Menentukan Suplemen Yang Tepat Untuk Bayi 1 Tahun

Menentukan Suplemen Yang Tepat Untuk Bayi 1 Tahun

Suplemen sebenarnya tidak terlalu dianjurkan untuk bayi. Seperti yang telah kita ketahui bahwa bayi dibawah usia 1 tahun hanya dianjurkan untuk diberi ASI, karena ASI sendiri sudah memiliki semua kebaikan serupa suplemen yang dibutuhkan oleh bayi. Kecuali buah hati anda terlahir dalam kondisi prematur atau memiliki masalah kesehatan. Lalu bagaimana suplemen untuk bayi 1 tahun? Apakah bayi diatas usia 1 tahun memperlukan suplemen?

Pada usia 1 tahun ini suplemen memang dibutuhkan bagi bayi, bukan hanya yang terlahir prematur atau memiliki gangguan kesehatan saja. Karena pada usia 1 tahun masalah susah makan anak kerap kali membingungkan para orangtua dan yang jadi masalah adalah apakah suplemen untuk bayi 1 tahun sudah diperbolehkan dan aman diberikan suplemen untuk menambah selera makan, bagi anak yang susah makan? Jawabannya tentu saja boleh, bahkan dianjurkan untuk memberi suplemen agar nafsu makan si Kecil membaik.

Berikut adalah suplemen yang tepat diberikan jika buah hati anda mengalami susah makan

  • Multivitamin B

Multivitamin B atau yang biasa disebut Vitamin B kompleks sangat diperlukan anak-anak. tahukah Mama jika si Kecil kekurangan vitamin B kompleks akan mengalami susah makan, maka wajib bagi Mama memberinya vitamin B kompleks, Selain itu juga vitamin B kompleks ini juga dapat melancarkan proses pencernaan dan mengatasi gangguan-gangguan penyerapan dan penggunaan zat makanan, mempercepat proses penyembuhan, menunjang pertumbuhan anak, mengatasi sariawan, sembelit, dan gangguan fungsi saraf.

Menentukan Suplemen Yang Tepat Untuk Bayi 1 Tahun

Menentukan Suplemen Yang Tepat Untuk Bayi 1 Tahun

  • Probiotik

Probiotik adalah nama lain dari mikroorganisme hidup atau bakteri selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh ternyata juga dapat meningkatkan nafsu makan anak lho Mam. Karena Bakteri baik berfungsi membantu proses cerna yang berlangsung dalam organ pencernaan. Contohnya lactic acid bacteria (LAB). LAB telah populer digunakan dalam industri makanan, bakteri ini mampu mengubah gula (termasuk laktosa) dan karbohidrat lain menjadi asam laktat.

Contoh probiotik lainnya seperti Lactobacillus pada yoghurt. Dengan meningkatnya kesehatan sistem pencernaan, maka otomatis nafsu makan si Kecil akan meningkat alias normal kembali.

  • Cyproheptadine

Banyak yang mengenal bahwa Cyproheptadine adalah obat anti alergi golongan antihistamin yang biasa digunakan untuk mengobati reaksi Alergi seperti gatal-gatal, kemerahan, pembengkakan, dan sebagainya. Namun tahukah Mama bahwa ada manfaat lain dari obat ini, yaitu dapat memperbaiki nafsu makan bagi anak yang susah makan. Setelah diselidiki, ternyata penyebab tersering gangguan sulit makan pada anak adalah gangguan saluran cerna yang sering dialami oleh penderita alergi.

  • Enzyplex

Tahukah Mama bahwa gejala-gejala seperti gangguan pencernaan berupa perut kembung, sering bersendawa, rasa begah, sering buang gas, perut terasa penuh, dan sebagainya adalah penyebab anak susah makan?. Dan gejala-gejala tersebut dapat diobati dengan pemberian suplemen berupa Enzyplex. Oleh karena itu Enzyplex atau produk sejenis seperti Vitazym terkadang bisa membantu memulihkan nafsu makan anak. Sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan obat ini.