Alternatif Lain Pemberian Vitamin untuk Bayi

Alternatif Lain Pemberian Vitamin untuk Bayi

Seperti yang telah kita ketahui bersama saat masih bayi organ-organ tubuh si Kecil belum bisa berfungsi secara maksimal. Sehingga masih sangat sensitive terhadap sesuatu terutama yang berbahan kimia. Namun bayi bukan berarti tidak membutuhkan vitamin, karena pada saat masih bayi anak-anak juga sering mengalami susah makan ataupun gangguan kesehatan lainnya, oleh karena itu mereka juga membutuhkan vitamin tambah selera makan. Jika diatas umur 2 tahun pemberian vitamin selera makan untuk kanak-kanak aman diberikan, lain halnya jika buah hati anda dibawah usia dua tahun.

Vitamin tambah selera makan anak tidak hanya bisa didapatkan dari toko atau apotek-apotek yang tentunya mengandung pengawet yang tidak lepas dari bahan kimia. Karena bahan kimia tersebut sangat sensitive terhadap bayi, Mama bisa memberikan sayur dan buah-buahan sebagai alternative pemberian vitamin yang aman untuk buah hati anda.

Alternatif Lain Pemberian Vitamin untuk Bayi

Alternatif Pemberian Vitamin Bayi

Permenkes Ri no.41 tahun 2014 merekomendasikan pemberian buah dan sayur dimulai sejak anak berusia 6 bulan. Selain untuk memenuhi kebutuhan terhadap berbagai zat gizi yang semakin meningkat dan tidak lagi dapat dipenuhi hanya dari ASI saja, pola pemberian makanan secara seimbang pada usia dini juga akan berpengaruh terhadap selera makan anak selanjutnya. Pengenalan makanan yang beranekaragam pada periode 6- 24 bulan ini menjadi sangat penting, karena anak dapat mulai belajar mengenal beragam rasa.

Permenkes merekomendasikan pemberian variasi makanan mulai dari sayuran dan buah-buahan, lauk pauk sumber protein hewani dan nabati, serta makanan pokok sebagai sumber energi, dengan jumlah yang ditambahkan secara bertahap, tidak berlebihan, dan dalam proporsi yang juga seimbang.

Buah dan sayur antara lain mengandung vitamin seperti A, C, dan E yang baik untuk kesehatan mata dan kulit, serta menjaga daya tahan tubuh.

Selain itu buah dan sayur juga mengandung mineral seperti Kalsium, Magnesium, dan Fosfor yang berfungsi menjaga kekuatan tulang dan gigi, serta Zat Besi, Vitamin B dan Asam Folat untuk mencegah anemia. Buah dan sayur kaya akan serat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan. Asupan sayur dan buah sejak dini memberikan manfaat kesehatan pencernaan yang memadai untuk anak demi meningkatkan daya serap terhadap nutrisi dan fungsi daya tahan tubuh terhadap berbagai penyakit di masa yang akan datang.