Faktor Penyebab Anak Susah Makan Dan Cara Mengatasinya

Faktor Penyebab Anak Susah Makan Dan Cara Mengatasinya

Seperti banyak orang tua, Anda mungkin khawatir jika buah hati anda tidak mendapatkan nutrisi yang cukup dari makanannya apa lagi jika si kecil adalah anak yang tukang pilih-pilih makanan atau gejala picky eaters, Picky eaters juga adalah faktor anak susah makan makanan wajib seperti nasi dan sayur-mayur.

Mam yang anda takutkan itu adalah benar, bagaimana mungkin anak-anak akan mendapatkan nutrisi cukup jika dia hanya mengkonsumsi makanan kesukaannya yang bisa saja tidak memiliki kandungan gizi, seperti yang telah Mama ketahui anak-anak tidak memperdulikan makanan yang dia makan itu sehat atau tidak, yang mereka tahu hanya sekedar rasanya yang enak.

Tentunya orang tua yang memiliki buah hati susah makan memiliki kecemasan tersendiri terhadap masalah ini, dan buru-buru mencari solusi atau obatnya, seperti mencari tahu fitamin anak untuk melengkapi nutrisi anak yang kurang, ataupun membuatkan ramuan tradisional khusus seperti jamu anak susah makan. Wajar, saja anda melakukan hal semacam itu Mam. Berikut beberapa hal yang perlu anda berikan untuk si Kecil yang terkendala masalah susah makan.

Faktor  Penyebab Anak Susah Makan Dan Cara Mengatasinya

Faktor Penyebab Anak Susah Makan Dan Cara Mengatasinya

Multivitamin

Multivitamin sangat penting bagi anak-anak, karena pada usia anak-anak inilah faktor multivitamin sangat berpengaruh pada proses tumbuh kembangnya menuju dewasa. Anda bisa memberikan multivitamin ini saat momen sarapan dan saat hendak tidur pada malam hari. Jika Anda memutuskan untuk memberikan anak Anda multivitamin (dan dokter anak Anda setuju), pilih salah satu yang diformulasikan khusus untuk anak-anak, dan pastikan itu hanya mengandung sekitar 100% RDA tidak lebih.

Kalsium dan vitamin D

Memberikan susu juga adalah  pemberian susu terhadap anak. Karena jika kelebihan kalsium maka resikonya anak akan mengalami obesitashal yang tepat untuk si picky eaters agar kebutuhan nutrisinya terpenuhi. Namun harus Mama perhatikan dosis. Berikut persyaratan kalsium untuk anak.

  • Usia 1-3 = 500 mg sehari
  • Usia 4-8 = 800 mg sehari
  • Usia 9-18 = 1.300 mg sehari

Serat

Serat juga penting untuk anak-anak: makanan kaya serat membantu mengatur berat badan dan suasana hati, dan juga membantu mencegah sembelit. Aturan besar untuk menentukan berapa banyak serat harian yang anak Anda butuhkan adalah “usia + 5 gram.” Sebagai contoh, seorang anak sepuluh tahun membutuhkan sekitar 15 g serat per hari. Serat bisa didapatkan dari sayuran namun jika anak tidak menyukai sayur, anda bisa menggantikannya dengan buah-buahan.