Cara Agar Anak Bayi Mau Makan Nasi

Cara Agar Anak Bayi Mau Makan Nasi

Permasalahan yang sering di keluhkan orang tua adalah anak susah makan. Biasanya anak akan tutup mulut saat di suapi, mungkin ini bukan kisah baru lagi bagi orang tua dalam menghadapi hal demikian.

Sebagai orang tua kita harus tidak boleh kalah cerdik dengan anak Mam. Dan timbul beribu pertanyaan bagaimana Cara Agar Anak Mau Makan.

Perlu diketahui sebagai orang tua yang baik bahwa anak sangat memerlukan asupan nutrisi yang seimbang untuk tumbuh kembangnya Mam. Hal tersebut menjadi faktor penentu anak sehat dan aktif.

Anak susah makan seringkali kebiasaan yang di bawa anak sejak di usia bayi. Tentu saja setiap orang tua akan merasa kebingungan dalam menyikapi anak susah makan. Berikut Cara Agar Bayi Mau Makan :

1. Terapi bermain dan jadikan saat makan saat yang menyenangkan.

Biasanya cara ini dilakukan untuk anak di usia yang masih relaif kecil hingga balita. Dengan bermain orang tua bisa mengamati dan menganalisis pola makan anak. Dan konflik permasalahan pada anak dapat di telusuri, kemudian diatasi.

2. Ajarkan perilaku makan yang baik dan teratur.

Menyediakan menu makanan yang bervariasi berguna untuk mengenalkan anak banyak rasa dan jenis makanan. jadilah model yang baik di meja makan dengan membiasakan makan bersama di meja makan

3. Gunakan suplemen vitamin penambah nafsu makan anak dari Laperma Platinum.

Laperma™ Platinum adalah minuman berbahan dasar madu sebagai nutrisi untuk tumbuh kembang, daya tahan tubuh anak & untuk menambah nafsu makan anak, yang dipadu dari bahan berkualitas dan bermanfaat untuk tubuh anak.

Ketika anak sudah melewati masa balita anak sudah bisa membedakan makanan. Biasanya anak lebih suka makanan yang cepat saji dari pada makan nasi. Bagi anak anak makanan cepat saji terasa lebih enak dari makan nasi. Beribu cara telah Mam lakukan untuk mebuat anak mau makan akan tetapi hasilnya nihil, anak tetap saja memuntahkan atau malah menutup mulutnya ketika di suapi makan dengan nasi.

Rasa khawatir pun muncul akan karbohidrat yang di butuhkan anak. Mam tidak perlu khawatir, saya akan berbagi tips Cara Agar Anak Mau Makan Nasi :

1. Mengenalkan Makanan pada Waktu yang Tepat

Salah satu penyebab anak susah makan di saat balita adalah memilih waktu yang salah dalam mengenalkan makanan kepada anaknya. Akibatnya di saat bayi menginjak usia lebih besar akan merasa jenuh. Dengan memberikan MPASI di waktu yang tepat bisa menghindarkan anak dari rasa jenuh terhadap makan nasi.

2. Memberikan Variasi Menu

Anak kecil akan merasa jenuh jika memakan jenis makanan yang sama setiap harinya. Mam dituntut menyajikan menu yang berbeda.

3. Mengatur Waktu Makan Secara Tepat

Cara Agar Anak Bayi Mau Makan Nasi

Cara Agar Anak Bayi Mau Makan Nasi

Mam yang disiplin dalam memberikan makan kepada anaknya bisa menyebabkan anak juga disiplin dalam menjalankan waktu makannya. Jangan sampai Mam telat dalam memberikan waktu makan kepada anaknya, sebab anak bisa menjadi tidak disiplin saat harus makan. Anak yang tidak disiplin di waktu jam makan bisa menyebabkan anak tersebut menjadi malas makan.

4. Hindari Camilan Mendekati Jam Makan

Banyak orang tua yang memberikan camilan kepada anak saat mendekati waktu makan. Perlu Mam ketahui dampaknya ke anak adalah anak akan merasa kenyang dengan camilan sehingga, saat sudah tiba waktunya makan mereka akan menghindari makanan yang disajikan karna sudah kenyang.

5. Bertanya Kepada Anak

Jadilah Mam aktif yang dengan selalu melibatkan anak dalam segala hal yang berurusan dengan anak. Saat Mam menyiapkan makanan untuknya, Mam bisa bertanya kepadanya ingin menu makanan apa.

6. Libatkan Anak dalam Menyiapkan Menu

Anak yang dilibatkan ketika menata menu makanan untuknya bisa menyebabkan dirinya bersemangat untuk memakan makanannya.

7. Menyajikan Makanan dengan Menarik

Mam tidak hanya dituntut pintar dalam menyajikan makanan. Anak akan menjadi berselera untuk memakan makanannya jika tampilannya menarik.

8. Menggunakan Piranti Makan yang Disukai

Menggunakan piranti makanan yang disukainya akan lebih membuat anak berselera makan.

9. Jangan Mencampurkan Nasi dengan Lauk

Biasanya anak akan langsung bete melihat nasi yang dicampurkan dengan lauk dalam satu piring. Sebaiknya Mam memisahkannya antara nasi dan juga lauk. Mencampurkan nasi dengan lauk akan terlihat berantakan di meja makan sehingga nafsu makan anak pun berkurang.

10. Biarkan Anak Mengambil Sendiri

Biarkan anak mengambil dan memilih sendiri menu makanan yang disukainya. Jika Mam yang memilihkan, anak cenderung menolak untuk memakannya.

12. Menunggu Saat Lapar

Ketika anak meras lapar anak akan meminta makan atau mengemil makanan yang ada. Pada saat ini mam bisa memberikan makan untuknya.

14. Mencoba Dengan Porsi Kecil

Anak melihat porsi yang banyak akan merasa malas duluan untuk memakannya. Cobalah untuk memberinya makanan dalam prosi yang kecil.

16. Berkomunikasi

Ajak anak anda untuk selalu berkomunikasi. Komunikasi bisa menghindari dari suasana jenuh ketika makanan.

17. Suasana yang Nyaman

Ciptakan suasana makan yang nyaman. Bisa jadi anak menolak untuk makan dikarenakan suasana saat makan yang membuatnya tidak nyaman.

18. Hindari Minum Berlebih

Mam harus memperhatikan pemberian minum saat anak makan. Jangan sampai anak terlalu banyak minum saat makan. Terlalu banyak minum saat makan dapat membuat anak menjadi kenyang sehingga anak akan menolak untuk menghabiskan makanannya.

20. Penambah Nafsu Makan

Jika semua cara tidak bisa menambah nafsu makan anak Laperma Platinum untuk memperbaiki pola makan anak, yang aman diberikan untuk anak anak usia 1-15 tahun