Vitamin yang Baik untuk Balita yang Susah Makan

Vitamin yang Baik untuk Balita yang Susah Makan

Vitamin yang Bagus untuk Anak Susah Makan. Kekhawatiran orang tua akan mendorong berbagai upaya untuk mengatasi anak susah makan, salah satu upaya yang di lakukan yaitu dengan memberikan suplemen atau vitamin untuk anak susah makan. Suplemen atau Vitamin apakah yang dimaksud…?

Vitamin yang baik untuk balita adalah yang 100% terbuat dari bahan-bahan alami bukan dari bahan-bahan yang mengandung unsur kimia. The American Academy of Pediatrics merekomendasikan bahwa orang tua yang memiliki anak susah makan, dianjurkan untuk mendiskusikan hal tersebut dengan dokter anak. Hal ini penting untuk agar diketahui masalah apa yang menyebabkan anak susah makan,

Beberapa Vitamin dan Bahan Alami Penambah Nafsu Makan :

Vitamin B. terbukti secara klinis untuk meningkatkan nafsu makan. Terkhusus vitamin B9 yang juga dikenal sebagai folacin. Vitamin ini dapat dengan mudah larut dalam air sehingga mudah untuk memecah protein dan membangun protein baru. Vitamin juga dapat meningkatkan nafsu makan, membantu menstimulasi asam pencernaan dan membantu untuk membangun sel-sel darah merah. Mengonsumsi vitamin B9 tidak harus dalam bentuk supelemen, dengan mengonsunsi makanan alami seperti buah jeruk, jus jeruk, gandum, kacang, kacang-kacangan, sayuran berdaun hijau gelap, kerang, hati dan unggas juga bisa.

vitamin yang baik untuk balita yang susah makan

Vitamin yang Baik untuk Balita yang Susah Makan

  • Asam Folat

Kekurangan asam folat, dapat menyebabkan hilangnya nafsu makan, dengan mengobati kekurangan asam folat dapat meningkatan asupan asam folat dan membantu meningkatkan nafsu makan kembali normal. Jangan mengonsumsi suplemen asam folat kecuali dokter menyarankannya, karena hal ini dapat menyebabkan ketidak seimbangan dari vitamin B yang lain, dan folat dapat berinteraksi dengan obat tertentu. Vitamin B atau asam folat terkandung dalam makanan seperti sayuran, buah jeruk, brokoli, berdaun hijau, asparagus, dan kacang-kacangan.

  • Vitamin K

Kekurangan vitamin K dapat menyebabkan hilangnya nafsu makan pada anak ataupun dewasa, serta lemah tulang, lesu, mudah memar dan pertumbuhan yang lembat. Sangat di anjurkan untuk anak usia 1-3 tahun untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin K setidaknya 30 mikrogram per hari untuk menghindari gejala defisiensi (kekurangan). Vitamin K dapat dengan mudah di dapatkan dari makanan berupa sayuran berdaun hijau, asparagus, plum dan kedelai.

  • Kelebihan Vitamin D

Kelebihan vitamin juga bisa menyebabkan anak susah makan. Misalnya ketika anak diberikan suplemen vitamin D dalam jumlah yang sangat besar, maka hal ini dapat menyebabkan gejala keracunan yang meliputi kehilangan nafsu makan, diare, lemah, perubahan mental dan muntah. Kecukupan gizi yang dianjurkan untuk vitamin D adalah 600 unit internasional per hari untuk anak-anak dan orang dewasa. Vitamin D terdapat didalam jamur, telur, tahu, daging dan ikan berminyak.

  • Meningkatkan Asupan Zinc

Zinc membantu membangun nafsu makan anak. Zat ini banyak terkandung dalam makanan-makanan seperti gandum, kacang mete, biji labu, dan seafood.

  • Yoghurt

Yoghurt merupakan salah satu makanan yang penting untuk anak. Yoghurt mengandung probiotik yang sehat dan kalsium yang baik untuk nafsu makan dan kekebalan tubuh anak.