Keperluan Vitamin Untuk Anak Usia 2 Tahun

Keperluan Vitamin Untuk Anak Usia 2 Tahun

Semakin bertambahnya usia si Kecil maka akan semakin bertambah pula kebutuhan gizi yang mereka perlukan, oleh karena itu vitamin untuk anak 2 tahun sangat diperlukan Mam. Terlebih jika pada usia ini si Kecil mengalami masalah pada nafsu makannya maka vitamin untuk anak 2 tahun yang susah makan sudah aman untuk diberikan. Hal ini disebabkan karena batas usia wajib pemberian ASI untuk anak berakhir pada usia 2 tahun. Namun bukan berarti pada usia ini anak tidak lagi memerlukan nutrisi yang sama dari ASI. Pada usia ini anak tetap harus mendapat nutrisi yang tepat dan seimbang sesuai kebutuhan untuk memenuhi proses tumbuh kembangnya.

Salah satunya adalah penambahan memberikan vitamin anak 2 tahun keatas perlu untuk diberikan, terlebih jika si Kecil dalam keadaan sakit, kehilangan nafsu makannya, atau tidak mendapat nutrisi dari asupan makanan sehari-hari.

Berikut adalah vitamin yang perlukan dan takaran dosis yang tepat untuk anak usia dua tahun

Vitamin A

Vitamin A merupakan sangat baik untuk anak dalam membantu tumbuh kembangnya. Tulang serta jaringan yang mengalami cedera, kesehatan kulitnya, serta yang paling banyak diketahui adalah untuk penglihatannya.

  • Jumlah takaran vitamin A sebanyak 300 mcg perharinya.

Vitamin B Kompleks

Dalam membantu metobolisme tubuh, energi, dan juga kesehatan jantungnya maka Vitamin B Kompleks ini perlu juga setiap harinya.

  • Takaran vitamin B kompleks perhari yaitu 0.9 mcg
  • Vitamin B Kompleks tersebut bsia didapatkan dari makanan berupa daging, unggas, ikan, serta telur.

Vitamin C

Vitamin C sangat membantu anak-anak dalam kesehatan kulit, jaringan penghubung dan juga otot.

  • Takaran vitamin C perhari 45  mg
  • Vitamin C bisa Bunda dapatkan banyak dari buah-buahan seperti jeruk, pisang, stroberi, kiwi, serta masih banyak lagi

Keperluan Vitamin Untuk Anak Usia 2 Tahun

Keperluan Vitamin Untuk Anak Usia 2 Tahun

Vitamin D

Membantu dalam pemenuhan kalsium untuk tulang agar di masa tuanya tidak cepat memiliki tulang yang keropos, maka Vitamin D adalah kuncinya.

  • Takaran vitamin D perhari = 400 IU.
  • Sumber makanan untuk vitamin D ini bisa diperoleh dari salmon, mackerel, sarden, serta susu. Tapi, untuk yang masih bayi dan balita belum bisa mengkonsumsi susu sapi ya Bun. Jadi, ASI saja sudah cukup untuk usia tersebut.

Vitamin E

Sistem kekebalan tubuh anak bisa Bunda pertahankan dengan memberikan asupa vitamin E yang cukup perharinya. Agar aliran darah anak-anak tetap lancar dan juga bersih, vitamin E ini juga sangat berguna untuk.

  • Takaran vitamin E = 9 IU perharinya.
  • Asupan makanan yang mengandung Vitamin E ini bisa didapatkan dari sayur-sayuran, kacang-kacangan, almond dan juga hazelnut.