Tips Paling Ampuh Menangani Susah Makan Pada Anak

Tips Paling Ampuh Menangani Susah Makan Pada Anak

Tips Mengatasi Balita Susah Makan semakin banyak dicari tahu oleh para orangtua Karena memang pada era ini susah makan terbilang cukup banyak dialami anak-anak. tak dapat dipungkiri perkembangan zaman mempengaruhi nafsu makan buah hati anda. sebagai seorang Mama tentunya rasa khawatir itu ada dan timbul keinginan untuk melepaskan sang buah hati dari jeratan susah makan. Mungkin sebagian Mama sudah mencoba berbagai tips menghadapi anak susah makan, namun tak juga menuai hasil sesuai yang para Mama inginkan.

Pada dasarnya semua tips mengatasi bayi susah makan atau anak susah makan adalah sama intinya. Semua tergantung dari cara Mama menerapkannya pada si Kecil. Berikut adalah tips yang terbilang ampuh untuk mengatasi anak yang susah makan.

  • Pertama-tama yang perlu Mama ketahui adalah memisahkan kelompok usia buah hati Mama saat ini. Jika buah hati anda berusia diatas 6 bulan, baiknya mulai berikan makanan pendamping ASI (MPASI) misalnya bubur yabg berbahan susu, sari buah, lalu secara bertahap berikan si Kecil makanan yang bertekstur lebih padat contoh nasi tim dan seterusnya. untuk makanan pendamping ASI (MPASI) ini harus disesuaikan dengan umur si Kecil. jangan langsung beri nasi padat pada si Kecil karena bisa mengganggu saluran pencernaannya yang tergolong masih sangat lembut dan belum mampu bekerja secara optimal.
  • Perlu juga Mama pahami ini, jika Mama memilih makanan anak balita berupa bubur instant yang saat ini banyak tersedia dipasar atau mini market dan dikemas dalam kotak praktis, perhatikan label kemasan dan agar di sesuaikan dengan usia 6-24 bulan dengan berbagai rasa. Penting juga melakukan variasi rasa saat memberikan makan kepada si Kecil agar tidak timbul rasa bosan si Kecil saat sedangg makan, usahakan carilah bubur dengan 7 cita rasa yang berbead jadi dalam 1 minggu si Kecil akan menikmati makanan yang berbeda setiap harinya.
  • Jika buah hati Mama sudah memasuki usia diatas 2 tahun, variasikan menu lauk pauknya. buat pilihan menu makanan dan biarkan si Kecil memilih makanan favoritnya. atau Mama bisa juga variasikan berdasarkan waktu makannya. misal sarapan pagi dengan roti, kentang, telur, dan segelas susu. makan siang dengan nasi tim sayur dan ikan. makan malam dengan daging/ayam. jangan lupa sediakan buah-buahan atau pudding agar-agar sebagai penutup hidangan setiap selesai makan.

Tips Paling Ampuh Menangani Susah Makan Pada Anak

  • Atur waktu makan si Kecil agar dia terbiasa makan tepat pada waktunya. jika Mama senang memberi camilan, berikan camilan jauh sebelum waktu makan tiba. beri camilan yang sehat misalnya potong-potong buah dengan ukuran sedang menyerupai dadu, agar-agar, sayuran seperti wortel yang telah dikukus, timun, yogurt, pudding, es krim buah, cake buah buatan sendiri, dll. hindari pemberian cemilan berupa coklat, permen, snack penyedap rasa (MSG) karena dapat mengurangi nafsu makan anak.

Tips Paling Ampuh Menangani Susah Makan Pada Anak

  • Ajak buah hati ikut serta ketika Mama sedang mempersiapkan menu makanannya. Memuji atau memberi semangat untuk si Kecil adalah hal penting karena dengan begitu si Kecil akan memliki semangat untuk menghabiskan makan yang anda beri.
  • Sajikan makanan semenarik mungkin hindari mencampur aduk antara nasi dan lauknya . penyajian menarik bisa dengan piring kesukaan si Kecil. kemudian pisahkan antara nasi dengan lauk pauknya sehingga tampak menarik dan mengundang selera makan anak anda. atau bisa juga dengan menghias makanan yang anda sajikan misa diberi potongan sayuran, mentimun, tomat, dengan bentuk yang menarik perhatiannya.
  • Jangan pernah lakukan tindakan memaksa, mengancam, apalagi manakut-nakuti agar si Kecil mau makan karena hal ini hanya akan menimbulkan trauma psikologis. bujuklah si Kecil dengan kelembutan serta bersabarlah maka si Kecil akan mau menuruti kata-kata anda.
  • Perlu bagi Mama untuk memahami kondisi anak, dan bersabar. jika si Kecil tetap enggan untuk makan biarkan saja dulu toh begitu ia merasa lapar, maka ia akan meminta makanan dengan sendirinya.
  • Sajikan makanan dalam porsi kecil dulu, jangan memaksa anak untuk menghabiskan makanan dengan porsi berlebihan karena lambung anak anda belum mampu manam[ung makanan terlalu banyak. jadi berikan ia makanan sedkit demi sedikit agar ia tidak bosan dan bisa menikamati menu makanannya. jika anak anda senang dan ketagihan biasanya ia cenderung menminta lagi setelah porsi yang dihadapannya habis.
  • Buat fokus anak hanya tertuju makanannya ketika waktu makan tiba, switch off (matikan) televisi anda, jauhkan mainan dari meja makan, atau benda lainnya yang bisa mengganggu konsentrasinya saat makan.
  • Penting juga selama kegiatan makan berlangsung tetaplah berkomunikasi yang baik dengan si Kecil sehingga kegiatan makan terasa menyenangkan baginya.
  • Kontrol pemberian minum saat makan, jangan terau banyak minum karena anak akan merasa cepat kenyang dan malas untuk menghabiskan makanannya.
  • Tak ada salahnya membiarkan si Kecil mencoba memakan makanan sendiri tanpa disuapi oleh Mama. Cukup awasi si kecil yang sedang makan. jangan khawatir meja makan anda jadi berantakan karena tumpahan makanan, karena hal ini justru menjadi hal menyenangkan bagibagi si Kecil.
  • Mama juga perlu memberkan multivitamin atau suplemen penambah nafsu makan. untuk yang terbaik buat si Kecil, berikan buah hati anda Laperma Platinum. Laperma Platinum adalah suplemen nutrisi untuk tumbuh kembang & daya tahan tubuh anak yang dibuat dari Madu Afis Mellifera, Sari Ikan Salmon, temulawak, temu ireng dan berbagai bahan herbal berkualitas. Laperma diproses dari bahan madu yang terjamin keaslian, kemurnian dan kualitasnya.
  • Apabilah si Kecil masih tetap susah makan atau terindiksi kurang gizi, sebaiknya periksakan kondisi kesehatannya ke dokter.