak anak masih kecil. Ketika anak berusia 1 tahun tumbuh kembangnya haruslah di perhatikan karena akan sangat berpengaruh bagi pertumbuhan untuk selanjutnya. Oleh karena itu Mama harus bisa memberikan beberapa pengetahuan penting agar anak dapat tumbuh menjadi anak yang gampang diatur.

Berikut tips Cara Mendidik Anak Usia 1 Tahun, semoga bermanfaat :

1. Ajari anak untuk mengenal hal-hal di sekitarnya.

Cara Mendidik Anak Usia 1 Tahun dengan Baik

Cara Mendidik Anak Usia 1 Tahun dengan Baik

Ketika anak berusia 1 tahun rasa ingin tahunya sangat luar biasa. Hal ini merupakan waktu yang tepat untuk memberikan pengetahuan tentang apa saja yang ada di sekitarnya.

2. Perbanyak mengajak si kecil berbicara.

Saat anak sudah gemar mengoceh penting untuk orang tua untuk mengajaknya berbicara sesering mungkin.

3. Melatih anak agar tidak buang air kecil sembarangan.

Mengajarkan anak untuk buang air kecil di kamar mandi memang sedikit susah dan memerlukan kesabaran yang besar. Jika anak sudah di biasakan sejak kecil maka hal ini akan menjadi kebiasaan hingga besar nanti.

4. Jangan melakukan hal buruk di depan orang anak.

Anak akan lebih mudah meniru apa-apa yang mereka lihat. Mereka belajar banyak dari apa yang dilihatnya, terutama orang tuanya. Untuk itu usahakan agar tidak melakukan hal buruk.

Cara Mendidik Anak Usia 2 Tahun tentu sangat berbeda dengan anak usia 1 tahun. Ketika anak berusia 2 tahun sistem indra yang dia miliki sudah aktif dan mulai menggunakan penalaran otaknya. Oleh karena itu pada usia ini anak perlu perhatian khusus dari orang tua, agar pertumbuhannya dapat tumbuh dengan maksimal.

Berikut Cara Mendidik Anak Usia 2 Tahun yang bisa Mam terapkan di rumah :

1. Mengajarkan kebiasaan-kebiasaan kecil.

Mendidik anak usia 2 tahun dengan mengajarkan kebiasaan kecil yang tepat. Misalnya ajarkan anak mengucapkan salam, bersalaman saat bertemu orang lain, ajarkan untuk selalu membbuang sampah pada tempatnya dan ajarkan untuk selalu berdoa sebelum dan sesudah makan.

2. Luangkan waktu untuk anak.

Perhatian dan kasih sayang sangat di perlukan oleh anak karena dapat menimbulkan ketertarikan yang kuat antara orang tua dan buah hati.

3. Biarkan anak menunjukan ekspresinya.

Nalui anak di usia 2 tahun sangatlah kuat untuk mengetahui berbagai hal. Anak akan mencoba hal-hal baru, baik secara ekspresi pada wajahnya.

4. Awasi apapun yang anak lakukan.

Setiap hal yang di lakukan anak harus di awasi oleh orang tua. Ketika anak berusia 2 tahun biasanya anak menganggap segala sesuatu adalah makanan, sehingga semua benda yang mereka temukan akan di masukan ke dalam mulutnya.

5. Jangan membentak anak.

Menurut sebagian orang tua saat usia anak mencapai 2 tahun, anak akan bertindak nakal. Meskipun demikian janganlah membentak anak karena bentakan akan menyebabkan milyaran sel otak rusak yang dapat mengganggu perkembnngan otaknya.

Itulah beberapa informasi cara mendidik anak 1-2 tahun yang dapat kami berikan. Selalu ingat bahwa moment kebersamaan orang tua dan anak akan menjadi momen yang sangat indah dan tak akan dilupakan. Jadi jangan lewatkan kesempatan untuk mendidik anak di usai emasnya.