Cara Mengatasi Balita Susah Makan

Penyebab Dan Cara Mengatasi Balita Susah Makan

Anak balita Mama susah makan? Nah kali ini kita akan bahas tentang balita yang susah makan. Tenang saja Mam, Mama pasti lagi pusing mikirin apa penyebab anak susah makan? Jangan khawatir yah Mam! artikel kali ini akan membantu para Mama atasi anak susah makan.

  • Di pengaruhi oleh pertumbuhan

Pada usia sekitar 3 hingga 2 tahun balita akan mengalami perubahan termasuk perubahan nafsu makan akan menjadi sedikit lambat. Karena pada usia ini si Kecil mulai pandai pilih-pilih makanan.

  • Anak terlalu banyak mengalami tekanan

Jangan sesekali memaksa anak untuk makan yah Mam, jika mereka dipaksa maka akan mengalami tekanan sehingga tidak baik untuk kesehatannya.

  • Si Kecil memiliki alergi makanan

Anda harus rajin memeriksa ke dokter, mungkn saja si kecil memiliki elergi pada makanan tertentu.

  • Timbul rasa bosan

Pada usia ini mereka akan cepat sekali merasa bosan terhadap makanan hal ini wajar yha Mam.untuk atasi balita susah makan Mama harus pandai memberi variasi makanan untuk menu sehari-hari buah hati anda.

  • Si Kecil memiliki selera super sensitif

Ada sebagian anak yang pada masa balita lidahnya sangat sensitif sekali terhadap rasa lho Mam, biarkan dia mencoba beberapa sayuran dan menetapkan akan menyukai sayuran mana yang mereka sukai sesuai dengan tingkat sensitif indra perasanya.

Penyebab Dan Cara Mengatasi Balita Susah Makan

  • Perhatikan tekstur makanan

Anak-anak akan menyukai bila tekstur makanannya ringan jangan terlalu keras apalagi jika sangat lembek , justru akan membuat anak geli dan enggan untuk memakan makanannya.

Penyebab Dan Cara Mengatasi Balita Susah Makan

  • Hindari Memakan Jung food

Nah hampir semua anak-anak menyukai Junk food. Mama harus super hati-hati yha jangan sampai Jung food terlalu sering dikonsumsi si Kecil. Awasi terus anak saat jajan diluar. Jika buah hati anda sudah mmasuki usia TK maka beri dia bekal, karena Mama kan tidak selamanya bisa mengawasi si Kecil.

  • Terlalu banyak makan snack

Saat-saat seperti inilah jika Bunda lengah maka anak-anak akan dikuasai snack, karena sebetulnya balita belum boleh mengkonsumsi makanan sejenis snack. Karena akan merusak selara makan nasi dan makanan bergizi lainnya.

  • Si Kecil memiliki terlalu banyak gangguan

Biasakan anak untuk fokus saat makan karena dengan makan sambil main, menggambar atau menonton tv akan memecah konsentrasi makannya dan bisa-bisa mood makannya hilang dan makanannya pun merana karena ditinggalkan begitu saja.

  • Jangan biarkan si Kecil terlau kelelahan

Saat anak terlalu lelah karena melakukan aktivitas tertentu misal, terlalu lelah karena bermain, atau terlalu lelah karena sekolah. Ternyata kelelahan akan membuat anak malas untuk makan dan malah memlih untuk tidur saja.

  • Kesehatannya terganggu

Ketika si kecil sakit pola makannya pun jadi tidak karua-karuan, dan Mama harus lebih super extra membujuknya agar mau makan. Harus sabar yah Mam saat sakit si Kecil akan membutuhkan banyak gizi dan nutrisi jadi Mama tetap harus memberinya makan berupa bubur karena teksturnya gampang ditelan oleh si Kecil yang sedang sakit.