Cara Untuk Menambah Selera Makan Anak

Cara Untuk Menambah Selera Makan Anak

Membuat tambah selera makan anak bukanlah hal yang mudah dilakukan oleh para Mama. Terutama untuk tambah selera makan bayi hal ini dikarenakan anak balita maupun yang masih bayi susah ditebak kemauannya, dan pada saat mereka menginjak usia satu tahun mereka akan mulai pilih-pilih makanan dan susah untuk makan. Pasalnya kebanyakan anak-anak memiliki seribu satu alasan untuk menolak saat disuruh untuk makan. Sebagai orangtua tentunya Mama juga harus memiliki seribu satu cara untuk mematahkan alasan-alasan yang membuat si Buah hati tersebut menolak makan. Cara-cara berikut ini akan membuat anak tambah selera makan.

Berikut Adalah Cara Agar Nafsu Makan Si Kecil Menjadi Bertambah

  • Makan Bersama

Jangan biarkan si Kecil makan sendirian, usahakan si Kecil selalu memiliki teman saat makan. Baik itu makan bersama keluarga maupun makan bersama teman-teman sepermainan mereka. Karena makan bersama terutama bersama teman sepermainan akan menjadi moodboster bagi si Kecil untuk bersemangat menghabiskan makanannya. Pernahkah Mama memperhatikan perbedaan jika si anak makan sendiri dan makan bersama teman mereka?

Jika saat makan sendiri anak tampak malas-malasan berbeda jika si Kecil makan bersama teman sepermainan mereka, justru akan tampak bersemangat bahkan saking semangatnya mereka kadang-kadang saling berebut makanan. Oleh karena itu Mama harus terus dampingi mereka saat makan, Mama bisa menghibur mereka dengan lomba siapa yang lebih cepat menghabiskan makanannya.

  • Ajak Dia Berolahraga

Selain menyehatkan dengan berolahraga nafsu makan si Kecil juga akan meningkat. Hal ini dikarenakan saat berolahraga maka tubuh akan mengalami lebih banyak gerakan sehingga sehingga menompa peredaran darah ke jantung. Hal ini akan membuat kalori terbakar lebih banyak. Sehingga biasanya setelah berolahraga si Kecil akan mudah lapar. Jika berolahraga rutin dilakukan maka nafsu makan si Kecil pun akan membaik.

Cara Yang Dilakukan Untuk Menambah Selera

  • Larangan Minum Sebelum Makan

Larang si Kecil untuk minum terlebih dahulu saat hendak makan, tidak harus minum air putih Mama harus melarangnya minum susu, sirup atau apapun saat si Kecil belum makan. Hal ini dikarenakan cairan sangat cepat untuk membuat perut penuh dan merasa kenyang sehingga akhirnya yang terjadi adalah si Kecil tidak berselera lagi untuk makan.

  • Mengkonsumsi Jeruk

Buah jeruk adalah buah yang sarat akan vitamin C. Tahukah Mama bahwa vitamin C berfungsi meningkatkan nafsu makan. Maka sangat baik untuk dikonsumsi buah hati anda yang mengalami susah makan. Selain rasanya yang mayoritas anak-ana sukai. Buah jeruk yang mengandung vitamin C ini juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membuat anak terhindar dari berbagai penyakit yang sering menjangkit si Kecil seperti demam, batuk, atau influenza.

  • Mengkonsumsi Zink dan Vitamin B

Tahukah Mam, ternyata jika si Kecil yang susah makan rutin mengkonsumsi vitamin B maka perlahan-lahan nafsu makannya akan stabil lagi. Hal ini dikarenakan vitamin B dapat mengontrol suasana hati yang susah makan menjadi berselara untuk makan. Sedangkan jika si Kecil mengkonsumsi makanan yang mengandung zink juga dapat membuat nafsu makan bertambah, bisa dibandingkan jika seseorang yang kekurangan zink akan memiliki masalah pada nafsu makannya.