Hal-Hal Yang Harus Dilakukan Jika Anak Susah Makan

Hal-Hal Yang Harus Dilakukan Jika Anak Susah Makan

Hal yang terjadi jika bayi susah makan adalah banyak orang tua yang lantas kebingungan karena mendapati nafsu makan anaknya yang tiba-tiba semakin memburuk. Hal ini wajar dan hampir dialami semua orang tua di seluruh dunia. Tak hanya bayi saat sudah memasuki usia balita pun sebagian anak-anak akan sangat susah saat diajak untuk makan. Jika balita susah makan yang dilakukan sebagian orang tua mungkin akan memaksanya untuk makan padahal hal tersebut adalah tindakan yang salah dan sia-sia, karena dengan pemaksaan anak tidak akan mau untuk mengerjakan suatu perintah.

Berikut Adalah Hal-hal Yang Harus Mama Lakukan Jika Anak Susah Makan.

  • Jangan Lakukan Pemaksaan

Pada usia 3-5 tahun anak-anak akan mengalami anoreksia fisiologis, yaitu penurunan nafsu makan. Hal ini pasti terjadi pada setiap anak, oleh karena itu tidak perlu terlalu memaksanya untuk makan karena jika terpaksa makan dalam kondisi seperti ini maka, besar kemungkinan anak akan mengalami kendala dalam berat badan dan tinggi badan.

  • Mengatasi Si Picky Eaters

Karena pada usia kanak-kanak mereka akan menjadi pemilih makanan (picky eaters) maka siapkan makanan sehat sebanyak-banyaknya. Sebagian besar anak-anak makan makanan tidak sehat seperti chip, Cheetos, jus atau sirup yang mengandung fruktosa tinggi, dan makanan ringan yang tidak sehat lainnya.

Yang Harus Dilakukan Jika Anak Susah Makan

Hal-hal Yang Harus Dilakukan Jika Anak Susah Makan

  • Mengatur Jadwal Makan Wajib Dan Waktu Untuk Makan Snack

Sebaiknya beri satu waktu anak dalam satu hari untuk bebas makan snack. Yang paling baik adalah waktu sehabis tidur siang.

  • Buatkan Resep Sehat Yang Nikamat Agar Anak-anak Dapat Bersenang-senang Saat Waktu Makan Tiba

Mama bisa mencoba membuatkan Apel Kepik, yaitu apel merah dengan taburan kismis dan selai kacang. Atau membekukan yogurt dan menambahkan taburan mesis agar menyurupai es krim favorit anak dan tentunya lebih sehat jika dibandingkan dengan es krim dengan kandungan yang tidak sehat dan dapat dengan bebas dibeli oleh si Kecil.

  • Fokus Pada Makanan Saja Saat Makan, Tidak Dengan Yang Lain

Gangguan seperti handphone, game atau televisi dapat memecah konsentrasi makan anak. Mama juga perlu menasehatinya agar tidak bicara saat sedang makan. Dan menerapakan aturan si Kecil harus melakukan lima kali gigitan agar bisa meninggalkan meja makan. Anda tidak perlu memaksa, cukup perhatikan, berhitung setiap kali dia memasukan makanan kemulutnya dan menyerukan kalimat-kalimat penyemangat.

Jika buah hati anda memiliki berat badan diatas 10% dari usia mereka yang sebenarnya Jangan terlalu terobsesi dengan makanan. Anda hanya perlu menawarkan berbagai makanan yang kaya zat besi, kalsium dan berbagai buah-buahan. Dan menyeimbangkannya lebih dari seminggu bukan hanya sehari saja.