Tips Menghadapi Anak Yang Susah Makan

Tips Menghadapi Anak Yang Susah Makan

Apakah buah hati anda menolak memakan makanan selain chicken nugget, atau justru lebih memilih bermain dari pada makan? Mam, menghadapi anak yang susah makan memerlukan kesabaran ekstra dan jangan pernah sekali-kali tersulut emosi walaupun hal ini memang sangat menyulitkan bagi sebagian besar orang tua. Susah makan itu wajar menimpa anak-anak, jika hal ini diatasi dengan kekerasan dan pemaksaan anak malah tidak akan makan, masalah ini akan hilang jika Mama sabar selain itu lakukan tips-tips berikut.

  • Pahami anak

Jika si Kecil menolak untuk makan apapun termasuk menolak makan camilan, dan menolak saat anda hendak menyuapnya. Mungkin dia memiliki kecemasan tersendiri terhadap makanan yang yang anda tawarkan. Anda harus pahami ini, bicarakan dengan baik pada anak karena hal ini menyebabkan anak menjadi kurang sensitif terhadap rasa lapar dan akan merasa kenyang terus. Sebaiknya jangan menuntut anak untuk membersihkan piring mereka seusai makan, hal ini juga adalah penyebab mengapa kecemasan itu timbul dan si Kecil enggan untuk makan.

Sajikan porsi kecil untuk menghindari anak berfikir untuk malas menghabiskan makanan, karena makanan dengan porsi besar membuatnya malas untuk makan.

Tips Menghadapi Anak Yang Susah Makan

  • Hindari memberi camilan berlebih

Jika setiap hari anak-anak mengkonsumsi makanan ringan setiap harinya, ini akan membuat nafsu makan buah hati anda semakin buruk, jika setiap hari dia memakan camilan maka setiap hari pun kondisi nafsu makannya semakin memburuk. Jika si Kecil adalah penggila jajanan Mama bisa menggantikan jajalan dengan jus atau susu atau makanan lain yang ringan dan sehat.

Tips Menghadapi Anak Yang Susah Makan

  • Mengenalkan anak makanan baru

Anak-anak sering menyentuh atau mencium makanan baru, dan bahkan mungkin sempat mengunyah makanan didalam mulutnya namun, dimuntahkan kembali. Anak Anda mungkin perlu paparan berulang untuk makanan baru sebelum dia mengambil gigitan pertama.

Dorong anak Anda dengan berbicara tentang makanan ini baik warna, bentuk, aroma dan teksturnya, bukan apakah rasanya yang enak. Sajikan makanan baru bersama dengan makanan favorit anak Anda.

  • Hias makanan agar terlihat menyenangkan

Sajikan brokoli atau sayuran lainnya dengan saus favorit si Kecil. Potong makanan menjadi berbagai bentuk dengan cetakan kue. Sajikan makanan dengan warna cerah yang menarik perhatian si Kecil.

  • Ajak anak menyiapkan makanan

Saat masih kecil anak-anak akan sangat senag sekali jika dirinya dilibatkan dalam suatu kegiatan, ajak anak saat berbelanja biarkan dia yang memilih sayur dan buah untuk menu makanan hari ini. Mintalah pendapatnya, jangan membeli sesuatu yang tidak disukai oleh si Kecil yah Mam.

Dengan mengikuti tips tersebut nafsu makan anak akan membaik sedikit demi sedikit dan susah makan pun akan hilang seiring berjalannya waktu, yang harus anda lakukan adalah sabar karena menghadapi anak susah makan lebih mudah dari pada menghadapi bayi susah makan. Anak-anak akan mengerti jika anda menghadapinya dengan kesabaran.