Cara Mengatasi Susah Makan pada Anak Usia 19 Bulan

Cara Mengatasi Susah Makan pada Anak Usia 19 Bulan

Salah satu masalah yang biasanya dialami oleh orangtua adalah menghadapi anak yang sulit makan. Memang tidak mudah melihat anak tidak suka menghabiskan makanannya atau malah menolak makan sama sekali, namun banyak ahli gizi mengatakan selama pertumbuhan anak sesuai dengan usianya maka orangtua tidak perlu terlalu khawatir.

Nafsu makan anak memang dapat berfluktuasi pada masa-masa pertumbuhan begitu juga dengan kebutuhan badannya akan kalori. Pada masa anak-anak kebutuhan kalori ini dibutuhkan untuk energi dan pertumbuhan. Namun seperti telah dikatakan di awal jika saat ini pertumbuhan badannya tidak terganggu maka mungkin konsumsi makanannya telah cukup untuk tubuhnya.

Agar anak doyan makan, ada beberapa tips yang Mama bisa lakukan untuk melewati masa ini ;

Cara Mengatasi Susah Makan pada Anak Usia 19 Bulan

Cara Mengatasi Susah Makan pada Anak Usia 19 Bulan

  • Batasi pemberian snack atau susu. Konsumsi snack atau susu yang berlebihan atau mendekati waktu makan bisa membuat anak terlalu kenyang di saat jam makan tiba. Oleh karena itu Mama bisa membatasi snack dan mengatur pemberian snack dengan lebih bijak.
  • Berikan variasi makanan agar anak lahap makan. Jika saat ini sudah dilakukan maka mungkin penyajian makanannya bisa lebih menarik sehingga anak tertarik untuk mencobanya.
  • Buatlah suasana yang menyenangkan saat makan. Selain mengajaknya bermain, Mama juga bisa mengajak si kecil untuk membaca buku cerita. Sebisa mungkin Mama harus dapat mengajarkan si kecil untuk bisa duduk untuk makan.
  • Libatkan anak dalam rencana pemilihan menu makanan. Jika anak merasa terlibat dalam suatu kegiatan maka akan semakin besar kemungkinan ia mau melakukan kegiatan tersebut.
  • Mama juga bisa mengajak anak untuk membantu menyiapkan makanan. Misalnya anak bisa diajak untuk mengambil nasi atau sayurnya sendiri.
  • Sembunyikan makanan. Mama bisa menyembunyikan makanan yang Mama ingin anak Mama makan di dalam makanan yang paling mungkin ia makan. misalnya si kecil sulit untuk makan sayur seperti bayam. maka Mama bisa membuatkan sup yang bentuk bayamnya sudah disamarkan. misalnya bayam telah dihancurkan seperti puree. Atau jika si kecil sulit untuk memakan nasi, Mama bisa membuat telur gulung yang didalamnya terdapat nasi.
  • Agar anak mau makan banyak, makanlah bersama anak Mama. Dengan ikut makan bersama, Mama bisa memberikan contoh bagaimana cara makan yang benar. Mama juga bisa berinteraksi lebih banyak dan membuat suasana makan menjadi menyenangkan.
  • Jangan berikan makanan yang terlalu banyak baik jumlah dan variasinya. hal ini dapat menyebabkan anak dituntut terlalu banyak. Berikan dalam jumlah yang sedikit namun cukup untuk asupannya.
  • Gunakan permainan untuk mengajak si kecil mau makan. Misalnya Mama bisa menggambar lingkaran senyum di sebuah kertas. Setiap anak telah dapat menelan makanannya ia bisa membuat satu garis di luar lingkaran sampai terbentuk sinar matahari.
  • Jangan lupa memberikan pujian setiap anak mau mencoba makanan baru atau menyelesaikan makannya.

Selamat mencoba ya Mam.