Perbedaan Suplemen dan Vitamin

Perbedaan Suplemen dan Vitamin

Apa yang pertama kali terlintas difikiran Anda saat si Buah hati mengalami susah makan, sedang sakit atau mengalami masalah kesehatan lain ? jika anda adalah tipe orang tua yang langsung mengarah pada pemberian suplemen makanan, suplemen kesehatan atau suplemen makanan anak dan juga pemberian vitamin anak2 untuk mengatasi permasalahan yang dialami buah hati anda.

Maka sebelum memberikan vitamin ataupun suplemen untuk si Kecil penting juga untuk mengetahui seberapa pentingkah vitamin dan suplemen itu buat si Kecil ? Hal ini baiknya disesuaikan dengan kondisi si Kecil, lalu tahukah anda perbedaan antara suplemen dan vitamin itu sendiri ?

Banyak dari kita yang menyangka bahwa vitamin sama saja dengan suplemen. Padahal, vitamin tidak sama dengan yang namanya suplemen. Lalu, apa bedanya vitamin dengan suplemen?

Dilihat dari pengertiannya Vitamin merupakan senyawa organik kompleks yang bisa ditemukan di dalam makanan yang memiliki fungsi untuk mengatur proses metabolisme tertentu di dalam tubuh manusia. Vitamin bisa didapatkan dari makanan, obat dan juga suplemen.

Perbedaan suplemen anak dan vitamin anak

Perbedaan Suplemen dan Vitamin

Sedangkan suplemen sendiri merupakan produk yang berfungsi untuk melengkapi makanan dan biasanya mengandung satu atau lebih bahan-bahan seperti mineral, vitamin, tumbuhan atau bahan yang berasal dari tumbuhan, dan asam amino. Bahan-bahan ini berfungsi untuk meningkatkan AKG (Angka Kecukupan Gizi).

Dari penjelasan di atas, kita dapat mengambil kesimpulan bahwa vitamin adalah zat tunggal yang dibutuhkan oleh tubuh, sedangkan suplemen meruoakan salah satu sumber vitamin, selain makanan. Di pasaran, suplemen tidak hanya berupa vitamin, karena ada juga bentuk lainnya, seperti asam amino, fitokimia, mineral dan lain sebagainya.

Vitamin sangat dibutuhkan oleh tubuh tiap harinya, sehingga jika tidak dikonsumsi maka akan berisiko terkena kekurangan zat gizi, seperti jika kekurangan vitamin A akan mengalami gangguan pada mata. Sedangkan suplemen dibutuhkan tubuh manusia untuk memenuhi kebutuhan zat gizi yang salah satunya adalah vitamin.

Suplemen juga biasanya diberikan kepada orang-orang yang berisiko kekurangan zat gizi, seperti lansia, ibu hamil, ibu menyusui, vegetarian, orang yang sedang dalam program diet rendah kalori, atlet, perokok berat, alkoholik, dan lain sebagainya.