Terapi Untuk Anak Susah Makan Agar Mau Makan

Terapi Untuk Anak Susah Makan Agar Mau Makan

Gangguan makan pada anak biasanya terjadi bukan hanya faktor klasik misalnya anak-anak bosan terhadap menu makan yang Mama sajikan atau anak sedang sakit atau sedang tumbuh gigi. Tahukah Mama jika susah makan juga dipengaruhi oleh faktor psikologis? Jika buah hati anda tidak sedang sakit, tidak sedang tumbuh gigi atau tidak memiliki alasan bosan terhadap menu makanan yang Mama sajikan, Mama harus memperhatikan hal-hal berikut ini sebagai tips agar anak mau makan.

  • Cemas

Mam jangan biarkan si Kecil merasa cemas ya. Buat hari-hari mereka menjadi tenang beri masukkan positif dengan gaya bahasa yang dapat dipahami anak-anak. karena jika anak-anak merasa cemas maka akan berpengaruh pada pola makan anak, termasuk membuat anak jadi susah makan.

  • Depresi

Anak yang depresi bisa mengalami dua masalah makan, yaitu makan berlebihan/tidak terkendali sehingga membuatnya obesitas atau ia menjadi sulit makan. Depresi banyak dialami anak usia sekolah. Penyebabnya bermacam-macam. Ada yang karena menjadi korban bully seperti diejek, digoda, mendapatkan kekerasan, dan sebagainya. Oleh karena itu bagi Mama yang buah hatinya saat ini sedang memasuki usia sekolah harus rutin menanyakan kesehariannya disekolah, dengan bahasa yang menyenangkan, tidak menyudutkan anak dan tidak memaksa anak untuk bercerita.

  • Pola relasi yang tak bagus dengan orangtua

Pola relasi yang tak bagus antara anak dan orangtua akan mengakibatkan miss komunikasi sehingga Mama akan menyediakan makanan yang itu-itu saja setiap harinya dan menyebabakan anak tidak banyak mengetahui rasa sehingga hanya ingin makan satu jenis makanan saja akhirnya, si Kecil pun menjadi sangat pilih-pilih terhadap makanan.

Terapi Untuk Anak Susah Makan Agar Mau Makan

Jika masalah susah makan buah hati anda terletak pada masalah psikologis sesuai dengan yang diuraikan diatas maka cara menanganinya pun bukan dengan penanganan medis seperti memberi obat penambah nafsu makan atau vitamin penambah nafsu makan, karena hal itu tidak akan efektif untuk membuat anak mau makan lagi. Tips anak mau makan karena gangguan psikologisnya adalah dengan Terapi.

Terapi Untuk Anak Susah Makan Agar Mau Makan

Berikut terapi anak susah makan yang bisa Mama terapkan untuk si Kecil

  • Terapi Bermain

Selain dapat meningkatkan nafsu makan anak, terapi bermain juga dapat digunakan untuk memperbaiki relasi antara orangtua dan anak. Karena dalam bermain, orangtua dapat belajar bagaimana merespons anaknya. Namun, perlu dipahami, terapi bermain yang dilakukan ini tidak serta merta berdampak langsung pada pola makan anak. Artinya, setelah relasi atau pola asuh diubah tidak serta merta perilaku sulit makan anak teratasi. Perlu proses dan waktu yang cukup hingga akhirnya terjadi perubahan perilaku makan pada Buah hati anda.

  • Terapi Kognitif

Selain terapi bermain, orangtua juga bisa melakukan terapi kognitif, utamanya pada anak yang lebih besar. Anak dibantu mengatasi kondisi cemas atau depresinya dengan mengubah cara berpikirnya. Lakukan dengan pendekatan komunikatif, anak diajak mengungkapkan perasaannya, sehingga ia merasa nyaman dan tenang. Lakukan komunikasi pada anak sesuai tahapan usianya.

Solusi

  • Lakukan introspeksi diri atas sikap dan pola asuh terhadap anak, mungkinkah selama ini kerap bersikap otoriter atau overprotektif, sehingga membuat anak merasa cemas, marah, dan tak nyaman. Orangtua diharapkan bisa mengubah cara berpikirnya.
  • Mengajarkan perilaku makan yang baik. Sediakan menu makanan yang bervariasi agar anak mengenal banyak rasa dan jenis makanan. Jadilah model yang baik dengan membiasakan makan bersama di meja makan. Makan bersama merupakan ajang interaksi penting antara orangtua dan anak. Orangtua juga bisa menjadi teman menyenangkan di meja makan. Dengan begitu, hubungan orangtua dan anak semakin erat.
  • Jadikan saat makan menyenangkan. Hindari mengancam, menghukum, atau menakut-nakuti anak agar ia makan lebih banyak. Ini akan membuatnya merasa bahwa saat makan merupakan saat yang tidak menyenangkan. Dan bukan tak mungkin menimbulkan trauma psikologis baginya.