Kelebihan dan Kekurangan Vitamin Bagi Anak

Kelebihan dan Kekurangan Vitamin Bagi Anak

Jika mendengar kata vitamin hal pertama kali yang terlintas dibenak kita adalah kesehatan. Tentunya vitamin ada untuk menunjang kesehatan manusia terutama vitamin buat anak. vitamin yang paling populer dan sering diberikan para orang tua untuk buah hati mereka adalah vitamin anak susah makan. Karena susah makan paling banyak dialami oleh balita yang mulai beranjak 1 tahun maka para orang tuapun jauh-jauh hari merencanakan pemberian vitamin buat anak 1 tahun agar terhindar dari masalah susah makan tersebut.

Sebenarnya pada usia balita dibawah 2 tahun anak-anak sudah bisa mencukupi kebutuhan gizinya secara alami, hal ini dikarenakan pada usia tersebut si Kecil masih diwajibkan mengkonsumsi ASI, lalu perlukah orang tua memberikan vitamin ?

Berikut adalah Kelebihan dan Kekurangan Vitamin bagi anak

Kelebihan

  • Vitamin A. Vitamin ini juga disebut sebagi Retinol. Fungsi vitamin A antara lain untuk: menjaga penglihatan, mencegah hingga memulihkan penyakit rabun, serta menjaga lapisan selaput mukosa dalam tubuh.
  • Vitamin B. Manfaat vitamin B ini sangat baik untuk memperlancar pertumbuhan anak-anak, memperkuat tulang dan gigi, meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah virus yang akan menyerang tubuh kita. Selain itu, manfaat vitamin B yang terkenal adalah untuk mencegah penyakit beri-beri.
  • Vitamin C. Vitamin ini dikenal pula dengan istilah asid askorbik. Fungsi vitamin C antara lain adalah sebagai pembentuk dan pengekal kolagen (suatu protein yang sangat penting untuk memperkuat kedudukan sel badan), mempercepat proses penyembuhan luka, memperkuat tulang dan gigi, mempercepat proses metabolisme, serta menjadi antioksidan yang sangat baik untuk menangkal radikal bebas.

Kelebihan dan Kekurangan Vitamin Bagi Anak

Kelebihan dan Kekurangan vitamin bagi anak

  • Vitamin D. Fungsi vitamin D yang paling utama adalah sebagai penghancur dan pembunuh segala macam virus maupun bakteri yang merugikan tubuh. Selain itu, fungsi vitamin D juga dapat memberikan kekuatan terhadap tubuh dari serangan penyakit. Vitamin D juga sangat penting untuk memperlancar proses pertumbuhan tulang dan gigi serta menjaganya dari kerapuhan.

Kekurangan

Selain memliki banyak manfaat ternyata terlalu banyak mengkonsumsi vitamin akan menimbulkan efek samping yang patut untuk diketahui para orang tua. Jangan sekali-kal tergiur dengan iklan vitamin anak yan mengklaim bahwa agar mencapai hidup sehat anak-anak diwajibkan mengkonsumsi vitamin baik saat memiliki masalah kesehatan ataupun dalam keadaan sehat.

Iklan multivitamin untuk anak sering menganjurkan orang tua kalau mengkonsumsi vitamin secara rutin adalah gaya hidup yang sehat untuk anak-anak. Padahal hal itu tidak diperlukan dan hanya menghambur-hamburkan uang saja,” kata Professor Emeritus, John Dwyer dari Lembaga Sahabat Ilmu Kedokteran.

Menurutnya anak yang susah makan saja jarang sekali mengalami kekurangan vitamin dan pakar menilai lebih baik masalah itu diselesaikan dengan upaya memvariasikan menu makanan daripada menyorongkan pil multivitamin kepada anak yang tidak ada manfaatnya.