Kandungan Vitamin Yang Ampuh Meredakan Flu Pada Anak

Kandungan Vitamin Yang Ampuh Meredakan Flu Pada Anak

Semua orang tua pasti tidak menginginkan sang buah hati yang disayanginya jatuh sakit. Namun kondisi lingkungan yang kurang higienis dan cuaca yang tidak menentu membuat si Kecil mudah sekali mengalami beberapa penyakit terutama influenza. Pada rentan usia 6 bulan hingga 2 tahun kekebalan tubuh si Kecil masih rawan dan sangat mudah sekali jatuh sakit. Oleh sebab itulah vitamin penunjang kesehatan bisa diberikan untuk si Kecil.

Pemberian vitamin untuk anak usia 6 bulan hingga vitamin untuk anak usia 1 tahun sudah bisa diakukan, dan tentunya harus sesuai dengan aturan dokter. Berikut ini adalah vitamin untuk anak yang bagus diberikan saat mengalami flu.

Vitamin Yang Ampuh Meredakan Flu Pada Anak

  • PROTEIN

Untuk imun yang baik, tubuh memerlukan protein. Jadi, pastikan anak mengonsumsi makanan tinggi protein selama sakit (telur, ayam, ikan, dan susu).

  • PROBIOTIK

Bakteri baik (yogurt) dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah berbagai penyakit infeksi pernapasan, seperti batpil.

  • KANDUNGAN VITAMIN DALAM GARAM

Garam berfungsi antiinflamasi yang dapat membantu mengeluarkan lendir dan melegakan pernapasan, serta meredakan batuk dan radang tenggorokan.

Untuk hidung tersumbat, atasi dengan meneteskan larutan garam fisiologis

Kandungan Vitamin Yang Ampuh Meredakan Flu Pada Anak

Kandungan Vitamin Yang Ampuh Meredakan Flu Pada Anak

Caranya : Larutkan ½-1 sdt garam ke dalam ½ L air hangat. Untuk mengatasi sakit tenggorokan/batuk, ajarkan anak untuk berkumur dengan larutan air garam hangat.

  • KANDUNGAN VITAMIN DALAM MADU

Jika diberikan pada malam hari menjelang tidur, madu lebih efektif untuk meredakan batuk serta membantu anak tidur lebih nyenyak.

Dosis pemberian madu yaitu: ½ sdt untuk usia 1-5; 1 sdt untuk usia 6-11; serta 2 sdt untuk usia > 12. Perlu diingat, madu tidak disarankan untuk bayi < 1 tahun, karena berisiko menyebabkan botulisme sejenis keracunan makanan.

Berikut Adalah Hal Yang Harus Mama Lakukan Saat Si Kecil Mengalami Flu

Beri anak waktu untuk istirahat yang cukup. Istirahat ternyata sangat berhubungan dengan sistem imun tubuh. Jadi, liburkan anak untuk sementara dari berbagai aktivitasnya, termasuk sekolah, saat ia sakit. Selain itu Mama harus menjaga suhu kamar tempat si Kecil beristirahat aga tetap lembab. Alat pelembab udara dapat membantu melegakan saluran napasnya. Pastikan menjaga alatnya tetap bersih dan jauh dari jangkauan anak.

Nyalakan alat di kamar tidur saat anak tidur atau beristirahat. Atau mandikan anak di kamar mandi yang telah diuapkan sebelumnya. Berikan juga makanan yang hangat agar dapat membantu mengurangi gejala hidung tersumbat. misalnya Sup ayam dapat membantu meredakan gejala flu seperti nyeri, lemas, hidung tersumbat, dan demam.