Hubungan Antara Vitamin Minyak Ikan dan Kesehatan Anak

Hubungan Antara Vitamin Minyak Ikan dan Kesehatan Anak

Salah satu manfaat yang dapat diperoleh oleh anak yang mendapatkan kebaikan dari vitamin minyak ikan untuk anak adalah meningkatnya system kekebalan tubuh. Lalu pertanyaannya Apakah hubungan minyak ikan dengan sistem kekebalan tubuh si Kecil? Sangat banyak sekali saat ini yang sudah tahu apa sebenarnya minyak ikan itu. Bahkan mungkin dulu Mama pernah diberikan minyak ikan saat masih kecil, Apakah sebenarnya minyak ikan itu ? seberapa besar manfaatnya untuk kesehatan si Kecil? yuk kita simak lebih jauh mengenai minyak ikan dan manfaatnya untuk si Kecil.

Mengenal Minyak Ikan Dan Manfaatnya

Minyak ikan merupakan hasil ekstraksi dari ikan salmon, makarel atau tuna yang kemudian dikemas dengan bahan gelatin dalam bentuk kapsul bening. Kapsul minyak ikan memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan. Biasanya kapsul minyak ikan dijual bebas di apotik maupun di toko-toko obat. Manfaat minyak ikan bagi bayi cukup besar.

Minyak ikan mengandung vitamin A dan D, asam tak jenuh ganda (polyunsaturated fatty acids/PUFA) yang bermanfaat dapat meningkatkan kecerdasan dan sistem kekebalan tubuh bayi dan sehingga sangat cocok diberikan sebagai vitamin buat bayi 8 bulan. Karena manfaatnya yang begitu besar bagi janin maka banyak ibu hamil yang mengkonsumsi minyak ikan seperti mackerel, salmon, dan tuna dengan harapan agar bayi khusus yang berusia sekitar 8 bulan mempunyai sistem kekebalan tubuh yang baik terhadap berbagai serangan penyakit dan virus.

Bagaimana Hubungan Minyak Ikan dan Sistem Kekebalan Tubuh Anak?

Hubungan Antara Vitamin Minyak Ikan dan Kesehatan Anak

Hubungan Vitamin Minyak Ikan dan Kesehatan Anak

Berdasarkan hasil penelitian di Adelaide University, Australia diungkapkan bahwa ibu hamil yang mengkonsumsi minyak ikan akan meneruskan minyak ikan ke plasenta yang pada akhirnya dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh janin dari serangan beragam virus dan eksim.

Kemudian penelitian selanjutnya dilakukan oleh sebuah institut pertanian nasional di Perancis mengatakan bahwa ibu hamil yang diet dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan asam lemak tak jenuh ganda seperti asam omega 3 dapat memperkuat dinding usus janin. Kuatnya dinding usus janin akan merangsang terbentuknya sistem kekebalan tubuh bayi menjadi antibodi dan melindungi masuknya bakteri melalui aliran darah. Jika bayi tersebut tumbuh dewasa maka antibodi ini juga akan mengurangi alergi makanan pada anak.

Penelitian lain menyebutkan bahwa mengkonsumsi minyak ikan selama hamil dapat membuat bayi menjadi cerdas dan dapat mempercepat terbentuknya sistem kekebalan tubuh untuk menangkal alergi makanan. Berdasarkan keterangan di atas dapat disimpulkan bahwa minyak ikan yang dikonsumsi ibu hamil berhubungan erat dengan sistem kekebalan tubuh bayi. Begitu juga ibu menyusui yang mengkonsumsi minyak ikan.

Juga saat bayi mulai bisa diberi makanan pendamping ASI yaitu sekitar umur 6 bulan keatas dapat diberikan minyak ikan, terutama saat memasuki usia 9 bulan karena pemberian vitamin buat bayi 9 bulan sudah bisa diberikan, tentunya dengan saran dan bimbingan dari para ahli agar si bayi bisa mendapatkan manfaat minyak ikan berupa terbentuknya sistem kekebalan tubuh bayi dengan baik.