Solusi Bagi Anak Satu Tahun Yang Susah Makan

Solusi Bagi Anak Satu Tahun Yang Susah Makan

Momen pemberian makan untuk si Kecil merupakan momen yang menyebalkan bagi Mama yang memiliki anak setahun susah makan. Bagaimana Mama tidak sebal jika kerap kali si Kecil mendorong saat Mama hendak memberinya suapan, dan saat makanan sudah berhasil masuk kedalam mulutnya malah dimuntahkan. Karena masalah susah makan paling banyak dialami oleh anak usia satu tahun maka muncullah pertanyaan didalam benak Mama “mengapa pada usia satu tahun anak saya susah makan?”.

Mam setiap masalah pasti ada penyebab dan solusinya. Dan pada masalah ini yang harus Mama cari tahu terlebih dahulu adalah apa penyebabnya hingga anak sulit makan. Pada usia satu tahun si Kecil mengalami beberapa peningkatan baik fisik maupun sifatnya. Peningkatan fisik pada si Kecil saat berusia satu tahun adalah hal yang menyenangkan bagi semua Mama, namun peningkatan sifat yang terjadi pada anak usia satu tahun ini tidak selamanya menyenangkan terutama dalam hal makan. Pada usia satu tahun si Kecil mulai mampu membedakan rasa makanan dan pilihannya pun meningkat, dia tidak akan menyukai lagi makanan yang biasa Mama berikan kepadanya. Bahkan ada anak yang sampai tidak mau makan selain makanan yang ia inginkan.

Solusi Bagi Anak Satu Tahun Yang Susah Makan

Yang jadi masalah bagi Mama bukanlah makanan yang dia minta, saya pun yakin Mama tidak keberatan atas makanan yang diinginkan sang buah hati tercinta. Yang jadi masalah adalah nilai gizi yang terkandung dalam makanan yang diinginkan si Kecil. Pada usia ini anak hanya memilih makanan yang dia rasa enak tidak perduli jika gizi yang terkandung dalam makanan tersebut sedikit atau bahkan jika makanan tersebut tidak memiliki gizi sama sekali pun jika dia ingin makanan A maka tetap saja harus makanan A.

Solusi Bagi Anak Satu Tahun Yang Susah Makan

Mama harus pandai-pandai menyiasati ini yah, solusinya yaitu dengan membuat inovasi baru terhadap menu makanan untuk si Kecil. Berikut resep menu makanan yang praktis, enak dan menarik bagi anak-anak usia satu tahun dan tentunya memiliki nilai gizi yang cocok untuk memenuhi kebutuhan tumbuh kembang si Kecil.

Nugget Sayur Tahu

Bahan: 

Garam, merica, oats, tepung panir, bawang putih, telur butir satu dan telur yang sudah dikocok, roti tawar yang sudah direndam, tahu, daging ayam, keju, wortel dan brokoli.

Cara Pembuatan:
  • Blender semua bahan (kecuali telur kocokan dan tepung panir), tempatkan pada wadah berbahan alumunium lalu kukus.
  • Setelah matang potong-potong dan masukkan kedalam telur yang telah dikocok lalu uleni dengan tepung panir
  • Sebelum digoreng masukkan kedalam lemari es agar teksturnya menjadi padat.
  • tunggu setelah kurang lebih 15 menit, lalu goreng.

Sup Ayam Sehat

Bahan:

Ayam kampung yang telah dikuliti, kentang, kol, wortel, bawang merah, bawang putih, jahe, minyak goreng tiga sendok makan untuk menumis, Air, garam, gula, biji pala dan pala bubuk, merica bubuk, minyak wijen, daun bawang, daun seledri, dan tomat.

Cara Pembuatan:
  • Masak ayam dalam air mendidih, saat menunggu ayam masak untuk mempraktiskan waktu tumis bawang merah dan bawang putih yang sudah dicincang halus bersama jahe yang sudah digeprak, lalu masukkan kedalam rebusan ayam.
  • Masukkan pula potongan-potongan wortel dan kol. Aduk dan perkirakan jika sudah hampir matang masukkan cincangan seledri dan daun bawang juga tomat yang sudah dipotong kecil-kecil.
  • Akan lebih nikmat jika disajikan ketika masih hangat.