Bahaya Kelebihan Vitamin A dan Dosis Tepat Vitamin A Untuk Anak

Bahaya Kelebihan Vitamin A dan Dosis Tepat Vitamin A Untuk Anak

Sebagai seorang ibu yang cerdas Mama tidak hanya perlu mengetahui kebaikan vitamin yang diperlukan untuk sang Buah Hati, salah satu vitamin yang memiliki peran penting dalam pertumbuhan bayi hingga balita adalah vitamin A. Kegunaan Vitamin A untuk anak dalam pertumbuhan memegang peran yang sangat penting diantaranya untuk kesehatan penglihatan, pertumbuhan tulang , serta membantu untuk melindungi tubuh dari infeksi.

Vitamin A pada balita juga berguna untuk mempromosikan kesehatan dan pertumbuhan sel juga jaringan tubuh, terutama pada jaringan rambut, kuku , dan kulit. Memang sebagai seorang ibu , Mama pastinya tidak ingin , jika buah hatinya kekurangan vitamin A? Kekurangan vitamin A untuk balita dapat menyebabkan berbagai macam gangguan pada pertumbuhan dan perkembangan buah hati tercinta.

Jika kekurangan vitamin A untuk bayi dan balita dapat mengganggu tumbuh kembang si kecil, apakah kelebihan vitamin A untuk bayi juga dapat menimbulkan gangguan kesehatan? Untuk menghindari si Kecil mengalami dampak dari kelebihan vitamin A, Mama bisa membatasi pemberian vitamin A yang bersumber dari hewani. Seperti yang dikutip dari BabycenterDotCom, kelebihan vitamin A sangat mungkin terjadi jika si kecil mendapatkan vitamin A dari sumber hewani. Misalnya saja hati sapi yang ternyata mengandung 21.566 IU vitamin A per potongnya. Vitamin A dari sumber hewani termasuk daging dan susu merupakan vitamin A aktif yang langsung diserap oleh tubuh buah hati Anda.

Bahaya Kelebihan Vitamin A dan Dosis Tepat Vitamin A Untuk Anak

Bahaya Kelebihan Vitamin A dan Dosis Tepat Vitamin A

Sedangkan vitamin A dalam bentuk karotenoid yang terkandung dalam buah dan sayur hanya akan diubah dalam bentuk aktif vitamin A ketika tubuh membutuhkannya. Maka dari itu, sangat aman apabila pemberian vitamin A dari tumbuh-tumbuhan, karena kelebihan vitamin A tidak mungkin disebabkan karena mengkonsumsi buah dan sayur.

Akibat dari kelebihan vitamin A

Kelebihan vitamin A dapat menyebabkan pusing, mual, muntah, mata berkunang-kunang, hingga terganggunya koordinasi otot tubuh. Sedangkan akibat jangka panjangnya adalah osteoporosis, gangguan hati, dan gangguan pada sistem syaraf pusat.

Dosis yang tepat untuk pemberian Vitamin A pada anak

Untuk mencegah kelebihan vitamin A, dalam sehari maksimal anak yang berusia 1 – 3 tahun mengonsumsi 2000 IU vitamin A. Sedangkan untuk anak yang berusia 4 – 8 tahun maksimal hanya boleh mengonsumi 3000 IU vitamin A.