Tips Menambah Selera Makan Anak

Tips Menambah Selera Makan Anak

Saat si Kecil mengalami susah makan, pastinya Mama sangat ingin sekali menambah selera makan anak. yang mungkin banyak para Mama lakukan adalah dengan membuatkan aneka makanan lezat nan cantik agar menarik perhatian si Kecil. Hal ini benar jika dilakukan untuk anak balita, namun bagaimana jika cara ini diterapkan untuk menambah selera makan bayi? Tentu tidak mempan cara ini untuk bayi. Hal ini dikarenakan bayi belum bisa mengerti aneka bentuk makanan dan belum paham soal rasa. Jadi cara tersebut hanya berlaku untuk si Kecil yang mulai beranjak balita ya Mam.

Berikut cara mengatasi anak susah makan agar selera makannya bertambah

  • Jauhkan percakapan waktu makan

Beberapa keluarga sibuk sepanjang hari dan satu-satunya waktu untuk berkumpul bersama adalah pada waktu makan, sehingga pada saat makan inilah biasanya orang tua mengintrogasi anak-anak soal masalah sekolah ataupun masalah lainnya. Hal ini sangat salah karena menurut studi bercakap-cakap saat makan dapat mempengaruhi pencernaan anak dan juga merusak nafsu makan anak.

Tips Menambah Selera Makan Anak

Tips Menambah Selera Makan Anak

Saran: berbicara tentang topik yang positif dan bahagia selama waktu makan dengan anak-anak Anda. Tidak masalah untuk dicoba makan dengan diiringi musik.

  • Jangan terlalu banyak minum saat makan

Umumnya, didalam tubuh sudah tersedia cairan yang bertugas mengirim makanan keseluruh tubuh dalam rangka menciptakan selara makan. Sehingga jika terlalu banyak mengkonsumsi air akan membuat nafsu makan memburuk, kembung dan juga gangguan pada pencernaan. Jangan biarkan anak mengkonsumsi minuman dingin sebelum / selama / setelah makan, karena hal ini akan mengurangi sirkulasi di sekitar perut, menyebabkan nafsu makan yang buruk.

Saran: Mama bisa memberi si Kecil sup hangat atau teh saat waktu makan untuk mendukung pencernaan.

  • Beri jeda untuk makan

Dibutuhkan dua sampai empat jam untuk makanan padat dicerna oleh perut. Jika ada sejumlah makanan di dalam perut sebelum makan, akan mengurangi minat anak dalam makan. Hindari memberi makanan ringan untuk si Kecil satu jam sebelum makan

Saran: memberikan makanan kecil (misalnya apel kecil atau pisang, yoghurt, dan telur rebus) di antara waktu makan.