Cara Menyikapi Anak Yang Susah Makan

Cara Menyikapi Anak Yang Susah Makan

Perilaku makan berevolusi selama tahun-tahun pertama kehidupan sebagai proses biologi dan perilaku diarahkan memenuhi persyaratan untuk kesehatan dan pertumbuhan. Untuk sebagian besar dari sejarah manusia, kelangkaan pangan telah merupakan ancaman besar bagi kelangsungan hidup. Dan ternyata tahukah Mama bahwa bila anak susah makan ternyata merupakan dampaknya.

Karena setiap bayi lahir dengan jenis makanan yang berbeda-beda tiap zamannya, mereka datang dilengkapi sebagai omnivora muda dengan satu set kecenderungan perilaku yang memungkinkan mereka untuk belajar menerima makanan yang tersedia untuk mereka. Dan yang perlu diperhatikan adalah seiring perkembangan zaman masakan pun semakin beragam dan memiliki nilai gizi yang semakin rendah, hal ini sangat tidak kontras dengan perkembangan bayi, salah satu dampaknya yaitu bayi menjadi susah makan. Berikut hal yang harus Mama lakukan bila bayi susah makan.

Cara Menyikapi Anak Yang Susah Makan

Cara Menyikapi Anak Bayi Yang Susah Makan

Jangan Memberi Makan Buah Hati Anda Secara Berlebihan

Mam, seharusnya mulai saat ini anda harus mengontrol cara pemberian makan pada buah hati anda. Kita akan melihat bahwa praktik pemberian makan yang berkembang di seluruh sejarah manusia tanggapan orangtua efektif terhadap ancaman kelangkaan pangan, oleh karena itu para orang tua tidak dapat mengontrol dan memilah-milah makanan untuk buah hatinya. Tahukah anda cara ini bukan membuat nafsu makan si Kecil menjadi baik, justru hal ini akan menimbulkan obesitas yang berbahaya jika dialami anak-anak.

Menciptakan Suasana Menyenangkan

Cara agar anak mau makan adalah menciptakan suasana menyenangkan Bayi tidak harus untuk mempelajari secara detail semua jenis makanan dengan cita rasanya yang berbeda-beda misalnya manis, asin, asam, pahit, dan umami. Sebaliknya, mereka cenderung untuk rasa menyenangkan. Karena menurut penelitian tak lama setelah bayi lahir dia akan cenderung menikmati rasa manis dan menolak rasa asin atau pahit, itu sebabnya saat mulai beranjak balita anak-anak akan menolak sayuran. Namun hal ini dapat diatasi dengan suasana makan yang menyenangkan. Tidak bergantung pada makanan apa yang disajikan namun, cara penyajian makanan tersebut yang bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi anak-anak.