Kiat Agar Anak Tidak Sulit Makan

Kiat Agar Anak Tidak Sulit Makan

Kesulitan makan pada anak tentunya bukan hanya menjadi masalah bagi si anak pribadi namun yang paling akan merasa resah dalam masalah ini adalah orang tua terutama sang Mama. Sebagai seorang ibu yang memiliki sifat cemas yang tinggi pada buh hatinya, pasti Mama yang mempunyai buah hati sulit makan akan berusaha mencari tahu kiat agar anak mau makan.

Mam berikut ini adalah kiat mengatasi anak susah makan

  • Membuat waktu makan malam lebih awal

Anak-anak terutama di bawah usia 10 tahun akan lebih baik jika makan malam diwaktu yang lebih awal karena. Karena pada usia itu anak perlu tidur diwaktu yang lebih awal. Jika anak makan saat sudah larut malam, mereka tidak punya waktu yang cukup untuk mencerna makanan dan berdampak pada selera makan untuk keesokan harinya. Mereka dikhawatirkan tidak akan mau untuk sarapan pagi karena merasa tidak lapar.

Kiat Agar Anak Tidak Sulit Makan

Kiat Agar Anak Tidak Sulit Makan

Saran: harus ada setidaknya tiga jam antara makan dan waktu tidur untuk memungkinkan pencernaan dan tidur yang nyenyak.

  • Mendorong anak-anak untuk memiliki lebih banyak aktivitas di luar ruangan di bawah sinar matahari

Salah satu pengobatan di Cina menjelaskan bahwa dengan terpapar sinar mata hari maka akan berpengaruh pada nafsu makan anak, yaitu memberikan kehangatan dalam tubuh, serta meningkatkan fungsi organ internal dalam pencernaan. Aktivitas fisik membantu merangsang gerakan nafsu makan dan buang air besar.

Saran: membiarkan anak-anak menikmati minimal 3 jam waktu ‘hijau’ (diluar ruangan, jauh dari komputer dan televisi).

Perhatikan suhu didalam rumah

Ya itu benar! Jika rumah terlalu panas, nafsu makan anakpun akan menurun. Ada baiknya Mama memperhatikan tata letak meja diruangan makan, baiknya meja ditata dekat dengan jendela agar suasana menjadi lebih sejuk.

  • Tawarkan gigitan kecil

Gigitan kecil metabolisme makanan membangun, yang pada gilirannya, meningkatkan nafsu makan. Menawarkan gigitan kecil makanan untuk anak-anak Anda jika Anda berpikir mereka telah mengurangi nafsu makan. Perlahan-lahan, keinginan mereka untuk makanan akan meningkat. Anda harus terus menawarkan gigitan kecil sampai mereka mulai makan sendiri dan memutuskan gigitan-ukuran mereka sendiri.

  • Jangan melewatkan makanan penutup

Desserts seperti buah dapat membantu dalam membangun nafsu makan. Mereka bekerja menuju pencernaan dan meningkatkan metabolisme. Secara psikologis, makanan penutup adalah suatu yang menciptakan semangat dalam diri anak untuk menghabiskan makanannya lebih cepat anda bisa memberikan buah berry, anggur, dan apel sebagai dissert.

  • Jangan membuatkan susu saat sedang makan

Banyak anak, yang memiliki selera makan rendah yang diakibatkan terlau banyak meminum susu. Ketika anak terlalu banyak mengkonsumsi cairan susu maka akan membunuh nafsu makannya. Mama bisa mencoba menggantikan susu dalam bentuk lain seperti keju cottage, yoghurt, atau krim.