Akibat Fatal dari Tindakan Orang Tua yang Memaksa saat Memberi Makan Anak

Akibat Fatal dari Tindakan Orang Tua yang Memaksa saat Memberi Makan Anak

Jika Mama saat ini sedang dipusingkan dengan sikap si Kecil yang amat sangat rewel dan ribet saat hendak diberi makan maka jangan merasa sendirian, karena diluar sana banyak sekali orang tua yang mengalami hal serupa. Dalam mengatasi ini memang diperlukan kesabaran yang ekstra.

Sesabar apa pun orang tua menyuapinya, acara makan seakan menjadi ajang “pertengkaran”. Ada saja ulah anak. Dari yang selalu menolak makan dengan menutup rapat mulutnya, sampai menyembur-nyemburkan atau melepeh kembali makanan yang sudah berhasil masuk ke mulutnya.

Saat seperti itu, tak jarang orang tua pun memaksa si kecil menghabiskan makanannya. Sebenarnya memaksa makan tidak baik bagi anak. Apalagi anak dikejar-kejar sampai dua jam hanya untuk makan. Terutama mengatasi anak susah makan umur 1 tahun, mengatasi anak susah makan umur 2 tahun sampai mengatasi anak susah makan umur 3 tahun keatas. Hal ini akan menjadi lebih sulit jika anak memasuki usia balita. Kenapa demikian ? karena saat mulai memasuki usia balita anak-anak akan mulai melakukan hal yang lebih parah dari sekedar penolakan terhadap makanan.

Saat usianya dibawah 1 tahun mungkin mereka hanya menggeleng, melepeh atau menyemburkan makanan ataupun menangkis sendok yang disodorkan kemulutnya. Beda lagi saat usianya menginjak balita dia akan mempunyai trik yaitu ngemut makanan yang sudah ada dimulutnya.

Akibat Fatal dari Tindakan Orang Tua yang Memaksa saat Memberi Makan Anak

Akibat Fatal Tindakan Orang Tua yang Memaksa Memberi Makan Anak

Jika orang tua terlalu mengekangnya untuk makan. Atau bahkan mengancam jika dia tidak mau makan dan mengiming-imingkan hadiah bila saja dia berhasil menghabiskan makanan dipiring. Jika hal tersebut yang anda terapkan untuk buah hati anda. Maka sebaiknya berhenti berlaku seperti itu, pada usia balita anak sudah memiliki inisiatif untuk memanipulasi seseorang, tidak terkecuali orang tuanya jika dia merasa terlalu dikekang untuk melakukan sesuatu yang tidak sesuai dengan kehendak hatinya.

Salah satu bentuk manipulatif balita terhadap orang tuanya jika dipaksa untuk makan adalah dengan cara mengemut makanan dimulutnya. Jika hal ini dibiarkan akan membuat anak menjadi tidak pernah mengenal rasa lapar. Pada kondisi lebih lanjut, bukan hanya masalah susah makan yang dialami anak-anak tapi juga masalah pencernaan dan gizi yang tidak terpenuhi secara optimal selain itu apabila dibiarkan, anak mengemut makanan dapat menyebabkan masalah pada gigi anak seperti infeksi. Maka dari itu sebaiknya para orang tua tidak terlalu memaksa anak jika tidak mau makan.

Jika memang si Kecil menolak berkali-kali saat ditawari makan. Mama tidak perlu mengekang, mengancam, mendesak atau melakukan hal-hal yang berperangai memaksa. Baiknya ketahui penyebabnya lalu ditangani atau tanyakan langsung pada si Kecil mengapa dia enggan untuk makan. Hal tersebut jauh lebih baik dan membantu mengatasi masalah susah makan yang sedang dialami si Kecil.