Cara Menambah Selera Makan pada Anak

Cara Menambah Selera Makan pada Anak

Seiring berjalannya waktu dan perkembangan zaman membuat tekhnologi pun semakin canggih ternyata berhubungan dengan penyebab si Kecil susah makan, apabila buah hati Mama yang masih balita susah makan atau mereka hanya menginginkan jenis makanan tertentu atau gejala yang biasa disebut picky eaters ini adalah hal normal yang biasa terjadi pada balita, karena usia balita adalah peralihan usia bayi menuju anak-anak. karena itulah tentu banyak perubahan yang ditunjukkan si Kecil.

Orang tua tidak perlu terlalu khawatir asalkan anak-anak mereka sehat, tumbuh normal dan memiliki banyak energi. Namun, jika kebiasaan susah makan ini menurut anda dapat membuat si Kecil kekurangan nutrisi atau bahkan sampai si Kecil jatuh sakit, Mama harus mencegah hal ini terus menurus berlanjut atau bawa si Kecil untuk diperiksakan ke dokter anak.

Lakukan Langkah-langkah Berikut agar Selera Makan Bertambah dan si Kecil Tidak Akan Sulit Untuk Makan Lagi

  • Langkah 1Anak-anak adalah peniru yang ulung dan mereka sangat pandai menyalin sesuatu yang dilakukan orang tua mereka. Menetapkan contoh yang baik untuk buah hati anda dengan makan berbagai makanan bersama mereka, dan membiarkan mereka melihat Anda menikmati makanan. Tunjukkan pada mereka kesediaan Anda untuk mencoba makanan baru dan mencegah komentar negatif tentang makanan.
  • Langkah 2Ajak mereka untuk berpartisipasi dalam menyiapkan makan, belanja bahan masakan dan mempersiapkan makanan dimeja makan. Anda dapat menggunakan kesempatan ini untuk mengajarkan mereka tentang gizi dan belajar tentang preferensi makanan mereka. Balita mungkin lebih bersedia untuk makan makanan dimana mereka terlibat dalam mempersiapkannya.

Cara Menambah Selera Makan pada Anak

Cara Menambah Selera Makan pada Anak

  • Langkah 3Mulailah dengan porsi kecil dan menunggu mereka untuk meminta lebih banyak makanan. Terlalu banyak makanan di piring akan membuat mereka kewalahan. Jika mereka tidak bisa menghabiskan makanan mereka, itu tak akan menjadi masalah. Anak-anak biasanya berhenti makan ketika mereka sudah kenyang. Hindari untuk memaksa si Kecil menghabiskan makanan mereka. Mereka mungkin mengasosiasikan makan dengan stres, dan memaksa balita untuk makan mungkin menyiksa mereka.
  • Langkah 4Menawarkan berbagai makanan dan menawarkan makanan baru satu per satu. Jika mereka menolak makanan tertentu, terus tawarkan mereka makanan itu di lain waktu hingga sepuluh kali tawaran. Hindari menawarkan makanan ketika mereka rewel atau lelah.
  • Langkah 5Beri mereka banyak waktu untuk menikmati makanan tapi jangan biarkan si Kecil terlalu lama saat makan karena hal ini akan membuat mereka mulai merasa bosan atau kehilangan minat untuk makan. Durasi makan anak yang baik adalah 20-30 menit.
  • Langkah 6Gunakan peralatan makan yang anak sukai biarkan dia memilih piring, sendok dan gelas apa yang mereka inginkan. Dan bebaskan dia untuk makan sendiri karena balita biasanya suka makan sendiri.
  • Langkah 7Atur waktu makan biasa dengan makan snack agar tidak terlalu berdekatan. Karena jika makan snack dan makanan pokok terlalu dekat akan membuat si Kecil susah makan makanan pokoknya.
  • Langkah 8Membuat waktu makan menjadi waktu yang menyenangkan. Makan bersama keluarga dan fokus pada makanan serta interaksi satu sama lain. Libatkan balita Anda dalam percakapan tentang hal-hal yang bahagia dan menyenangkan.
  • Langkah 9Coba gunakan cetakan kue untuk membuat bentuk yang berbeda dari makanan untuk membuat waktu makan lebih menyenangkan. Dorong anak Anda untuk menciptakan nama untuk makanan dan membantu mempersiapkan camilan sehat untuk mereka, hal ini akan membuat selera makan anak bertambah.