Memahami Alasan Anak Susah Makan

Memahami Alasan Anak Susah Makan

Hal yang menjadi alasan kenapa anak 1 tahun susah makan salah satunya adalah pada usia ini buah hati anda akan menjadi sangat pemelih terhadap makanan. Anda hanya perlu memahami kondisi ini, karena hal ini umum terjadi pada anak usia satu tahun, beri dia makanan bergizi semampu yang anda bisa, jangan memaksa, dan seiring berjalannya waktu prilaku ini akan berubah jika mendapat penanganan yang tepat.

Jika anak satu tahun susah makan karena dia telah mampu memahami rasa makanan dan menjadi pemilih terhadap makanan. Lalu kenapa bayi 8 bulan susah makan? Bukankah usia 8 bulan indera pengecapnya belum berfungsi secara optimal sehingga bayi belum dapat memahami rasa pada makanan sehingga mustahil jika bayi dapat menjadi pemilih dalam makan.

Memahami Alasan Anak Susah Makan

Memahami Alasan Anak Susah Makan

Mam biasa bayi yang hampir melewati satu tahun pertama kehidupannya sekitar 6-11 bulan mengalami perubahan hormon makannya hal ini wajar terjadi dan pasti ada solusinya. Pada saat memasuki usia satu tahun bayi akan mengalami perubahan yang cukup siknifikan dari sebelumnya, jadi saat berusia 6-11 bulan telah Nampak perubahan-perubahannya seperti perubahan dari lahap makan menjadi susah untuk makan.

Berikut Adalah Penyebab Kenapa Anak Susah Makan

  • Menolak Makanan

Bayi menolak makanan karena berbagai alasan: Mereka mungkin kenyang, lelah, terganggu, atau sakit. Mungkin juga karena jadwal makannya berantakan. Jangan khawatir, bayi akan selalu makan jika ia lapar, jadi jika si Kecil  menampik saat Mama mendekatkan sendok kemulutnya, memalingan wajah, atau menutup mulutnya rapat-rapat, itu artinya dia sudah merasa kenyang saat itu. Hanya pastikan bayi Anda diberi makan makanan sehat, dan hindari makanan yang tidak mengandung gizi baik untuk anak-anak.

Solusi : Cobalah untuk percaya bahwa bayi Anda tahu berapa banyak makanan yang dia butuhkan, dan tidak pernah memaksa memberinya makan, yang dapat mengubah waktu makan menjadi waktu pertempuran. Jika hal ini membuat Mama khawatir si Kecil tidak mendapat asupan gizi yang terpenuhi maka periksakan gizi si Kecil ke dokter.

  • Menghindari Makanan Baru

Hampir setiap anak melewati periode menolak makanan baru. Untungnya, kebanyakan anak tumbuh dari fase ini, meskipun kadang-kadang dapat memakan waktu hingga berminggu-minggu, atau bahkan berbulan-bulan.

Solusi : Membantu bayi Anda menerima makanan baru yang lebih mudah dengan memastikan makanan baru terlihat mirip dengan makanan favorit mereka, misalnya membuatkan bubur wortel, bubur ubi jalar, kentang tumbuk atau ubi jalar tumbuk. Kemudian, disela-sela makannya dengan lembut tawarkan makanan baru itu pada si Kecil minimal tiga kali selama makan.