Menangani Masalah Balita Dengan Pemberian Vitamin Yang Tepat dan Aman

Menangani Masalah Balita Dengan Pemberian Vitamin Yang Tepat dan Aman

Jika berbicara tentang masalah vitamin untuk anak anak, yang berkaitan sangat erat adalah vitamin penambah nafsu makan. Selain itu juga banyak orang tua yang membawa anaknya untuk dipperiksakan ke dokter langsung minta untuk diberikan vitamin. Seandainya semua orang tua mengetahui bahwa hal tersebut kurang tepat, bahkan jika kelebihan vitamin si Kecil akan kekurangan berat badan secara berlebihan

Golongan vitamin untuk anak balita yang akan menyebabkan kurangnya berat badan adalah vtamin yang tidak mudah larut dalam air. Cotohnya, vitamin A, D, E, dan K. Dan juga beberapa vitamin yang larut dalam air pun tak boleh diberikan untuk si Kecil yaitu Vitamin C

Beberapa dampak negatif akibat pemberian vitamin untuk anak 5 tahun keatas :

  • Rasa pusing kepala
  • Batu pada ginjal
  • Iritasi lambung hingga lambung terasa perih.

Umumnya, dokter akan memberikan vitamin kepada bayi dan anak bila mengalami salah satu atau lebih dari empat kondisi seperti berikut

Kurang mendapat asupan vitamin dari sinar matahari

Anak yang kurang terkena sinar matahari butuh vitamin, khususnya suplemen vitamin D. Namun, kasus ini biasanya terjadi di negara empat musim. Ketika musim dingin tiba, bayi tidak bisa dibawa keluar karena bisa kedinginan dan matahari pun jarang ada.

Menangani Masalah Balita Dengan Pemberian Vitamin Yang Tepat dan Aman

Menangani Masalah Balita Dengan Pemberian Vitamin Yang Tepat dan Aman

Di dalam kulit, kata Najib, ada bahan untuk membuat vitamin D. Namun, untuk memproduksi vitamin D, kulit perlu terkena sinar matahari dulu. Jadi, bila tak ada sinar matahari, proses tersebut tak bisa berlangsung. Di negeri kita tentulah jarang sekali terjadi bayi kekurangan vitamin D. Bukankah negeri kita kaya akan sinar matahari? Terlebih lagi, ibu-ibu Indonesia biasanya kerap menjemur bayinya di waktu pagi kala mentari baru menampakkan dirinya.

Kesehatan anak sedang terganggu

Dalam kondisi ini, bayi perlu vitamin. Biasanya bayi yang baru sakit kurang nafsu makan dan kebutuhan vitaminnya pun meningkat. Jadi, agar asupan gizinya cukup, ia boleh menerima vitamin. Setelah sehat kembali, pemberian vitamin dihentikan.

Kurangnya berat badan

Bayi dengan berat badan rendah atau kurang dari 2,5 kilogram juga perlu tambahan vitamin. Berat badan rendah bisa disebabkan bayi lahir prematur (belum cukup bulan). Biasanya bayi prematur kekurangan zat besi hingga yang dibutuhkan adalah suplemen zat besi.

Di pasaran sebenarnya ada formula khusus untuk bayi prematur. Ini bisa diberikan hingga vitamin tidak mutlak perlu. Lain hal pada bayi lahir cukup bulan tapi kecil. Bayi ini jelas perlu tambahan vitamin. Biasanya bayi kecil yang lahir cukup bulan tapi kecil ini disebabkan ada masalah di plasenta ketika bayi masih di kandungan, hingga suplai makanan dari ibu ke janin kurang bagus. Maka, ia lahir dengan berat badan rendah.

Bermasalah pada pola makan

Kadang bayi mau makan atau minum susu, tapi kadang tidak. Misalnya, bayi usia empat bulan tak menyusu dengan baik, padahal di usia ini ia belum memperoleh makanan tambahan. Jelas ia butuh vitamin. Namun, vitamin apa yang dibutuhkannya, dokterlah yang lebih tahu.