Cara Meningkatkan Selera Makan Anak

Cara Meningkatkan Selera Makan Anak

Meningkatkan selera makan anak tentunya berbeda dengan meningkatkan selera makan pada orang dewasa hal ini dikarenakan anak-anak akan lebih sulit ditebak. Kita diharuskan sabar dan tentunya pandai menebak kebutuhan dan alasan si Kecil menolak saat diberikan makanan, apakah karena sedang sakit, sedang lelah atau bosan atau justru karena menu masakannya. Menu anak susah makan selain lezat tetap harus bergizi.

Berikut cara agar selera makan anak meningkat:

  • Buat tampilan makanan yang menarik

Sajian yang berwarna-warni akan menarik mata, sehingga diharapkan dapat membuat waktu makan menyenangkan. Coba mengombinasikan berbagai sayur dengan warna berbeda, ketika disajikan bersama pasta atau sumber karbohidrat lain. Hal ini juga sangat mendukung variasi nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

  • Goda dengan aroma makanan

Untuk menarik nafsu makan juga bisa melalui bau makanan yang menyenangkan dan menggoda. Bisa dengan menyajikan makanan hangat yang baru saja selesai dimasak, atau menghangatkan makanan sebelum menyajikan, agar hidung memiliki waktu untuk memicu selera makan.

Meningkatkan Selera Makan Anak

Cara meningkatkan selera makan anak

  • Konsultasikan dengan dokter

Jika gangguan nafsu makan berlarut-larut, konsultasikan kondisi tersebut dengan dokter. Kekurangan zat mineral tertentu, seperti zinc, diketahui dapat menurunkan nafsu makan dan Penelitian awal yang dilakukan pada hewan menyimpulkan, zinc kemungkinan dapat  meningkatkan nafsu makan pada kasus defisiensi zinc jangka pendek.

  • Hindari tindakan memaksa

Tindakan orang tua yang memaksa anaknya makan karena khawatir, justru dapat memancing ketegangan pada waktu makan. Hal ini dapat membuat anak kurang sensitif terhadap rasa lapar di kemudian hari.

  • ¬†Bagi dalam porsi kecil

Satu piring penuh dengan makanan, bisa jadi menurunkan nafsu makan. Siasati dengan membagi nutrisi dari satu piring itu menjadi porsi kecil yang disajikan beberapa kali. Selain itu, porsi kecil juga akan lebih mudah disiapkan.

  • Biasakan makan perlahan

Mengunyah makanan perlahan akan memberi waktu pada anak untuk mengukur rasa lapar. Tanya anak apakah dia sudah kenyang, sebelum memberinya makanan tambahan.

  • Batasi minuman saat makan

Untuk menjaga nafsu makan dan mencegah rasa kenyang, sebaiknya hindari minum terlalu banyak selama waktu makan. Air, jus, kopi, teh, atau jenis minuman lain, disarankan dinikmati setelah makan selesai.

  • Libatkan anak saat menyiapkan makanan

Ajak anak-anak berbelanja dan menyiapkan makanan yang akan disajikan. Orang tua akan memiliki kesempatan mengetahui jenis makanan yang disukai anak, sekaligus menjelaskan nutrisi yang baik, dan anak bisa memperoleh pengalaman lebih, serta lebih bersemangat dalam makan.