Cara Memilih Makanan yang Tepat untuk Si Kecil yang Susah Makan

Cara Memilih Makanan yang Tepat untuk Si Kecil yang Susah Makan

Makanan untuk anak yang susah makan bukan hanya soal rasanya saja, asal enak maka langsung diberikan pada anak, namun juga penting untuk mengetahui kandungan gizi pada makanan tersebut. Walaupun pada usia 1 tahun anak-anak akan mulai mengerti rasa sehingga mempunyai selera sendiri namun bukan berarti makanan untuk anak 1 tahun yang susah makan itu hanya makanan yang enak saja, namun juga bergizi.

Beberapa jenis makanan untuk anak susah makan yang baik untuk si kecil yaitu, Makanan yang mudah dicerna pada umur 1 tahun merupakan masa transisi anak dan masa penyesuaian sistem pencernaan anak. Ketika anak berumur 1 tahun, anak sudah bisa diberikan makanan tambahan selain air susu ibu. Masa transisi ini menjadi tahap awal penyesuaian agar anak dapat mengkonsumsi makanan pokok.

Gigi susu anak yang mulai tumbuh sejak anak berumur 4 sampai 7 bulan akan terus bertambah hingga seluruh gigi anak tumbuh lengkap. Untuk itulah makanan yang dipilih merupakan makanan yang sudah dihaluskan dan dapat dicerna oleh anak.

Memilih Makanan Tepat untuk Si Kecil Susah Makan

Cara memilih makanan yang tepat untuk si Kecil yang susah makan

Pada usia 1 tahun, anak juga membutuhkan banyak asupan vitamin agar kebutuhan vitamin anak dapat tercukupi. Vitamin tidak bisa diproduksi dengan sendirinya oleh tubuh manusia, oleh karena itu manusia harus mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan untuk mencukupi kebutuhan vitamin yang diperlukan oleh tubuh. Vitamin berfungsi sebagai zat yang dapat memecah lemak dan mengoptimalkan kerja organ-organ tubuh anak.

Makanan sehat untuk anak 1 tahun tidak hanya makanan yang mengandung gizi, tetapi juga makanan yang tidak memiliki resistensi di dalam tubuh. Ketika anak pertama kali diberi makanan pendamping ASI, seringkali tubuh bayi mengalami penolakan terhadap makanan yang diberikan. Reaksi penolakan ini muncul dalam bentuk alergi seperti kulit memerah, gatal pada anak, atau bahkan demam. Perlu diingat bahwa pada umur 1 tahun daya tahan tubuh anak belum terlalu sempurna dalam memberikan proteksi terhadap serangan virus penyakit yang sering menyerang anak di usia 1 tahun. Orang tua harus jeli melihat fenomena yang terjadi pada tubuh anak.