Dosis Pemberan Vitamin A Sesuai Usia si Kecil

Dosis Pemberan Vitamin A Sesuai Usia si Kecil

Sebelum membahas dosis yang tepat pemberian vitamin untuk buah hati Mama, Ada hal yang perlu Mama ketahui sebelumnya bahwa umumnya vitamin buat bayi tidak diharuskan hal ini dikarenakan bayi sudah sudah mendapatkan aneka zat yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan mereka dari ASI atau susu formula.

Bayi lebih disarankan diberikan suplemen vitamin D, akan tetapi vitamin yang lainpun boleh saja dengan catatan vitamin yang diberikan memang khusus untuk umur bayi dan pemberiannya sesuai dengan dosis yang tertera pada kemasan. Kami menyarankan, apabila anak Anda sudah mendapatkan ASI yang mencukupi, maka tidak perlu lagi memberikan suplemen vitamin. Pemberian suplemen vitamin diperlukan jika : bayi lahir prematur, lahir dengan berat badan rendah, bayi yang memiliki masalah kronis, dll.

Vitamin buat bayi 1 tahun dan juga vitamin buat bayi usia 6 bulan yang paling aman dan baik adalah vitamin A. Mengapa harus vitamin A ? Vitamin A adalah salah satu zat gizi penting yang larut dalam lemak dan disimpan dalam hati,tidak dapat dibuat oleh tubuh, sehingga harus dipenuhi dari luar.

Manfaat vitamin A antara lain

  • Meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit dan infeksi seperti campak dan diare.
  • Membantu proses penglihatan dalam adaptasi terang ke tempat yang gelap.
  • Mencegah kelainan pada sel –sel epitel termasuk selaput lender mata.
  • Mencegah terjadinya proses metaplasi sel –sel epitel sehingga kelenjar tidak memproduksi cairan yang dapat menyebabkan kekeringan mata.
  • Mencegah terjadinya kerusakan mata hingga kebutaan.
  • Vitamin A esensial untuk membantu proses pertumbuhan.

Dosis Pemberan Vitamin A Sesuai Usia si Kecil

Dosis Pemberan Vitamin A Sesuai Usia si Kecil

Apa saja sumber vitamin A

  • Air Susu Ibu (ASI)
  • Bahan Makanan hewani seperti : hati,kuning telur,ikan,daging,ayamdan bebek.
  • Buah –buahan warna kuning dan jingga seperti Pepaya,Mangga masak,Alpukat,Jambu Merah dan Pisang.
  • Sayuran yang berwarna hijau tua dan berwarna jingga seperti :Bayam,Tomat,Wortel.
  • Bahan makanan yang difortifikasi/diperkaya dengan vitamin A seperti margarine,susudan mie instant.

Baca Juga : Mengatasi Anak Susah Makan

Kurang Vitamin A (KVA) masih merupakan masalah yang tersebar di seluruh dunia terutama di negara berkembang dan dapat terjadi pada semua umur terutama pada masa pertumbuhan . Salah satu dampak kurang vitamin A adalah kelainan pada mata yang umumnya terjadi pada anak usia 6 bulan –4 tahun yang menjadi penyebab utama kebutaan di negara berkembang.

Kurang Vitamin A pada anak biasanya terjadi pada anak yang menderita Kurang Energi Protein (KEP) atau gizi buruk sebagai akibat asupan zat gizi sangat kurang,termasuk zat gizi mikro dalam hal ini vitamin A. Anak yang menderita kurang vitamin A mudah sekali terserang infeksi seperti infeksi saluran pernafasan akut,campak,cacar air,diare dan infeksi lain karena daya tahan anak menurun. Namun masalah kekurangan vitamin A dapat juga terjadi pada keluarga dengan penghasilan cukup. Hal ini terjadi karena kurangnya pengetahuan orang tua terutama ibu tentang gizi yang baik. Gangguan penyerapan pada usus juga dapat menyebabkan kekurangan vitamin A.

Pemerintah dalam menyingkapi masalah tentang kekurangan vitamin A berupaya untuk menyelesaikan masalah kapsul vitamin A tersebut di antaranya dengan pemberian vitamin A kepada anak balita.

Dosis Pemberian Vitamin A

Balita dari usia 6 bulan sampai dengan 59 bulan. Vitamin A yang dibagikan adalah vitamin A dosis tinggi. Ada 2 jenis vit A yang diberikan yaitu yang biru (100.000 IU) untuk bayi usia 6 sd 11 bulan, dan yang merah (200.000 IU) untuk usia 12 sd 59 bulan. Sasaran pemberian vit. A bulan Februari 2014 di wilayah kerja Puskesmas Ayah I yaitu Untuk jumlah Bayi usia 6-11 bulan L=180 P=147 sedangkan untuk jumlah balita usia 12-59 bulan L=828 P=822.

Secara periodik, anak balita 6 –59 bulan diberikan 1 kapsul secara serentak pada bulan Februari dan bulan Agustusdengan dosis pemberian umur 6 –11 bulan(100.000 SI)diberikan satu kapsul vitamin A denganwarna biru.Dan umur 12 –59bulan (200.000 SI)diberikan satu kapsul vitamin A dengan warna merah.