Penyebab Anak Usia 10 sampai 15 Bulan Susah Makan

Penyebab Anak Usia 10 sampai 15 Bulan Susah Makan

Usia sepuluh hingga lima belas bulan adalah usia dimana kebutuhan anak harus tercukupi sepenuhnya karena, menjelang akhir tahun pertamanya otak bayi yang bertugas mendeteksi sesuatu mulai berjalan, dia sudah mampu membedakan orang lain. Misalnya dia sudah mulai menunjukkan sikap cemas atau menangis saat anda memberikannya kepelukan orang lain, tangisan itu adalah tanda penolakannya. Pada usia ini pula otaknya mulai bekerja untuk memahami kata-kata orang dewasa, atau mengikuti gerakan tubuh yang anda lakukakan. Kemajuan-kemajuan ini sangat menyenangkan bukan Mam?. Bahkan banyak Mama yang beranggapan bahwa pada usia sepuluh sampai lima belas bulan ini adalah masa dimana si Kecil lagi imut-imutnya. Dan agar semua perkembangan-perkembangan yang ditunjukkan si Kecil pada usia ini berjalan dengan baik, tentunya kebutuhan nutrisinya harus optimal dengan makan makanan bergizi yang cukup. Namun, pada saat kebutuhannya harus terpenuhi secara optimal pada usia sepuluh sampai lima belas bulan si Kecil justru malas makan, atau bahkan ada yang tak mau makan makanan pokok sama sekali.

Baca Juga : Madu Asli dalam Laperma

Hal yang biasa dialami anak 10 bulan susah makan adalah karena mungkin ia sedang sakit atau keadaan mulutnya sedang bermasalah. Apalagi jika si Kecil mengeluhkan sesuatu Mama boleh memeriksakannya ke dokter. Jika gejala ini berlanjut hingga si Kecil berusia 11 bulan, biasanya dia sedang tumbuh gigi karena pada saat mendekati usia satu tahun tumbuh gigi rentan dialami anak-anak, sehingga menyebabkan anak 11 bulan susah makan. Namun jika saat memasuki usia 15 bulan si Kecil masih tidak beraturan juga dalam hal makan, besar kemungkinan buah hati anda mengalami gejala mulai dapat membedakan makanan dan dapat memilih-milih makanan, atau dikenal dengan istilah Picky Eaters.

Anak Usia 10 sampai 15 Bulan Susah Makan

Penyebab Anak Usia 10 sampai 15 Bulan Susah Makan

Pertanyaanya adalah apakah buah hati anda menolak makan nasi, sayur, ikan daging atau makanan bergizi lainnya, dan hanya mau makan snack, es krim, atau cokelat saja? Jika benar berarti buah hati anda mengalami gejala Picky Eaters. Anak 15 bulan susah makan karena mengalami Picky Eaters, disebabkan oleh beberapa hal berikut.

  • Mengikuti gaya makan orang dewasa yang cenderung memilih-milih makanan yang belum dapat dikonsumsi anak-anak seusinya.
  • Menolak saat orangtuanya yang memilihkan makanan untuknya dan berasumsi bahwa pilihan orangtua selalu tidak menyenangkan baginya.
  • Penolakan makanan sebagai reaksi dari ketakutan jika anda beri hukuman.
  • Riwayat fisik yang menjadi alasan kesulitan makan, mungkin si Kecil memiliki riwayat sakit yang serius dimasa lalunya.
  • Pada usia itu anak-anak mengalami mood makan yang berubah-ubah.
  • Mulai sensitif terhadap rasa, bau dan tekstur makanan.
  • Memilih makanan sesuai dengan rasa atau warna yang disukai.