Cara Atasi Anak Susah Makan

Cara Atasi Anak Susah Makan Terbaru

Anak menutup mulutnya saat disuapi makanan, begitulah yang sering di keluhkan oleh sebagian banyak orang tua. Berbagai Cara Anak Mau Makan telah dilakukakan akan tetapi solah-olah tidak berhasil untuk mengatasinya.

Bahkan hal ini akan membuat Mam menjadi tertekan dan stress dalam menghadapi anak suash makan. Menghadapi hal semacam ini orang tua dituntut untuk tidak kalah cerdik dengan anak.

Ketika usia anak menginjak 1 tahun sebagian banyak anak akan mengalami susah makan. Seketika itu Mam akan diliputi kekhawatiran soal kecukupan gizi anak.

Anak yang sulit makan akan memperlambat pertumbuhannya dibandingkan masa sebelumnya. Dan anak tampak makan lebih sedikit dari biasanya.

Nafsu makan pada tubuh seseorang di kendalikan oleh hormon ghrelin dan leptin. Hormon ghrelin berfungsi untuk meningkatkan nafsu makan anak. Sedangkan untuk hormon leptin berfungsi menurunkan nafsu makan. Hormon ghrelin dilepaskan di perut kemudian memberi sinyal lapar kepada otak. Orang dapat memperkirakan asupan kalori yang dibutuhkan anak. Perhari anak membutukan kalori sebanyak 1.000-14.000 kalori.

Beberapa penyebab anak tidak mau makan seperti, tegang, stres, efek samping obat-obatan, dan rasa atau tampilan makanan yang kurang mengudang selera makan pada anak.

Berikut Cara Atasi Anak Susah Makan yang efektif untuk mengatasi anak susah makan :

  • Hindari tindakan memaksa

Tindakan memaksa orang tua kepada anaknya untuk makan karena khawatir, justru akan memancing ketegangan ketika makan. Hal ini akan membuat anak kurang sensitif terhadap rasa lapar di kemudian hari.

  • Buat tampilan makanan yang menarik

Sajikan makanan yang berwarna-warni agar menarik mata anak, sehingga anak akan tertarik untuk mencobanya dan membuatlah waktu makan yang menyenangkan. Coba untuk mengombinasikan berbagai sayur warna berbeda, dan dapat disajikan bersama pasta atau sumber karbohidrat lainya. Hal ini sangat mendukung variasi nutrisi yang dibutuhkan tubuh anak.

  • Goda dengan aroma makanan

Cobalah menggoda anak dengan aroma makanan untuk menarik nafsu makannya. Mungkin dengan cara menyajikan makanan yang masih hangat yang baru saja selesai dimasak, atau dengan menghangatkan makanan sebelum menyajikannya, agar hidung anak mencium aroma makanan dan memiliki waktu untuk memicu selera makan.

Cara Atasi Anak Susah Makan Terbaru

Cara Atasi Anak Susah Makan

  • Biasakan makan perlahan

Mengunyah makanan dengan perlahan akan memberi waktu pada anak untuk mengukur rasa laparnya. Dan tanya anak apakah dia sudah kenyang atau belum, sebelum memberinya makanan tambahan Mam.

  • Batasi minuman saat makan

Untuk menjaga nafsu makan anak dan mencegah rasa kenyang pada anak, sebaiknya jangan memberikan minum terlalu banyak selama waktu makan. Seperti Air, jus, teh, kopi, atau jenis minuman lainnya, disarankan berikan setelah makan selesai.

  • Libatkan anak saat menyiapkan makanan

Mam bisa mengajak anak-anak untuk berbelanja dan menyiapkan makanan yang akan disajikan. Dengan begitu Orang tua akan memiliki kesempatan mengetahui jenis makanan apa yang disukai anak, sekaligus Mam bisa menjelaskan nutrisi yang baik untuknya, dan anak akan memperoleh pengalaman lebih, serta lebih bersemangat untuk makan.

  • Berikan Laperma Platinum

Laperma Platinum menjadi solusi terbaik untuk mengatasi masalah nafsu makan anak. Laperma™ Platinum adalah minuman berbahan dasar madu sebagai nutrisi untuk tumbuh kembang & daya tahan tubuh anak yang dipadu dari bahan berkualitas dan bermanfaat untuk tubuh anak. Laperma™ Platinum yang terbuat dari bahan-bahan alami dengan khasiat Madu Afis Mellifera, Sari Ikan Salmon, temulawak, temu ireng dan lempuyang, yang kesemuanya memberikan manfaat baik untuk Masa Keemasan anak. Dan juga diproses dari bahan madu yang terjamin keaslian, kemurnian dan kualitasnya. Proses pembuatan Laperma™ Platinum dilakukan dengan standar ketat dan lingkungan kerja yang hygienis.

  • Konsultasikan dengan dokter

Jika gangguan nafsu makan berlarut-larut, Mam bisa konsultasikan kondisi tersebut dengan dokter. Kekurangan zat mineral tertentu, seperti zinc, dapat menurunkan nafsu makan dan Penelitian awal dilakukan pada hewan menyimpulkan, zinc kemungkinan dapat meningkatkan nafsu makan.

Setelah masalah mengatasi anak susah makan sudah teratasi, saya akan memberikan solusi tentang Cara Membuat Anak Mau Makan. Berikut solusinya :

  1. Berikan anak asupan makanan yang sesuai dengan usianya dan perkembangan tubuhnya. Beri porsi makanan yang cukup dan jangan berlebihan.
  2. Variasikan menu, ragam, rasa dan penyajian pada makanan agar anak tidak cepat bosan.
  3. Berikan cemilan kesukaan anak yang kaya gizi, dan kaya akan energi.
  4. Buatlah saat saat yang menyenangkan ketika makan.
  5. Latih kemandirian anak untuk makan dengan sendirinya. Cukup dengan Mam memberikan kepercayaan dan dukungan kepada anak.
  6. Jangan memburu anak untuk makan dengan cepat.

Semoga bermanfaat Mam.