Solusi Buat si Kecil yang Susah Makan Nasi dan Sayur

Solusi Buat si Kecil yang Susah Makan Nasi dan Sayur

Susah makan pada anak sudah menjadi masalah umum yang tidak ada habisnya bagi anda yang memiliki buah hati susah makan. Susah makan pada anak terbagi menjadi tiga yaitu, anak susah makan nasi, anak susah makan sayur, dan anak yang tidak mau makan sama sekali, baik sayur maupun nasi, anak-anak semacam itu biasanya hanya mau makan makanan ringan saja.

Sebenarnya anak susah makan solusinya mudah, hanya saja kadang-kadang cara Mama menerapkannya itulah yang sulit. Dibawah ini akan kami paparkan secara rinci cara-cara agar buah hati anda memiliki nafsu makan yang setabil.

  • Buatlah Jadwal Makan

Sebaiknya anak-anak diberi makan dengan jarak tiga sampai empat jam, yaitu tiga kali makan berserat contohnya sayur dan nasi, dua kali makan makanan ringan, dan beri anak banyak air putih. Cara ini efektif jika diterapkan untuk anak-anak, karena akan membuat anak tidak kelaparan. Jika anda ingin bepergian keluar, anda bisa membawa bekal dari rumah untuk jaga-jaga apabila si Kecil lapar agar buah hati anda tidak harus bergantung pada makanan cepat saji yang dijual bebas dipasaran. Karena jika anak terlanjur tergantung pada makanan cepat saji juga akan membuatnya menjadi susah makan sayur dan nasi.

  • Mempersiapkan Makan Malam

Mama pasti pernah bingung untuk mempersiapkan menu makan malam. Makan malam tak harus mewah yah Mam tapi harus seimbang. Lalu bagaimana jika si Kecil tidak mau makan nasi dan sayur? Mama bisa menggantikan nasi dengan roti dan anda bisa mengganti sayur dengan sumber protein lain seperti daging tanpa lemak, keju dan kacang-kacangan. Sesekali bisa menggantikan nasi dan sayur dengan makanan lain agar si Kecil tidak bosan.

Solusi Buat si Kecil yang Susah Makan Nasi dan Sayur

Solusi Buat si Kecil yang Susah Makan Nasi dan Sayur

  • Jangan Komentari Saat Anak Makan

Mengomentari anak dengan kalimat seperti “makan sayurnya juga!” atau “habiskan makanannya!” justru akan membuat anak menolaknya.

  • Memperkenalkan Makanan Baru Perlahan-lahan

Mungkin anak-anak akan menolak memakan makanan yang belum pernah mereka makan sebelumnya. Anda harus sabar dan meyakinkan mereka bahwa makanan itu baik untuknya. dan perlihatkan pada buah hati anda bahwa anda pun memakan makanan tersebut.

  • Biasakan Sarapan Pagi

Jika anak-anak malas untuk makan sayur dan nasi saat pagi, Mama boleh membuatkan mereka sereal bergizi atau pancake. Yang penting saat pagi hari perut anak-anak jangan dibiarkan kosong yah Mam.

  • Biasakan Anak Untuk Minum Susu

Bukan hanya sayur dan nasi, susu pun penting untuk perkembangan anak-anak loh Mam. jadi biasakan anak anda untuk minum susu minimal dua kali sehari. Namun, jika si kecil elergi susu sapi Mama bisa menggantinya dengan susu kedelai.

  • Beri Taburan Gula

Berbeda dengan orang dewasa yang menyukai rasa gurih, anak-anak cenderung menyukai rasa manis. Mama boleh menaburi sayuran atau bubur anak dengan gula. Gula yang biasa disenangi anak-anak adalah gula merah, selain itu dengan mengkonsumsi gula merah  resiko anak mengalami diabetes lebih sedikit dibanding jika mengkonsumsi gula pasir.

  • Ajak si Kecil Memasak Bersama Mama

Dengan ikut memasak dapat menimbulkan rasa empati dalam diri anak, Bahwa ternyata memasak tidaklah mudah dan mereka akan berfikir sayang sekali jika makanan yang telah susah payah dimasak tidak dimakan. Mama pun boleh mengajaknya ikut berbelanja bahan makanan bersama Mama.

  • Sesekali Turuti Kemauan Anak

Namanya juga anak-anak yah Mam jika mereka ditekan dan dilarang-larang terus takutnya mereka akan berbuat nekat tanpa sepengetahuan Mama. Jadi, sesekali bolehlah anak-anak jajan diluar tapi tetap harus dalam pantauan Mama. Dan ingat yah Mam, sesekali saja, jangan sering-sering!

  • Hias Makanan

Mama harus kreatif membuat makanan menjadi menarik perhatian anak-anak. Bentuklah makanan menyerupai bentuk hewan, atau tokoh kartun dan baluri saus berwarna agar mereka menjadi berselara makan sayur dan nasi.

  • Jadilah Panutan

Jika Mama sedang dalam program diet atau Mama sendiri yang tidak beraturan dalam makan, maka anak anda pun akan menganggap bahwa susah makan adalah prilaku yang normal, toh orangtuanya pun melakukan hal tersebut. Jika benar seperti itu mulai sekarang harus dirubah yah Mam, belajarlah jujur pada diri anda sendiri jika lapar anda harus makan. Maka anak-anak akan belajar melakukan hal yang sama.

  • Buat Keadaan Menjadi Menyenangkan

Mam makan sayur dan nasi memang hal yang paling penting. Namun tidak ada salahnya jika sesekali membawanya nonton film dibioskop sambil makan popcorn, atau membawa si Kecil kekedai es krim dan biarkan dia memilih es krim favoritnya.