Bayi Susah Minum Susu dan Tidak Mau Makan

Usia balita merupakan masa bermain untuk bayi. Pada masa ini biasanya Bayi Tidak Mau Makan karena bayi lebih tertarik dengan bermain dibandingkan makan.

Melihat hal tersebut tentu sangat membuat resah orang tua. Rasa khawatir akan kebutuhan nutrisi bayi yang tidak terpenuhi. Kejadian seperti ini mungkin hampir semua orang tua pernah mengalaminya.

Biasanya orang tua akan memberikan minuman susu kepada bayi untuk menambah nutrisinya. Akan tetapi sering kita temui orang tua yang mengalami Bayi Susah Minum Susu, lalu bagaimana kebutuhan nutrisinya akan terpenuhi jika bayi tidak mau makan dan minum susu. Demikian pertanyaan yang sering muncul di benak Mam.

Bila anda mengalami masalah bayi tidak mau makan dan susah minum susu, jangan emosi. Berpikirlah dengan tenang dan atur strategi untuk mengatasinya.

Berikut beberapa kiat-kiat bayi tidak mau makan dan susah minum susu. Semoga bermanfaat :

1. Untuk para ibu yang bekerja di luar rumah, diharuskan untuk meluangkan waktunya untuk menyuapinya. Sebenarnya bayi sangat mengerti bila ibunya sedang bekerja.

2. Berikanlah kepuasan psikis kepadanya yang sesuai dengan usianya. Dan buatlah suasana hatinya selalu senang. Misalnya dengan mengajak bayi anda makan sambil berjalan-jalan.

3. Sebaiknya sedini mungkin orang tua menerapkan penghargaan dan hukuman yang edukatif kepada balita.

4. Ketika orang tua pulang kerja, pertama kali yang harus di sapa atau di pegang adalah anaknya.

Keluhan orang tua selain masalah di atas, biasanya bayi mengalami masalah Bayi Susah Makan Mpasi, biasanya pada bayi usia 6 bulan bayi akan menolak MPASI yang Mam berikan. Dan hal ini yang akan membuat setiap orang tua semakin pesimis bayi tidak mendapatkan asupan nutrisi yang sesuai kebutuhan tubuhnya.

Umumnya penolakan MPASI pada bayi dapat di tandai dengan gerakan bayi yang selalu tutup mulut. Penolakan MPASI pada bayi umumnya terjadi pada saat perkenalan pertama MPASI. Bayi membutuhkan waktu untuk beradaptasi dalam mengenal tekstur, rasa, dan cara perkenalan MPASI. Kewajaraan bayi melakukan penolakan ketika di berikan MPASI dalam rentan waktu 3 bulan, yaitu diantara usia 6-9 bulan.

Apabila bayi sudah berusia 9 bulan dan masih tetap menolak MPASI maka orang tua dapat berkonsultasi dengan dokter.

Bayi Susah Minum Susu dan Tidak Mau Makan

Bayi Susah Minum Susu dan Tidak Mau Makan

Berikut penyebab penolakan MPASI pada Bayi :

• Belum mengenali rasa.

Berikan variasi rasa pada MPASI, untuk awal perkenalan MPASI. Dengan variasi rasa bayi dapat mengingat rasa dan dapat mengurangi rasa bosan bayi.

• Belum mengenali tekstur makanan.

Salah satu penyebab Bayi melakukan penolakan adalah tekstur makanan yang masih asing, Mam bisa memperkenalkan MPASI dengan membuatkanya bubur.

Sedangkan untuk mengatasi penolakan MPASI, berikut cara yang bisa mam lakukan :

  1. Berikan jadwal makan bayi.
  2. Miliki kesabaran dan kreativitas ketika memberikan MPASI adalah hal yang harus dimiliki Mama dalam mengahadapi bayi yang menolak MPASI.
  3. Cermati Bahan MPASI yang akan Mam berikan.
  4. Berikan MPASI oleh satu orang saja. Pemberian MPASI yang dilakukan lebih dari satu orang biasanya akan menyulitkan untuk mempelajari perilaku bayi.
  5. Berikan ASI tidak terlalu banyak. Penolakan MPASI biasanya juga karena bayi sudah merasa kenyang, sehingga hindari pemberian ASI pada saat akan diberikan MPASI.

Bayi yang menolak MPASI dikhawatirkan dapat menghambat nutrisinya. Solusi tercepat mengatasiny, orang tua dapat memberikan vitamin, dan mineral, akan tetapi sebenarnya vitamin sudah lengkap dari sayur dan buah-buahan. Meskipun demikian sebaiknya Mam mengonsultasikannya pada dokter.